Portal Berita Ekonomi Kamis, 24 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 14:11 WIB. WhatsApp - Kata.ai sediakan chatbot di WhatsApp Business, layani konsumen 24 jam.
  • 13:53 WIB. Microsoft - China blokir mesin pencari Microsoft, Bing.
  • 13:51 WIB. Blue Origin - Blue Origin berhasil luncurkan uji coba roket turis Antariksa.
  • 13:21 WIB. Hoaks - Kemenkominfo terima pengaduan 733 hoaks disebar lewat WhatsApp.
  • 12:58 WIB. Obligasi - Adira Finance terbitkan obligasi senilai Rp618 miliar dan sukuk mudharabah senilai Rp214 miliar. 
  • 12:01 WIB. IHSG - Jeda siang, IHSG ditutup hijau 0,20% ke level 6.464,02. 
  • 11:51 WIB. UMA - BEI tetapkan saham PT Siwani Makmur Tbk (SIMA) sebagai saham unusual market activity (UMA). 
  • 11:50 WIB. Dolar AS - Hingga pukul 11.50 WIB, dolar AS makin terdepresiasi 0,21% ke level Rp14.150.
  • 11:08 WIB. Akuisisi - PT Multi Indocitra akuisisi 51% saham PT Nusapangan Sukses Makmur senilai Rp6 miliar. 
  • 10:43 WIB. Wismilak - Jadi top losers, harga saham PT Wismilak Inti Makmur jatuh ke level Rp224 per saham. 

Alibaba Luncurkan "A100" untuk Akselerasi Transformasi Digital Para Pelaku Usaha

Foto Berita Alibaba Luncurkan
Warta Ekonomi.co.id, Hangzhou, China -

Alibaba Group Holding Limited hari ini meluncurkan “A100,” sebuah program kerja sama strategis yang menghadirkan solusi lengkap untuk mengakselerasi transformasi digital para pelaku usaha global dan domestik di Tiongkok. A100 diluncurkan pada “Alibaba ONE Business Conference” yang pertama di Hangzhou. Nama “A100” merepresentasikan tujuan Alibaba untuk menghadirkan solusi-solusi digital secara meluas bagi para pelaku usaha.

CEO Alibaba Group, Daniel Zhang, mengatakan, dengan lebih dari 600 juta pengguna marketplace utama Alibaba dan hampir 30 unit usaha dengan layanan khusus perusahaan, Alibaba adalah mitra terdepan bagi para perusahaan lokal dan global untuk memanfaatkan peluang dari pertumbuhan konsumsi kaum menengah Tiongkok.

"Program A100 yang didukung Alibaba Operating System ini akan menjadi layanan satu atap bagi para perusahaan untuk mengakses layanan komprehensif yang mereka butuhkan di era digital,” ujar Daniel Zhang, sesuai keterangan resmi yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Ia menambahkan, sinergi yang dihadirkan ekosistem Alibaba menciptakan cara-cara baru untuk penjualan dan distribusi, dan menjadi katalisator inovasi produk untuk menangkap peluang dari makin besarnya kebutuhan konsumen Tiongkok untuk meningkatkan gaya hidupnya.

"Kami nantikan lebih banyak lagi perusahaan global dan lokal yang bergabung di program kemitraan strategis A100,” tambah Daniel Zhang.

Para perusahaan yang bergabung sebagai mitra A100 akan mengembangkan hubungan kerja sama mendalam dan jangka panjang dengan unit-unit usaha Alibaba dari berbagai fungsi dan platform untuk saling menciptakan nilai dan model-model kolaborasi yang efisien, efektif dan berkelanjutan di era digital.

Selain itu, para mitra A100 dapat menggunakan Alibaba Operating System, yang memungkinkan mereka menentukan dari begitu banyak pillihan layanan yang tersedia untuk mengakselerasi operasi usaha mereka, termasuk New Retail. New Retail adalah konsep integrasi retail daring dan luring yang diusung Alibaba untuk mendigitalisasikan operasional yang berbasis toko fisik. Dalam dua tahun terakhir, 1.200 merek telah mendigitalisasikan dan memperbarui 200.000 gerai offline menjadi “smart stores” (gerai pintar), menggunakan konsep New Retail.

Sebagai informasi, Alibaba akan membentuk tim terintegrasi dari berbagai platformnya untuk mensupervisi implementasi A100 yang akan dimulai dengan para mitra yang telah menggunakan ekosistem perusahaan. Program ini akan dikembangkan ke merek-merek lain yang ingin mengoptimalisasikan operasional digital mereka.

Salah satu kisah sukses dari kemitraan cross-platform dengan Alibaba adalah Nestlé. Sejalan dengan upaya memperkuat usaha B2C-nya melalui gerai online-nya di Tmall, Nestlé baru-baru ini memanfaatkan saluran penjualan Alibaba lainnya. Selain itu, Nestlé berkolaborasi dengan Alibaba di sejumlah proyek untuk mendapatkan insights mengenai pasar dan perilaku konsumen.

Pada tahun 2018, Nestlé menandatangani kerja sama strategis dengan Cainiao, perusahaan logistik milik Alibaba Group, yang memungkinkan Nestlé mengonsolidasikan empat distributor yang memasok barang-barang yang dipasarkan melalui platform/unit usaha Alibaba menjadi satu dan memperkenalkan sistem inventory “One Set” untuk memenuhi pesanan dagang-el.

Sebagai hasilnya, Nestlé dapat menggunakan teknologi Cainiao untuk memilah produk dan mengelola inventori menurut preferensi pelanggan di berbagai wilayah, mengurangi proporsi pengiriman barang antar region dan mempercepat pengiriman.

Di bulan Agustus 2018, Alibaba dan Starbucks membentuk kerjasama strategis dan mendalam di bidang New retail untuk meghadirkan Starbucks experience yang optimal bagi para konsumen dan mentransformasi industri kopi di Tiongkok. Starbucks berkolaborasi dengan berbagai unit usaha dalam ekosistem Alibaba, termasuk platform pengantaran pesanan makanan-monuman Ele.me, supermarket FRESHIPPO, Tmall, Taobao dan Alipay.

Program pesan antar Starbucks kini tersedia di 2.000 gerai di 30 kota di Tiongkok, bekerja sama dengan Ele.me. Starbucks juga bekerja sama dengan supermarket FRESHIPPO untuk menghadirkan “Star Kitchens” di lokasi-lokasi FRESHIPPO khusus untuk memenuhi pesanan Starbucks dan memperluas kemampuan pengantaran.

Di bulan Desember 2018, Starbucks meluncurkan gerai virtual pertamanya di Tiongkok menggunakan teknologi Alibaba Group, yang menghadirkan pengalaman digital terintegrasi di aplikasi Starbucks dan aplikasi mobile dalam ekosistem Alibaba.

Tag: Alibaba Group Holding Limited, E-commerce

Penulis/Editor: Kumairoh

Foto: Alibaba Group Holding Limited

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6451.170 -17.392 627
2 Agriculture 1640.427 -7.445 21
3 Mining 1864.844 1.106 47
4 Basic Industry and Chemicals 904.219 1.419 71
5 Miscellanous Industry 1406.336 0.714 46
6 Consumer Goods 2610.330 -8.382 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.669 2.928 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.073 -1.667 71
9 Finance 1230.662 -13.605 91
10 Trade & Service 803.833 8.815 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPL 94 124 30 31.91
2 WIIM 183 236 53 28.96
3 CLAY 476 595 119 25.00
4 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
5 ISSP 91 113 22 24.18
6 INCF 264 320 56 21.21
7 INPP 860 1,040 180 20.93
8 OCAP 264 318 54 20.45
9 SQMI 252 300 48 19.05
10 MPPA 163 192 29 17.79
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 645 560 -85 -13.18
2 KIOS 1,580 1,410 -170 -10.76
3 TBMS 1,035 940 -95 -9.18
4 SIDO 810 750 -60 -7.41
5 INCI 580 540 -40 -6.90
6 TNCA 266 248 -18 -6.77
7 TIRA 300 280 -20 -6.67
8 BPTR 83 78 -5 -6.02
9 KPAS 185 174 -11 -5.95
10 BKSW 184 174 -10 -5.43
No Code Prev Close Change %
1 HOME 142 144 2 1.41
2 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
3 ERAA 2,410 2,450 40 1.66
4 BMRI 7,750 7,475 -275 -3.55
5 BNLI 900 970 70 7.78
6 ADRO 1,410 1,380 -30 -2.13
7 BBRI 3,770 3,770 0 0.00
8 DOID 575 660 85 14.78
9 PWON 680 690 10 1.47
10 BUMI 167 180 13 7.78