Portal Berita Ekonomi Senin, 21 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 18:51 WIB. PLN - PLN sedang mengupayakan pemenuhan daya listrik untuk kompor listrik.
  • 18:49 WIB. PLN - PLN masih mempunyai batas hutang 300% atau hingga Rp2.000 triliun.
  • 18:46 WIB. Kemenpupera - Kemenpupera menargetkan pembangunan 51.000 unit rumah untuk MBR melalui skema pembiayaan BP2BT.
  • 18:22 WIB. AFPI - AFPI menargetkan penyaluran pinjaman Rp40 triliun pada 2019.
  • 17:55 WIB. AP I - Bandara NYIA sudah mencapai 30% fisik pembangunan.
  • 17:54 WIB. AP I - AP I buka peluang rute penerbangan dari Asia dan Timur Tengah via Bandara NYIA.
  • 17:53 WIB. Telkomsel - Telkomsel melalui T-Cash jalin kerja sama strategis dengan CRP Group.

5 Cara Simple Buat Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap di Bisnis Online Anda

Foto Berita 5 Cara Simple Buat Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap di Bisnis Online Anda
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Siapa yang ingin bisnis onlinenya laris manis diserbu pelanggan? Tentu semuanya ingin dong ya. Namun, membuat pembeli Anda menjadi pelanggan tetap itu membutuhkan taktik yang jitu lho ternyata.

Kali ini, Michael Sugiharto membagikan taktik jitunya tentang cara membuat pembeli Anda menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Artinya, si pembeli ini semacam ketagihan berbelanja di tempat Anda dan enggak mau berpaling ke lain hati. Simak dan terapkan taktik berikut:

Loyalty Program

Membuat loyalty program ini memang sudah umum dilakukan oleh bisnis online. Pengaruh yang diberikan loyalty program cukup besar kepada bisnis Anda tentunya. Dengan memberikan loyalty program, seperti memberikan point atau voucher belanja kepada pelanggan Anda dapat membuat mereka kembali lagi ke toko Anda untuk berbelanja di lain hari.

"Anda dapat memberikan loyalty berupa voucher, misalkan pembeli Anda membeli belanjaan seharga Rp500 ribu atau Rp1 juta dapat gratis voucher Rp100 ribu yang bisa digunakan untuk belanja selanjutnya. Jangan langsung di hari itu juga, agar mereka tetap kembali berbelanja di kemudian hari," kata Michael Sugiharto.

Menjaga Mutu dan Kualitas Produk

Pastikan Anda selalu menjaga mutu dan kualitas produk yang Anda jual. Sehebat apapun marketing Anda, iklan Anda, sehebat apapun endorse Anda, namun ketika pelanggan mendapatkan barang Anda dengan mutu dan kualitas yang tidak sebagus dengan aslinya, mereka tidak akan kembali berbelanja kepada Anda. Bahkan, lebih parahnya lagi, mereka akan bercerita kepada orang lain mengenai kekecewaannya terhadap produk Anda.

"Jika Anda sudah iklan dengan bagus, promosi yang menarik, berusahalah untuk jujur kepada pelanggan Anda. Apapun keadaannya, dan pastikan mutu produk Anda sama bagusnya dengan promosi Anda," katanya.

Excellent Customer Service

Nah, yang satu ini begitu berpengaruh nih. Pernahkah Anda pergi ke suatu tempat belanja atau situs belanja online karena alasan pelayan atau ownernya begitu ramah? Yaps, keramahan yang diberikan kepada pelanggan dapat memberikan satu point emas bisnis Anda di mata pelanggan.

Tidak memerlukan cara yang sulit, hanya sesederhana sapaan yang membuat pelanggan senang dan tenang, di situ Anda sudah mampu mengendalikan dan memegang emosi mereka sehingga mereka merasa dihormati.

Buat Promo-Promo Menarik

Cara selanjutnya, yakni buat promo yang menarik. Jangan terlalu sibuk dengan produksi, namun Anda juga harus meluangkan waktu bisnis dengan adakan promo-promo menarik di hari besar. Misalnya, adakan promo di hari lebaran, natal, harbolnas, atau hari-hari besar lainnya yang dapat dengan mudah pelanggan Anda ingat.

"Bukan promo beli satu gratis satu, tapi promo yang dikaitkan dengan tanggal dan waktu-waktu tertentu," ucapnya.

Kerja Sama dengan Endorse

Yang terakhir, gunakan jasa endorse yang masih satu lini dengan produk Anda. Maksudnya adalah misalnya ketika Anda menjual bisnis fesyen Korea, Anda harus cari tahu siapa yang senang membeli produk bisnis Anda. Setelah Anda mengetahui target pasar Anda tersebut, hubungkanlah produk Anda dengan kebutuhan yang lainnya dari target Anda.

Tag: Tips Bisnis, Bisnis Online, customer service, Pengalaman Pelanggan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56