Portal Berita Ekonomi Minggu, 16 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:31 WIB. Inter Milan - Granit Xhaka membantah akan pindah ke Inter Milan.
  • 08:46 WIB. New Delhi - India akan mengenakan tarif balasan terhadap 28 produk AS.
  • 08:08 WIB. Teluk Oman - Saudi menyalahkan Iran atas terbakarnya kapal tanker.
  • 07:44 WIB. Copa America - Argentina dihajar Kolombia 0-2
  • 07:35 WIB. Shanghai - Iran siap memberikan insentif bagi Shanghai Cooperation Organization.
  • 01:02 WIB. Telegram - Pavel Durov: serangan siber masif terhadap Telegram datang dari China.
  • 07:15 WIB. Perang Dagang - AS akan mengenakan tarif tinggi kepada produk-produk asal India.
  • 05:29 WIB. Copa America - Venezuela 0 vs 0 Peru
  • 05:28 WIB. Copa America - Brazil 3 vs 0 Bolivia
  • 00:36 WIB. Vodafone - Link internasional Vodafone terganggu di beberapa negara Eropa.
  • 00:08 WIB. Film - Franco  Zeffirelli, sutradara legendaris Italia, meninggal pada usia 96.
  • 23:19 WIB. Ford - Ford tarik 1,2 juta kendaraan sport utility  di AS karena masalah suspensi.
  • 21:18 WIB. Sepak bola - Indonesia bantai Vanuatu 6-0.
  • 21:04 WIB. New Delhi - Gelombang panas tewaskan 36 orang di India.
  • 20:45 WIB. Google - Google akan putus hubungan Photos dan Drive pada Juli.

5 Cara Simple Buat Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap di Bisnis Online Anda

5 Cara Simple Buat Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap di Bisnis Online Anda - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Siapa yang ingin bisnis onlinenya laris manis diserbu pelanggan? Tentu semuanya ingin dong ya. Namun, membuat pembeli Anda menjadi pelanggan tetap itu membutuhkan taktik yang jitu lho ternyata.

Kali ini, Michael Sugiharto membagikan taktik jitunya tentang cara membuat pembeli Anda menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Artinya, si pembeli ini semacam ketagihan berbelanja di tempat Anda dan enggak mau berpaling ke lain hati. Simak dan terapkan taktik berikut:

Loyalty Program

Membuat loyalty program ini memang sudah umum dilakukan oleh bisnis online. Pengaruh yang diberikan loyalty program cukup besar kepada bisnis Anda tentunya. Dengan memberikan loyalty program, seperti memberikan point atau voucher belanja kepada pelanggan Anda dapat membuat mereka kembali lagi ke toko Anda untuk berbelanja di lain hari.

"Anda dapat memberikan loyalty berupa voucher, misalkan pembeli Anda membeli belanjaan seharga Rp500 ribu atau Rp1 juta dapat gratis voucher Rp100 ribu yang bisa digunakan untuk belanja selanjutnya. Jangan langsung di hari itu juga, agar mereka tetap kembali berbelanja di kemudian hari," kata Michael Sugiharto.

Menjaga Mutu dan Kualitas Produk

Pastikan Anda selalu menjaga mutu dan kualitas produk yang Anda jual. Sehebat apapun marketing Anda, iklan Anda, sehebat apapun endorse Anda, namun ketika pelanggan mendapatkan barang Anda dengan mutu dan kualitas yang tidak sebagus dengan aslinya, mereka tidak akan kembali berbelanja kepada Anda. Bahkan, lebih parahnya lagi, mereka akan bercerita kepada orang lain mengenai kekecewaannya terhadap produk Anda.

"Jika Anda sudah iklan dengan bagus, promosi yang menarik, berusahalah untuk jujur kepada pelanggan Anda. Apapun keadaannya, dan pastikan mutu produk Anda sama bagusnya dengan promosi Anda," katanya.

