Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alibaba Luncurkan 'A100' untuk Akselerasi Transformasi Digital Para Pelaku Usaha

Alibaba Luncurkan 'A100' untuk Akselerasi Transformasi Digital Para Pelaku Usaha Kredit Foto: Alibaba Group Holding Limited
Warta Ekonomi, Hangzhou, China -

Alibaba Group Holding Limited hari ini meluncurkan “A100,” sebuah program kerja sama strategis yang menghadirkan solusi lengkap untuk mengakselerasi transformasi digital para pelaku usaha global dan domestik di Tiongkok. A100 diluncurkan pada “Alibaba ONE Business Conference” yang pertama di Hangzhou. Nama “A100” merepresentasikan tujuan Alibaba untuk menghadirkan solusi-solusi digital secara meluas bagi para pelaku usaha.

CEO Alibaba Group, Daniel Zhang, mengatakan, dengan lebih dari 600 juta pengguna marketplace utama Alibaba dan hampir 30 unit usaha dengan layanan khusus perusahaan, Alibaba adalah mitra terdepan bagi para perusahaan lokal dan global untuk memanfaatkan peluang dari pertumbuhan konsumsi kaum menengah Tiongkok.

"Program A100 yang didukung Alibaba Operating System ini akan menjadi layanan satu atap bagi para perusahaan untuk mengakses layanan komprehensif yang mereka butuhkan di era digital,” ujar Daniel Zhang, sesuai keterangan resmi yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Ia menambahkan, sinergi yang dihadirkan ekosistem Alibaba menciptakan cara-cara baru untuk penjualan dan distribusi, dan menjadi katalisator inovasi produk untuk menangkap peluang dari makin besarnya kebutuhan konsumen Tiongkok untuk meningkatkan gaya hidupnya.

"Kami nantikan lebih banyak lagi perusahaan global dan lokal yang bergabung di program kemitraan strategis A100,” tambah Daniel Zhang.

Para perusahaan yang bergabung sebagai mitra A100 akan mengembangkan hubungan kerja sama mendalam dan jangka panjang dengan unit-unit usaha Alibaba dari berbagai fungsi dan platform untuk saling menciptakan nilai dan model-model kolaborasi yang efisien, efektif dan berkelanjutan di era digital.

Selain itu, para mitra A100 dapat menggunakan Alibaba Operating System, yang memungkinkan mereka menentukan dari begitu banyak pillihan layanan yang tersedia untuk mengakselerasi operasi usaha mereka, termasuk New Retail. New Retail adalah konsep integrasi retail daring dan luring yang diusung Alibaba untuk mendigitalisasikan operasional yang berbasis toko fisik. Dalam dua tahun terakhir, 1.200 merek telah mendigitalisasikan dan memperbarui 200.000 gerai offline menjadi “smart stores” (gerai pintar), menggunakan konsep New Retail.

Sebagai informasi, Alibaba akan membentuk tim terintegrasi dari berbagai platformnya untuk mensupervisi implementasi A100 yang akan dimulai dengan para mitra yang telah menggunakan ekosistem perusahaan. Program ini akan dikembangkan ke merek-merek lain yang ingin mengoptimalisasikan operasional digital mereka.

Salah satu kisah sukses dari kemitraan cross-platform dengan Alibaba adalah Nestlé. Sejalan dengan upaya memperkuat usaha B2C-nya melalui gerai online-nya di Tmall, Nestlé baru-baru ini memanfaatkan saluran penjualan Alibaba lainnya. Selain itu, Nestlé berkolaborasi dengan Alibaba di sejumlah proyek untuk mendapatkan insights mengenai pasar dan perilaku konsumen.

Pada tahun 2018, Nestlé menandatangani kerja sama strategis dengan Cainiao, perusahaan logistik milik Alibaba Group, yang memungkinkan Nestlé mengonsolidasikan empat distributor yang memasok barang-barang yang dipasarkan melalui platform/unit usaha Alibaba menjadi satu dan memperkenalkan sistem inventory “One Set” untuk memenuhi pesanan dagang-el.

Sebagai hasilnya, Nestlé dapat menggunakan teknologi Cainiao untuk memilah produk dan mengelola inventori menurut preferensi pelanggan di berbagai wilayah, mengurangi proporsi pengiriman barang antar region dan mempercepat pengiriman.

Di bulan Agustus 2018, Alibaba dan Starbucks membentuk kerjasama strategis dan mendalam di bidang New retail untuk meghadirkan Starbucks experience yang optimal bagi para konsumen dan mentransformasi industri kopi di Tiongkok. Starbucks berkolaborasi dengan berbagai unit usaha dalam ekosistem Alibaba, termasuk platform pengantaran pesanan makanan-monuman Ele.me, supermarket FRESHIPPO, Tmall, Taobao dan Alipay.

Program pesan antar Starbucks kini tersedia di 2.000 gerai di 30 kota di Tiongkok, bekerja sama dengan Ele.me. Starbucks juga bekerja sama dengan supermarket FRESHIPPO untuk menghadirkan “Star Kitchens” di lokasi-lokasi FRESHIPPO khusus untuk memenuhi pesanan Starbucks dan memperluas kemampuan pengantaran.

Di bulan Desember 2018, Starbucks meluncurkan gerai virtual pertamanya di Tiongkok menggunakan teknologi Alibaba Group, yang menghadirkan pengalaman digital terintegrasi di aplikasi Starbucks dan aplikasi mobile dalam ekosistem Alibaba.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: