Portal Berita Ekonomi Kamis, 24 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:15 WIB. BTPN - Usai lakukan merger, BTPN targetkan total asetlebih dari 180 triliun. 
  • 16:13 WIB. BTPN - Tembus Rp100 triliun, aset BTPN per Desember 2018 mencapai Rp101,9 triliun. 
  • 16:00 WIB. IHSG - Kamis sore, IHSG ditutup menguat 0,24% ke level 6.466,66. 
  • 15:35 WIB. Wisman - UNWTO: Kunjungan wisman alami pertumbuhan 6% pada 2018.
  • 15:34 WIB. Ekspor - Ekspor produk perkeretaapian ke Bangladesh dan Filipina menunjukkan industri dalam negeri diakui di pasar global.
  • 15:32 WIB. Emas - Harga emas Antam turun jadi Rp667.000 per gram.
  • 15:31 WIB. Sarung - Kemenperin akan kembangkan potensi sarung sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia.
  • 15:30 WIB. SIPI - HNSI Batang berharap pemerintah tidak mempersulit penerbitan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).
  • 15:28 WIB. Dagang - Menperin: perang dagang antara AS dan China buka peluang baru bagi Indonesia.
  • 15:26 WIB. Inflasi - BI Purwokerto perkirakan inflasi Januari masih terkendali.
  • 15:25 WIB. BjTB - Kemendag musnahkan barang hasil pengawasan 2018 yang didominasi produk BjTB, ada 2.401.050 batang.
  • 15:23 WIB. GDI - Kemendag kembali menggelar ajang "Good Design Indonesia" untuk dorong kinerja ekspor.
  • 15:22 WIB. Ikan - PPN Sungailiat melakukan pemeriksaan uji Organoletik dan formalin pada ikan dari Palembang.
  • 15:20 WIB. Beras - Jokowi menerima para pengusaha beras untuk mengetahui kondisi perbesaran baik di Jakarta atau daerah lain.
  • 15:18 WIB. Kendaraan - DPR dorong perusahaan di China turut membantu percepat realisasi kendaraan listrik nasional di Indonesia.

5 Peluang untuk Tingkatkan Penjualan B2B di 2019

Foto Berita 5 Peluang untuk Tingkatkan Penjualan B2B di 2019
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Ada banyak cara untuk mendorong pertumbuhan penjualan Bisnis to Bisnis (B2B), mulai dari perencanaan dan pelatihan keterampilan penjualan hingga pemberdayaan dan operasi penjualan. Dengan banyak pilihan, sulit untuk mengetahui strategi mana yang cenderung memiliki dampak terbesar pada kesuksesan bisnis spesifik Anda.

Setiap organisasi penjualan memiliki keunikan yang berbeda, misalnya perusahaan milik Mike Schultz, RAIN Group, mencari kesamaan dan tren yang dapat digunakan pemilik bisnis untuk mencapai tujuan mereka. Pusat Penelitian Penjualannya mengungkap lima peluang terbesar untuk pertumbuhan penjualan B2B tahun 2019, dan itu telah dirangkum Redaksi Warta Ekonomi (9/1/2019), berikut ulasannya:

1. Merangkul nilai jual

Banyak industri telah mengalami perubahan besar-besaran dari penjualan berbasis transaksi ke penjualan berbasis nilai. Sampai beberapa tahun terakhir, banyak merek perusahaan dan hubungan penjual individu sudah cukup untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan.

Produk atau merek akan menarik pembeli, dan penjual akan membina hubungan, menerima pesanan ketika pembeli melakukan pembelian. Penjualan tumbuh bahkan ketika penjual reaktif. Iklim penjualan saat ini sangat berbeda. Persaingan sangat ketat, dan peniru cepat meniru inovasi produk dan layanan. Lebih sulit dari sebelumnya untuk membedakan merek di pasar.

2. Investasikan dalam pelatihan keterampilan penjualan yang efektif

Menurut penelitian RAIN Group, hanya 17 persen perusahaan yang menilai pelatihan penjualan mereka efektif. Organisasi penjualan berkinerja terbaik, yakni organisasi dengan tingkat kemenangan yang lebih tinggi, hampir dua kali lebih mungkin menawarkan pelatihan yang efektif. Mereka juga hampir dua kali lebih mungkin melaporkan investasi yang kuat dalam pelatihan penjualan. 

Jika Anda ingin seperti mereka, tim bisnis Anda harus menguasai keterampilan penjualan penting yang akan memungkinkan mereka untuk menemukan dan memenangkan bisnis baru. Hasilnya membayar dividen untuk perusahaan yang mau berinvestasi dalam pelatihan penjualan yang efektif.

3. Kembangkan akun yang ada

Yang ini tampak jelas. Lebih mudah dan lebih murah untuk menghasilkan rapat ketika Anda memasarkan dan menjual ke klien Anda saat ini dan sebelumnya. Kelompok-kelompok ini juga lebih cenderung ingin mendengar ide-ide Anda dan berkolaborasi dengan Anda. 

Faktanya, 77 persen dari mereka yang berpartisipasi dalam RAIN Group setuju bahwa melakukan panggilan telepon ke akun yang ada adalah teknik pencarian calon pelanggan yang efektif. Selain itu, 61 persen dari organisasi penjualan berkinerja tinggi setuju bahwa penjualnya efektif dalam memaksimalkan penjualan kepada klien yang ada.

4. Kembangkan manajer penjualan

Manajer penjualan memainkan peran penting dalam membantu penjual menjadi seefektif mungkin. Namun, banyak manajer penjualan yang terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu dengan staf penjualan, membantu mereka memenangkan penawaran dan tetap fokus. Sebaliknya, para manajer ini terikat merekrut talenta penjualan baru, menganalisis prakiraan penjualan, dan menetapkan kuota.

Ketika manajer penjualan memiliki waktu, mereka tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk secara efektif melatih dan mengembangkan penjual.

5. Bangun tujuan dan rencana tindakan

Jika Anda serius ingin meningkatkan penjualan B2B pada tahun 2019, Anda perlu menentukan apa pertumbuhan itu. 

Nomor apa yang Anda targetkan? Apa target untuk penjual individual? Untuk manajer akun? Berapa persentase dari mereka yang Anda harapkan untuk mencapai target, melampaui target dan gagal mencapai target? Bagaimana Anda mencapai target itu? Bagaimana Anda akan memantau kemajuan Anda? 

Pemimpin penjualan dan kontributor individu harus jelas tentang tonggak ini dan bagaimana Anda akan sampai di sana secara bersamaan. Mengembangkan tujuan dan rencana tindakan (organisasi dan individu) dengan tujuan dan tindakan tahunan, triwulanan, bulanan, dan mingguan. Anda dapat membuat dan memantau kemajuan Anda menggunakan lembar kerja penetapan tujuan. Pada tingkat individu, manajer penjualan Anda dapat menggunakan rencana ini untuk melatih penjual dan meminta pertanggungjawaban mereka.

Anda tidak perlu fokus pada kelima peluang ini untuk menumbuhkan penjualan Anda di 2019. Pilih satu yang selaras dengan tujuan bisnis Anda dan berkonsentrasilah pada penguasaan kesempatan itu sebelum Anda melanjutkan ke yang berikutnya. Memasukkan salah satunya saja pasti akan meningkatkan hasil penjualan Anda dan membuat perbedaan dalam kesuksesan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Tag: strategi bisnis, Tips Bisnis, Tren 2019

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6466.655 15.485 627
2 Agriculture 1633.159 -7.268 21
3 Mining 1868.700 3.856 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.170 5.951 71
5 Miscellanous Industry 1440.353 34.017 46
6 Consumer Goods 2619.323 8.993 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.284 -0.385 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1141.796 -10.277 71
9 Finance 1232.034 1.372 91
10 Trade & Service 806.385 2.552 155
No Code Prev Close Change %
1 NATO 274 342 68 24.82
2 CLAY 595 740 145 24.37
3 ERTX 118 140 22 18.64
4 TINS 935 1,100 165 17.65
5 YPAS 560 650 90 16.07
6 NOBU 855 980 125 14.62
7 LION 575 650 75 13.04
8 SAFE 194 218 24 12.37
9 IMJS 715 800 85 11.89
10 TIRT 76 85 9 11.84
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 318 252 -66 -20.75
2 LPIN 1,050 835 -215 -20.48
3 BBLD 468 376 -92 -19.66
4 KONI 500 420 -80 -16.00
5 APEX 1,395 1,205 -190 -13.62
6 ASBI 328 284 -44 -13.41
7 CANI 238 208 -30 -12.61
8 SIMA 308 270 -38 -12.34
9 BRAM 6,900 6,125 -775 -11.23
10 MKPI 18,975 17,000 -1,975 -10.41
No Code Prev Close Change %
1 HOME 144 144 0 0.00
2 SWAT 123 132 9 7.32
3 ISAT 2,960 2,880 -80 -2.70
4 TLKM 3,920 3,860 -60 -1.53
5 BBCA 27,500 27,300 -200 -0.73
6 ANTM 860 895 35 4.07
7 TINS 935 1,100 165 17.65
8 PWON 690 705 15 2.17
9 UNTR 26,600 26,625 25 0.09
10 DOID 660 620 -40 -6.06