Excellent Customer Service

Nah, yang satu ini begitu berpengaruh nih. Pernahkah Anda pergi ke suatu tempat belanja atau situs belanja online karena alasan pelayan atau ownernya begitu ramah? Yaps, keramahan yang diberikan kepada pelanggan dapat memberikan satu point emas bisnis Anda di mata pelanggan.

Tidak memerlukan cara yang sulit, hanya sesederhana sapaan yang membuat pelanggan senang dan tenang, di situ Anda sudah mampu mengendalikan dan memegang emosi mereka sehingga mereka merasa dihormati.

Buat Promo-Promo Menarik

Cara selanjutnya, yakni buat promo yang menarik. Jangan terlalu sibuk dengan produksi, namun Anda juga harus meluangkan waktu bisnis dengan adakan promo-promo menarik di hari besar. Misalnya, adakan promo di hari lebaran, natal, harbolnas, atau hari-hari besar lainnya yang dapat dengan mudah pelanggan Anda ingat.

"Bukan promo beli satu gratis satu, tapi promo yang dikaitkan dengan tanggal dan waktu-waktu tertentu," ucapnya.

Kerja Sama dengan Endorse

Yang terakhir, gunakan jasa endorse yang masih satu lini dengan produk Anda. Maksudnya adalah misalnya ketika Anda menjual bisnis fesyen Korea, Anda harus cari tahu siapa yang senang membeli produk bisnis Anda. Setelah Anda mengetahui target pasar Anda tersebut, hubungkanlah produk Anda dengan kebutuhan yang lainnya dari target Anda.

Tag: Tips Bisnis, Bisnis Online, customer service, Pengalaman Pelanggan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,833.29 3,794.69
British Pound GBP 1.00 18,221.58 18,037.64
China Yuan CNY 1.00 2,085.38 2,064.49
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,376.00 14,232.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,919.44 9,818.66
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,836.30 1,817.72
Dolar Singapura SGD 1.00 10,514.92 10,408.07
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,217.57 16,049.43
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,450.79 3,412.95
Yen Jepang JPY 100.00 13,273.01 13,136.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6250.265 -22.817 634
2 Agriculture 1381.568 2.869 21
3 Mining 1615.278 -7.605 47
4 Basic Industry and Chemicals 754.477 -6.774 71
5 Miscellanous Industry 1288.864 -12.078 46
6 Consumer Goods 2447.202 -13.399 52
7 Cons., Property & Real Estate 471.828 -7.072 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1172.323 -2.911 74
9 Finance 1268.081 -0.098 90
10 Trade & Service 809.462 0.526 157
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 83 112 29 34.94
2 LUCK 1,200 1,500 300 25.00
3 KPAL 210 262 52 24.76
4 GOLD 402 496 94 23.38
5 SDRA 710 850 140 19.72
6 MAYA 6,250 7,475 1,225 19.60
7 KONI 284 338 54 19.01
8 ABMM 1,695 1,950 255 15.04
9 SKBM 412 464 52 12.62
10 APLN 171 191 20 11.70
No Code Prev Close Change %
1 FITT 290 230 -60 -20.69
2 MPMX 1,090 890 -200 -18.35
3 MKPI 16,500 13,500 -3,000 -18.18
4 HELI 202 167 -35 -17.33
5 MIDI 1,200 1,020 -180 -15.00
6 MEGA 5,950 5,100 -850 -14.29
7 DNAR 292 252 -40 -13.70
8 TALF 410 358 -52 -12.68
9 PYFA 193 170 -23 -11.92
10 RELI 216 191 -25 -11.57
No Code Prev Close Change %
1 SMBR 925 1,030 105 11.35
2 FITT 290 230 -60 -20.69
3 MNCN 1,235 1,300 65 5.26
4 JAYA 135 129 -6 -4.44
5 BTPS 2,950 3,080 130 4.41
6 BBRI 4,200 4,230 30 0.71
7 MPMX 1,090 890 -200 -18.35
8 CPIN 4,950 4,700 -250 -5.05
9 TLKM 3,990 3,990 0 0.00
10 BDMN 4,720 4,510 -210 -4.45