Portal Berita Ekonomi Rabu, 23 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:06 WIB. KAEF - Kimia Farma menyiapkan capex tahun ini sekitar Rp4 triliun.
  • 20:06 WIB. KAEF - Kimia Farma melanjutkan rencana ekspansi anorganik pengembangan farmasi pada 2019.
  • 20:05 WIB. Mandiri - Mandiri menargetkan pendapatan komisi dari digital banking Rp2,97 triliun di 2019.
  • 20:05 WIB. PEP - Pertamina EP menargetkan laba bersih Rp10 triliun.
  • 20:05 WIB. PLN - Sebanyak 37 tiang listik PLN yang mengalami kerusakan akibat banjir di Sulsel.
  • 20:04 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah akan meningkatkan literasi keuangan syariah melalui promosi di medsos.
  • 20:04 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah membidik pertumbuhan dana masyarakat sebesar 16% sepanjang 2019.
  • 20:03 WIB. Perinus - Perinus siap jadi Bulog perikanan asal ada kepastian hukum dan subsidi.
  • 20:03 WIB. BNI - BNI menyiapkan anggaran hingga Rp4 triliun untuk melakukan aksi korporasi.
  • 20:03 WIB. BNI - Pertumbuhan Laba Bersih BNI juga ditopang oleh pertumbuhan Pendapatan Non Bunga sebesar 5,2% yoy.
  • 20:02 WIB. BNI - Pertumbuhan laba disokong oleh kinerja kredit yang meningkat 16,2% yoy.
  • 20:01 WIB. PTPN III - PTPN III menerbitkan surat utang jangka menengah dengan total jumlah pokok Rp500 miliar.
  • 20:01 WIB. ANTM - ANTM Semarang menargetkan dapat menjual 15 kg emas setiap bulannya sepanjang 2019.
  • 17:44 WIB. Netflix - Pengguna Netflix bisa bagikan film yang ditonton ke Instagram.
  • 17:42 WIB. Blue Origin - Blue Origin akan uji roket turis Antariksa malam ini.

3 Kunci Bertahan dalam Tren Bisnis

Foto Berita 3 Kunci Bertahan dalam Tren Bisnis
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Ketika tahun baru tiba, resolusi baru dan aspirasi baru biasanya akan dimasukkan dalam daftar tugas. Pengalaman ini tidak hanya terikat pada makhluk individu tetapi juga dimanifestasikan dalam lingkungan ekonomi juga.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, diskon besar diberikan oleh toko-toko eceran. Tawaran memikat ini akibatnya meningkatkan penjualan. Karena sebagian besar bisnis ritel menargetkan pelanggan lokal, maka menjaga perjalanan dalam ritel menjadi suatu tantangan. Perencanaan yang efektif dan pengawasan pasar yang cermat membantu pengecer memetakan strategi.

Selain itu, survei pasar juga membantu untuk mengetahui tren ritel terbaru yang bertahan paling lama di pasar. Industri bisnis selalu berubah dan oleh karena itu, pemilik bisnis harus tahu mengenai tren yang akan datang maupun yang sudah ketinggalan zaman.

Tren Mendatang yang harus diberitahukan kepada Pengecer

Menjaga peritel yang kompeten dan antusias sepanjang tahun sangat penting bagi bisnis ritel. Untuk itu, pengecer harus memahami tren terbaru dalam industri ritel.

Bisnis ritel sudah menjadi bisnis skala kecil; mendorong bisnis ke atas sangat sulit bagi pengusaha yang telah melangkah di pasar online. Jadi, salah satunya jalan adalah memperbarui tren bisnis terbaru membantu wirausahawan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam kompetisi.

1. Ubah Pengalaman Ritel

Toko ritel generasi baru bukan tentang berbelanja dan menampilkan inventaris untuk dijual. Mirip dengan perubahan waktu, konsep operasi toko ritel telah berubah. Sekarang, pengecer perlu lebih menghormati pelanggan mereka dengan berkonsentrasi pada peningkatan pengalaman pelanggan.

Untuk menambah pengalaman di dalam toko, pengecer harus menambah nilai penawaran bagi bisnis. Lebih jauh, pengusaha harus memberikan penawaran menarik kepada pelanggan, misalnya dengan menyediakan WiFi gratis dan kafe di lokasi adalah beberapa penawaran memikat yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

2. Fokus pada Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Gagasan meningkatkan pengalaman pelanggan telah dipraktikkan oleh banyak industrialis. Meskipun demikian, semua perubahan relatif dalam pengalaman pelanggan telah siap dianut dalam industri ini.

Jadi, jalan atau pilihan yang ideal untuk menopang bisnis melalui peningkatan pengalaman pelanggan akan menciptakan strategi keterlibatan pelanggan yang unik. Strategi tersebut harus bebas dari kesalahan dan mempertimbangkan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja, termasuk karyawan yang berpengetahuan luas dan keberadaan bisnis online.

3. Manfaatkan Big Data

Sekarang, cara melakukan penelitian telah berubah secara drastis. Sebelumnya, data berkualitas dinilai sedangkan, saat ini, Big data diyakini sebagai alat yang paling berguna untuk meningkatkan bisnis. Teknologi dan bisnis telah menyatu bersama dan pada gilirannya, membentuk strategi khusus untuk mengalahkan lawan.

Tag: Tips Bisnis, Tren 2019

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Stefan

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6451.170 -17.392 627
2 Agriculture 1640.427 -7.445 21
3 Mining 1864.844 1.106 47
4 Basic Industry and Chemicals 904.219 1.419 71
5 Miscellanous Industry 1406.336 0.714 46
6 Consumer Goods 2610.330 -8.382 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.669 2.928 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.073 -1.667 71
9 Finance 1230.662 -13.605 91
10 Trade & Service 803.833 8.815 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPL 94 124 30 31.91
2 WIIM 183 236 53 28.96
3 CLAY 476 595 119 25.00
4 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
5 ISSP 91 113 22 24.18
6 INCF 264 320 56 21.21
7 INPP 860 1,040 180 20.93
8 OCAP 264 318 54 20.45
9 SQMI 252 300 48 19.05
10 MPPA 163 192 29 17.79
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 645 560 -85 -13.18
2 KIOS 1,580 1,410 -170 -10.76
3 TBMS 1,035 940 -95 -9.18
4 SIDO 810 750 -60 -7.41
5 INCI 580 540 -40 -6.90
6 TNCA 266 248 -18 -6.77
7 TIRA 300 280 -20 -6.67
8 BPTR 83 78 -5 -6.02
9 KPAS 185 174 -11 -5.95
10 BKSW 184 174 -10 -5.43
No Code Prev Close Change %
1 HOME 142 144 2 1.41
2 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
3 ERAA 2,410 2,450 40 1.66
4 BMRI 7,750 7,475 -275 -3.55
5 BNLI 900 970 70 7.78
6 ADRO 1,410 1,380 -30 -2.13
7 BBRI 3,770 3,770 0 0.00
8 DOID 575 660 85 14.78
9 PWON 680 690 10 1.47
10 BUMI 167 180 13 7.78