5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto

5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto Foto: Unsplash/Mikayla Mallek

Membulatkan keputusan untuk terjun di dunia bisnis online tentu bukanlah keputusan yang mudah. Anda harus memiliki beberapa keyakinan yang mampu membawa Anda menyukseskan bisnis tersebut.

Menurut Michael Sugiharto, direktur bisnis strategis di Outletz.id, bisnis online itu gampang-gampang sulit. Ada beberapa trik yang harus dikuasai oleh pemula yang ingi merambak ke dunia bisnis online. Berikut rangkumannya, 5 cara terpenting saat hendak memulai bisnis online bagi pemula:

1. Temukan gairahmu

Anda harus tahu jelas mengenai gairah yang Anda miliki. Pada hal apa Anda menjadi senang dan begitu semangat. Jika Anda tidak senang pada hal itu, Anda akan merasakan itu menjadi beban. Dalam berbisnis sama dengan dunia kerja. Anda harus menjalani sebuah bisnis sesuai dengan gairah Anda agar itu terasa ringan.

Anda harus menjadikan bisnis Anda sebagai hobi. Dalam bisnis online, barang apa, produk apa, atau hal apa yang membuat Anda tertarik.

Misalnya, fesyen, ada orang yang begitu tertarik dengan dunia tersebut. Ketika membicarakan tentang fesyen, ia langsung bisa menilai dan memberikan apa-apa yang sebenarnya menjadi yang terbaik untuk dikenakan seseorang menurutnya. Dengan begitu, Anda akan dapat bekerja tanpa merasa seperti bekerja.

2. Anda harus cari Role Model

Anda harus cari contoh yang dapat Anda jadikan panutan. Tentukan siapa yang dapat Anda contoh jalan menuju kesuksesannya.

"Hal ini penting sekali, kalau Anda tidak punya role model, Anda disuruh memulai bisnis sendiri, Anda yang tidak memiliki pengalaman sama sekali awalnya pasti akan merasa kesulitan. Lain halnya jika Anda memiliki contoh untuk ditiru, Anda dapat memanfaatkan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi)," kata Michael dalam videonya di Youtube channel Teknobie.

3. Pilih customer Anda

Kebanyakan orang pasti berpikiran untuk memilih produk yang kemungkinan disukai oleh pelanggannya kelak. Hal itu juga yang dilakukan oleh Michael saat awal mendirikan toko bisnisnya. Namun, sebenarnya itu akan menimbulkan risiko besar.

Kenapa begitu? Sebab, pada kenyataannya, produk yang kita tentukan itu bukanlah produk yang disukai banyak orang, melainkan produk yang disukai oleh kita sendiri.

"Dengan begitu, kita akan berharap, customer yang nanti beli produk kita, harus satu selera dengan yang kita miliki. Padahal kenyataannya, tidak semua apa yang kita suka, juga disukai customer," ungkapnya.

Setiap pengusaha itu perlu tahu, customer mana yang paling comfortable. Pilih bisnis yang banyak disukai oleh orang-orang di sekitar Anda.

4. Pilih kategori

Kenapa kategori itu penting? Sebab, jika Anda memilih melakoni bisnis online di satu jenis, dan kemudian bisnis itu melambung, Anda dapat mengekspansi bisnis tersebut ke jenis yang lainnya, namun masih dalam satu kategori. Tentukan kategori dahulu sebelum menentukan produk.

"Misalnya, bisnis pisang sale, kalau ternyata itu laku, Anda bisa ekspan ke yang lainnya, seperti selai pisang sale mungkin," katanya sambil tertawa.

5. Pilih channel penjualan

Hal itu adalah yang paling krusial dalam bisnis online. Anda harus memilih channel penjualan Anda, satu saja. Konsentrasi di satu channel itu, jangan terlalu cepat membagi cabang.

"Setiap market untuk bisnis online ini memiliki karakter yang berbeda dari masing-masing user atau pengguna. Jadi, Anda harus pilih satu dahulu dan konsentrasi di sana," jelasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini