Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

4.211 Pasar Tradisional Telah Direvitalisasi Pemerintah

4.211 Pasar Tradisional Telah Direvitalisasi Pemerintah Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah akan membangun atau merevitalisasi sebanyak 1.037 pasar rakyat, baik secara fisik maupun nonfisik di 2019. Langkah itu untuk menuntaskan target revitalisasi 5.000 pasar rakyat.

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita mengungkapkan, sampai dengan 2018 pemerintah telah membangun atau merevitalisasi sebanyak 4.211 pasar tradisional. Sehingga, diperkirakan dari 2015 hingga akhir 2019 akan terbangun 5.248 pasar.

"2019 merupakan tahun terakhir untuk mencapai target pembangunan atau revitalisasi 5.000 pasar. Kami optimistis target tersebut dapat kami penuhi," kata Enggartiasto dalam konferensi pers awal 2019 di Kantor Kementrian Perdagangan, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Enggar mengatakan, program revitalisasi 5.000 unit pasar rakyat sebagai upaya mengangkat citra dan merawat eksistensi pasar agar memiliki daya saing dan mampu bertahan dalam era persaingan bebas. Harmonisasi antara strategi dan implementasi program ini pun terus diperkuat untuk lebih mengoptimalkan kinerja pasar bagi perekonomian rakyat.

"Bagi pemerintah, pasar rakyat mempunyai peran dan fungsi ganda. Selain sebagai penggerak perekonomian, pasar juga merupakan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah. Oleh karena itu, pembangunan dan peremajaan pasar-pasar rakyat selalu mendapat perhatian lebih dari pemerintah," pungkas politikus Nasdem itu.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: