Portal Berita Ekonomi Rabu, 20 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:44 WIB. XL - XL Axiata pastikan kemampuan datanya meningkat.
  • 11:43 WIB. Oppo - Oppo F11 usung kamera selfie pop-up.
  • 11:24 WIB. Vivo - Vivo rilis ponsel baterai jumbo, harga mulai Rp1 jutaan.
  • 10:46 WIB. JSMR - Jasa Marga tengah mengkaji penerbitan cross border securitization.
  • 10:46 WIB. Tol - PP Infrastruktur tengah menunggu lelang pengusahaan jalan tol ruas Semanan-Balaraja.
  • 10:45 WIB. PLN - PLN menerbitkan obligasi dan sukuk total Rp3,26 triliun.
  • 10:45 WIB. Pelindo I - Pelindo I menyelesaikan modernisasi pelabuhan Tanjung Balai Asahan.
  • 10:44 WIB. BRI - BRI mengincar pembiayaan sejumlah proyek jalan tol tahun ini.
  • 10:44 WIB. BRI - BRI mencatatkan penyaluran kredit infrastruktur senilai Rp125,6 triliun pada 2018.
  • 10:25 WIB. Xiaomi - Xiaomi bocorkan Mi 9 punya tombol khusus untuk Google Assistant di samping bodi.
  • 08:58 WIB. IHSG -  IHSG dibuka hijau 0,42% ke level 6.521,81 di awal sesi I.
  • 08:12 WIB. Oppo - Oppo rilis A7 RAM 3 GB seharga Rp2,69 juta. 
  • 08:00 WIB. 4G - Koneksi 4G Indonesia masih lelet.
  • 07:32 WIB. Grab - Pengguna Grab bisa isi ulang saldo Ovo lewat BNI.
  • 07:31 WIB. Huawei - CEO Huawei sebut AS tak bisa hancurkan perusahaannya.

Yeelight Xiaomi Berbagi Strategi Cerdas untuk Sukses di Pasar Global

Foto Berita Yeelight Xiaomi Berbagi Strategi Cerdas untuk Sukses di Pasar Global
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Dalam 20 tahun terakhir, industri penerangan di China telah berkembang pesat dan negara ini telah menjadi produsen dan konsumen penerangan terkemuka di dunia. Beberapa perusahaan China juga telah memperluas jangkauan mereka ke konsumen global, khususnya India, yang memiliki populasi terbanyak kedua di dunia, dalam beberapa tahun terakhir.

Perusahaan pencahayaan pintar yang didukung Xiaomi, Yeelight, yang didirikan pada 2012 itu memasuki pasar India tahun lalu. Bagi pendiri dan Kepala Eksekutif Yeelight, Eric Jiang, India adalah pasar yang sangat menjanjikan karena memiliki populasi terbesar kedua di dunia. Jiang selalu terpesona dengan ide lampu pintar dan terbiasa memikirkan cara untuk membuatnya lebih menarik dan dapat diakses oleh semua orang. Setelah mendalami Research and Development (R&D), ia memutuskan untuk terjun ke dalam industri ini.

"Saya mulai dengan memetakan industri pencahayaan dan menyadari bahwa laju perubahan gaya hidup konsumen, akan ada permintaan besar untuk pencahayaan pintar di masa depan. Di Yeelight, kami bertujuan untuk memberikan pengalaman pencahayaan kelas dunia kepada konsumen di nilai poin harga,” ungkap Jiang yang dikutip dari Entrepreneur.com (15/1/2019).

Menemukan USP Anda

Unique Value Proposition atau USP adalah hal yang membedekan produk atau jasa Anda dari pesaing yang lainnya, atau lebih gampangnya, hal yang menjadikan Anda spesial. Tantangan tersendiri untuk setiap startup, untuk tetap berdiri di tengah keramaian pasar yang ada.

Jiang tidak menyangkal bahwa ia menghadapi persaingan nol dari merek internasional. Dia percaya apa yang membedakan perusahaannya dari merek lain adalah produk yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir, sertifikasi, layanan purna jual, dan yang terpenting adalah titik harga.

“Kami selalu menjaga konsumen kami di garis depan dan membuat solusi yang dibuat khusus untuk setiap pasar. Penelitian internal kami menunjukkan bahwa banyak konsumen di kawasan Asia-Pasifik (APAC) melihat Yeelight sebagai alternatif yang lebih baik untuk produk pencahayaan pintar mereka yang ada dari merek-merek terkenal,” katanya.

Yeelight memiliki paket produk penerangan WiFi dan BLE (Bluetooth), dan produk WiFi mendukung perangkat AI mayoritas dan platform IoT di dunia, seperti IFTTT, Asisten Google, Amazon Alexa, Naver, Clova, dll.

Pahami target pasar Anda

Setiap bisnis memiliki tantangan standar sendiri. Bagi Jiang, tantangan terbesar yang sering ia hadapi adalah untuk memenuhi kebutuhan penduduk setempat.

“Para pemain regional memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan selera penduduk setempat dan dengan demikian, menjadi tantangan bagi merek global seperti kami. Misalnya, untuk bola lampu pintar yang sama, pasar India mungkin membutuhkan seri B22, sementara pasar AS mungkin lebih sering menggunakan BR30 dan pengguna Eropa cenderung menggunakan GU10,” tegas Jiang.

Dia menyadari bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi tantangan ini dan mendapatkan pijakan di pasar baru adalah merancang produk dengan cara yang sesuai dengan tuntutan lokal.

“Kami telah memperkuat riset pemasaran kami di pasar lokal dan mempercepat proses pengembangan produk baru kami,” tambahnya.

Tag: Yeelight, Xiaomi Inc, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Dhe Haivan

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,766.77 3,728.54
British Pound GBP 1.00 18,468.44 18,283.99
China Yuan CNY 1.00 2,090.80 2,070.07
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,125.00 13,985.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,136.10 10,034.24
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,799.66 1,781.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,456.77 10,349.29
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,040.35 15,877.17
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,474.78 3,436.12
Yen Jepang JPY 100.00 12,744.74 12,615.01

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6494.667 -3.148 627
2 Agriculture 1612.273 9.233 21
3 Mining 1894.930 28.365 47
4 Basic Industry and Chemicals 879.497 -9.712 71
5 Miscellanous Industry 1359.758 -8.770 46
6 Consumer Goods 2656.426 -2.053 51
7 Cons., Property & Real Estate 454.123 1.975 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1216.559 1.577 71
9 Finance 1233.741 -2.007 91
10 Trade & Service 822.920 1.934 155
No Code Prev Close Change %
1 BNII 258 322 64 24.81
2 ALDO 2,020 2,510 490 24.26
3 MINA 615 725 110 17.89
4 MPPA 260 306 46 17.69
5 INCF 306 360 54 17.65
6 BABP 51 58 7 13.73
7 MLPL 137 155 18 13.14
8 CSIS 137 154 17 12.41
9 GIAA 426 474 48 11.27
10 KARW 87 96 9 10.34
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 400 300 -100 -25.00
2 NAGA 332 294 -38 -11.45
3 KONI 486 438 -48 -9.88
4 PSDN 246 222 -24 -9.76
5 AKSI 388 352 -36 -9.28
6 LION 665 615 -50 -7.52
7 FISH 3,670 3,400 -270 -7.36
8 TARA 840 780 -60 -7.14
9 SOTS 322 300 -22 -6.83
10 INAI 468 440 -28 -5.98
No Code Prev Close Change %
1 FREN 298 288 -10 -3.36
2 JPFA 2,500 2,440 -60 -2.40
3 ANTM 995 1,025 30 3.02
4 BBRI 3,840 3,910 70 1.82
5 BMRI 7,275 7,200 -75 -1.03
6 EXCL 2,530 2,610 80 3.16
7 INDY 1,785 1,925 140 7.84
8 BUMI 153 154 1 0.65
9 FILM 795 785 -10 -1.26
10 ADRO 1,245 1,295 50 4.02