Portal Berita Ekonomi Selasa, 21 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:47 WIB. Pokemon - Gim resmi Pokemon akan rilis di China.
  • 20:46 WIB. Suzuki - Suzuki bantah DR150 meluncur di Jakarta Fair.
  • 20:45 WIB. Avanza - Avanza meluncur di Malaysia, tembus Rp300 juta.
  • 20:43 WIB. Huawei - Susul AS, perusahaan asal Jerman, Infineon Tecchnologies setop pasok cip ke Huawei.
  • 20:38 WIB. NASA - NASA gandeng SpaceX untuk misi ke Bulan.
  • 20:37 WIB. Smartfren - Smartfren perluas jaringan ke Samarinda dan Balikpapan.
  • 20:36 WIB. Facebook - Penggugat Facebook soal kasus kebocoran data di PN Jaksel bertambah.
  • 20:35 WIB. Huawei - Intel, Qualcomm, dan Broadcom akan susul Google batasi layanannya ke Huawei.

Menilik Lebih dalam Kebutuhan Pengguna Pembayaran Digital di Indonesia

Menilik Lebih dalam Kebutuhan Pengguna Pembayaran Digital di Indonesia - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kehadiran berbagai platform pembayaran digital di Indonesia beberapa waktu belakangan ini menjadi potensi untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia yang ditargetkan mencapai angka 65%. Bahkan, menurut Bank Indonesia, transaksi nontunai naik sebesar 24% pada 2018. Sebenarnya, bagaimana pertumbuhan tersebut bisa terjadi dan faktor apa saja yang mendukungnya?

Platform survei online JakPat melakukan riset terhadap 1.625 pengguna layanan pembayaran digital pada akhir Oktober 2018 silam. Riset itu memuat faktor-faktor yang mendorong masyarakat menggunakan layanan pembayaran digital. Selain itu, terungkap pula para pemain yang memimpin pasar pembayaran digital Indonesia.

Simak Full Report: Indonesia Mobile Payment Trend of 2018 – Survey Report

Berdasarkan riset tersebut, 65% responden menggunakan pembayaran digital ketika ada program promosi. Sementara, responden lain akan memakai layanan pembayaran digital saat: tidak membawa uang ataupun kartu kredit/debit (60,2%), hampir setiap waktu (42,7%), dan merasa transaksi nontunai lebih baik daripada tunai (24,5%).

Adapun, bentuk promosi yang paling berpengaruh terhadap penggunaan pembayaran digital, antara lain: potongan harga (76,7%) dan cashback (69,7%). Angka tersebut menunjukkan, pengguna lebih tertarik terhadap promosi karena dinilai dapat menghemat saldo mereka. Namun, beberapa responden juga tertarik pada promo: produk gratis (41,2%), bonus pengisian saldo lewat ponsel (24,9%), hadiah (22,9%), poin tambahan (22,5%), dan lain-lain (0,5%).

Baik pengguna perempuan maupun laki-laki menerima informasi promosi tersebut lewat akun resmi, tetapi angka penetrasi pada responden perempuan lebih tinggi (68,3%) dibanding dengan laki-laki (66,2%). Kemudian, sumber informasi tertinggi kedua bagi pengguna: katalog promosi di media sosial (44,9% untuk perempuan, 43% untuk laki-laki). 

Pemimpin Pasar Pembayaran Digital

Ada tiga platform yang menempati posisi teratas di pasar pembayaran digital, yakni: Go-Pay (62,3% pengguna), OVO (41,2% pengguna), dan T-Cash (35% pengguna). Dalam angka, pengguna Go-Pay berjumlah 941, pengguna OVO berjumlah 623, dan pengguna T-Cash berjumlah 529. Data tersebut diperoleh dari 1.511 responden yang menggunakan pembayaran digital selama tiga bulan terakhir.

Berdasarkan riset JakPat, mayoritas pengguna ketiga platform itu berusia 20-25 tahun, dengan detail angka: Go-Pay (29,6%), OVO (29,5%), dan T-Cash (26,8%). Sekitar 30% responden mengeluarkan uang di kisaran Rp2,8 juta hingga Rp4,3 juta per bulannya. Sementara dari segi gender, Go-Pay didominasi oleh perempuan (52,4%), begitu juga dengan OVO (54,3%). Lain halnya dengan T-Cash yang lebih banyak digunakan oleh laki-laki (59,2%).

Sebanyak 1.625 responden dari berbagai wilayah Indonesia didominasi oleh laki-laki (53,5%), sedangkan perempuan berada di angka 46,5%. Adapun, persebaran responden riset JakPat, antara lain: Jawa (77%), Sumatera (14,8%), Kalimantan (2,9%), Sulawesi (2,6%), Bali dan Nusa Tenggara (1,6%), serta Maluku dan Papua (0,4%).

 

Tujuan dari riset tersebut, untuk memahami perilaku dan kebutuhan pengguna di pasar pembayaran digital. Dengan begitu, platform pembayaran digital dapat memberikan produk dan layanan yang sesuai sehingga dapat mendorong inklusi finansial secara lebih masif.

Tag: Mobile Payment, Financial Technology (Fintech), Jakpat

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Jonas Leupe

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,880.41 3,841.09
British Pound GBP 1.00 18,536.70 18,346.04
China Yuan CNY 1.00 2,109.06 2,088.19
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,550.00 14,406.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,059.87 9,957.43
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,853.83 1,835.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,577.20 10,468.72
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,240.71 16,075.66
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,485.03 3,448.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,203.27 13,069.04

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5907.121 80.253 633
2 Agriculture 1351.935 -9.947 21
3 Mining 1609.598 10.601 47
4 Basic Industry and Chemicals 707.320 17.072 71
5 Miscellanous Industry 1203.823 30.883 46
6 Consumer Goods 2359.388 12.835 52
7 Cons., Property & Real Estate 435.075 5.924 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1079.565 21.890 74
9 Finance 1184.407 20.731 90
10 Trade & Service 783.451 0.917 156
No Code Prev Close Change %
1 HDFA 140 180 40 28.57
2 JAST 460 575 115 25.00
3 HRME 260 324 64 24.62
4 MTPS 915 1,140 225 24.59
5 DUTI 4,440 5,500 1,060 23.87
6 BELL 386 458 72 18.65
7 MKPI 12,000 13,975 1,975 16.46
8 JSKY 1,065 1,230 165 15.49
9 MYTX 65 74 9 13.85
10 SSTM 352 400 48 13.64
No Code Prev Close Change %
1 RELI 244 202 -42 -17.21
2 LPGI 4,100 3,400 -700 -17.07
3 INPP 840 710 -130 -15.48
4 BIPP 88 75 -13 -14.77
5 PEHA 1,800 1,550 -250 -13.89
6 MTSM 202 176 -26 -12.87
7 IBFN 228 200 -28 -12.28
8 NICK 322 286 -36 -11.18
9 TRIS 266 238 -28 -10.53
10 NIPS 288 260 -28 -9.72
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,790 3,750 -40 -1.06
2 SRIL 328 342 14 4.27
3 MNCN 920 925 5 0.54
4 CPRI 67 73 6 8.96
5 TLKM 3,510 3,600 90 2.56
6 BBCA 25,900 26,900 1,000 3.86
7 ESTI 96 95 -1 -1.04
8 BMRI 7,075 7,225 150 2.12
9 SMGR 10,550 11,250 700 6.64
10 UNTR 24,825 24,500 -325 -1.31