Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yeelight Xiaomi Berbagi Strategi Cerdas untuk Sukses di Pasar Global

Yeelight Xiaomi Berbagi Strategi Cerdas untuk Sukses di Pasar Global Kredit Foto: Unsplash/Dhe Haivan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam 20 tahun terakhir, industri penerangan di China telah berkembang pesat dan negara ini telah menjadi produsen dan konsumen penerangan terkemuka di dunia. Beberapa perusahaan China juga telah memperluas jangkauan mereka ke konsumen global, khususnya India, yang memiliki populasi terbanyak kedua di dunia, dalam beberapa tahun terakhir.

Perusahaan pencahayaan pintar yang didukung Xiaomi, Yeelight, yang didirikan pada 2012 itu memasuki pasar India tahun lalu. Bagi pendiri dan Kepala Eksekutif Yeelight, Eric Jiang, India adalah pasar yang sangat menjanjikan karena memiliki populasi terbesar kedua di dunia. Jiang selalu terpesona dengan ide lampu pintar dan terbiasa memikirkan cara untuk membuatnya lebih menarik dan dapat diakses oleh semua orang. Setelah mendalami Research and Development (R&D), ia memutuskan untuk terjun ke dalam industri ini.

"Saya mulai dengan memetakan industri pencahayaan dan menyadari bahwa laju perubahan gaya hidup konsumen, akan ada permintaan besar untuk pencahayaan pintar di masa depan. Di Yeelight, kami bertujuan untuk memberikan pengalaman pencahayaan kelas dunia kepada konsumen di nilai poin harga,” ungkap Jiang yang dikutip dari Entrepreneur.com (15/1/2019).

Menemukan USP Anda

Unique Value Proposition atau USP adalah hal yang membedekan produk atau jasa Anda dari pesaing yang lainnya, atau lebih gampangnya, hal yang menjadikan Anda spesial. Tantangan tersendiri untuk setiap startup, untuk tetap berdiri di tengah keramaian pasar yang ada.

Jiang tidak menyangkal bahwa ia menghadapi persaingan nol dari merek internasional. Dia percaya apa yang membedakan perusahaannya dari merek lain adalah produk yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir, sertifikasi, layanan purna jual, dan yang terpenting adalah titik harga.

“Kami selalu menjaga konsumen kami di garis depan dan membuat solusi yang dibuat khusus untuk setiap pasar. Penelitian internal kami menunjukkan bahwa banyak konsumen di kawasan Asia-Pasifik (APAC) melihat Yeelight sebagai alternatif yang lebih baik untuk produk pencahayaan pintar mereka yang ada dari merek-merek terkenal,” katanya.

Yeelight memiliki paket produk penerangan WiFi dan BLE (Bluetooth), dan produk WiFi mendukung perangkat AI mayoritas dan platform IoT di dunia, seperti IFTTT, Asisten Google, Amazon Alexa, Naver, Clova, dll.

Pahami target pasar Anda

Setiap bisnis memiliki tantangan standar sendiri. Bagi Jiang, tantangan terbesar yang sering ia hadapi adalah untuk memenuhi kebutuhan penduduk setempat.

“Para pemain regional memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan selera penduduk setempat dan dengan demikian, menjadi tantangan bagi merek global seperti kami. Misalnya, untuk bola lampu pintar yang sama, pasar India mungkin membutuhkan seri B22, sementara pasar AS mungkin lebih sering menggunakan BR30 dan pengguna Eropa cenderung menggunakan GU10,” tegas Jiang.

Dia menyadari bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi tantangan ini dan mendapatkan pijakan di pasar baru adalah merancang produk dengan cara yang sesuai dengan tuntutan lokal.

“Kami telah memperkuat riset pemasaran kami di pasar lokal dan mempercepat proses pengembangan produk baru kami,” tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: