Portal Berita Ekonomi Kamis, 24 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 14:11 WIB. WhatsApp - Kata.ai sediakan chatbot di WhatsApp Business, layani konsumen 24 jam.
  • 13:53 WIB. Microsoft - China blokir mesin pencari Microsoft, Bing.
  • 13:51 WIB. Blue Origin - Blue Origin berhasil luncurkan uji coba roket turis Antariksa.
  • 13:21 WIB. Hoaks - Kemenkominfo terima pengaduan 733 hoaks disebar lewat WhatsApp.
  • 12:58 WIB. Obligasi - Adira Finance terbitkan obligasi senilai Rp618 miliar dan sukuk mudharabah senilai Rp214 miliar. 
  • 12:01 WIB. IHSG - Jeda siang, IHSG ditutup hijau 0,20% ke level 6.464,02. 
  • 11:51 WIB. UMA - BEI tetapkan saham PT Siwani Makmur Tbk (SIMA) sebagai saham unusual market activity (UMA). 
  • 11:50 WIB. Dolar AS - Hingga pukul 11.50 WIB, dolar AS makin terdepresiasi 0,21% ke level Rp14.150.
  • 11:08 WIB. Akuisisi - PT Multi Indocitra akuisisi 51% saham PT Nusapangan Sukses Makmur senilai Rp6 miliar. 
  • 10:43 WIB. Wismilak - Jadi top losers, harga saham PT Wismilak Inti Makmur jatuh ke level Rp224 per saham. 

Penjualan Online Sepi Pascaliburan? Lakukan 4 Hal Berikut

Foto Berita Penjualan Online Sepi Pascaliburan? Lakukan 4 Hal Berikut
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Natal, Tahun Baru, dan periode liburan berikutnya adalah saat-saat di mana penjualan bisnis Anda dengan klien sedang berada di puncaknya. Dalam waktu tersebut, biasanya Anda terlalu sibuk mengikuti laju pekerjaan dan menghasilkan pendapatan.

Namun, ini adalah periode yang singkat. Sebagai seorang pengusaha yang bijaksana, Anda bertanya-tanya bagaimana Anda akan menjaga volume penjualan pasca-liburan ketika orang-orang cenderung kembali ke mode kerja dan tidak akan ada atau relatif potensial pembelian yang kurang di pasar.

Ketika masa liburan telah usai, target Anda harus berubah. Target selanjutnya harus menangkap klien potensial dan mengubahnya menjadi pelanggan setia. Strategi berikut berdasarkan lansiran dari Entrepreneur.com (11/1/2019), akan berguna saat Anda fokus menghasilkan penjualan pasca-liburan:

Aktifkan Keterlibatan Media Sosial

Media sosial adalah wadah yang dapat membantu Anda menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Di media sosial, Anda dapat terlibat langsung kepada pengikut dan terus memposting perkembangan baru atau produk baru yang Anda rencanakan untuk diluncurkan.

Bahkan jika tidak ada penjualan secara langsung, Anda masih berada di benak pelanggan yang mungkin membeli pada akhirnya. Mungkin juga bisa terjadi bahwa pelanggan yang mendapatkan bonus liburan besar, dapat berbelanja secara royal jika tertarik dengan posting media sosial Anda.

Diskon dan Tinjau Pesaing

"Menawarkan diskon kadang-kadang bisa sama dengan menjual dengan harga biaya, tetapi diskon adalah alat yang ampuh dalam menghasilkan penjualan selama musim pasca-liburan," kata Dhruv Trehan, MD dari Shree Ram Wood Industries.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan peninjauan produk dan strategi yang menguntungkan dan berupaya membawa perubahan pada yang tidak terlalu menguntungkan. Anda juga dapat meninjau harga Anda terhadap pesaing, dan temukan penawaran menarik apa  yang dapat Anda tawarkan dan pesaing Anda tidak.

Jaringan

Ini adalah faktor tunggal terbesar yang menghasilkan dan menambah volume bisnis di seluruh dunia. Waktu terbaik untuk secara pribadi menghubungi dan bertemu dengan calon klien dan perusahaan adalah pilihan terbaik selama periode sepi pasca liburan.

“Bergabung dengan organisasi bisnis dan bertemu dengan calon pelanggan bisa sangat membantu dalam mendapatkan nilai tambah merek serta volume untuk bisnis. Meminjamkan sentuhan pribadi dapat mengubah calon klien menjadi klien setia dan menghasilkan pendapatan setelah liburan,” kata Gaurav Virmani, CEO Bombay Metals and Alloys.

Kumpulkan Data Calon Klien

Dengan bantuan aplikasi, sempurnakan detail klien yang telah melakukan perbelanjaan di outlet Anda dan juga calon klien yang telah menjelajahi detail produk. Daftar calon klien dan perusahaan dapat disusun dan dijadikan dasar untuk mengiklankan peluncuran baru Anda atau menawarkan diskon besar dan menguntungkan.

“Mencari dan menyalurkan calon klien dapat menghasilkan penjualan dan niat baik dari merek. Anda dapat membuka pintu ke klien baru dan menciptakan kesadaran dengan mengatur acara dan pameran pasca-liburan," kata Anil Aggarwal, CEO Krishna Brickworks.

Tag: strategi bisnis, Tips Bisnis, Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6451.170 -17.392 627
2 Agriculture 1640.427 -7.445 21
3 Mining 1864.844 1.106 47
4 Basic Industry and Chemicals 904.219 1.419 71
5 Miscellanous Industry 1406.336 0.714 46
6 Consumer Goods 2610.330 -8.382 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.669 2.928 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.073 -1.667 71
9 Finance 1230.662 -13.605 91
10 Trade & Service 803.833 8.815 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPL 94 124 30 31.91
2 WIIM 183 236 53 28.96
3 CLAY 476 595 119 25.00
4 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
5 ISSP 91 113 22 24.18
6 INCF 264 320 56 21.21
7 INPP 860 1,040 180 20.93
8 OCAP 264 318 54 20.45
9 SQMI 252 300 48 19.05
10 MPPA 163 192 29 17.79
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 645 560 -85 -13.18
2 KIOS 1,580 1,410 -170 -10.76
3 TBMS 1,035 940 -95 -9.18
4 SIDO 810 750 -60 -7.41
5 INCI 580 540 -40 -6.90
6 TNCA 266 248 -18 -6.77
7 TIRA 300 280 -20 -6.67
8 BPTR 83 78 -5 -6.02
9 KPAS 185 174 -11 -5.95
10 BKSW 184 174 -10 -5.43
No Code Prev Close Change %
1 HOME 142 144 2 1.41
2 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
3 ERAA 2,410 2,450 40 1.66
4 BMRI 7,750 7,475 -275 -3.55
5 BNLI 900 970 70 7.78
6 ADRO 1,410 1,380 -30 -2.13
7 BBRI 3,770 3,770 0 0.00
8 DOID 575 660 85 14.78
9 PWON 680 690 10 1.47
10 BUMI 167 180 13 7.78