Portal Berita Ekonomi Sabtu, 16 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:52 WIB. Twitter - Twitter pertimbangkan bikin fitur klasifikasi.
  • 23:50 WIB. Facebook - Facebook terancam kena denda jutaan dolar karena sejumlah masalah privasi.
  • 23:47 WIB. XL - XL klaim nomor 2 di Indonesia.
  • 23:46 WIB. Sniper - Sniper rilis powerbank yang aman diajak terbang.
  • 20:52 WIB. Fujifilm - Fujifilm luncurkan mirrorless X-T30. 
  • 20:19 WIB. Realme - Realme mau ikut ramaikan pasar Eropa.
  • 20:19 WIB. Beras - Stok beras bulog Pekalongan capai 28.000 ton.
  • 20:18 WIB. Modal - Petani garam tradisional di Palu mengatakan masih sangat membutuhkan bantuan modal.
  • 20:17 WIB. Dagang - RI-Palestina kuatkan kerja sama perdagangan.
  • 20:16 WIB. LRT - Tarif awal LRT Bekasi-Jakarta dipatok Rp12 ribu.
  • 20:15 WIB. Migas - BPS: migas penyebab turunnya kinerja ekspor Januari 2019.
  • 20:13 WIB. BBNKB - Riau peroleh pajak BBNKB Rp76,88 miliar.
  • 20:11 WIB. Ikan - Dirjen KKP mengatakan KKP fokus upaya pelestarian ikan lokal.
  • 20:08 WIB. Impor - Pemerintah diminta benahi kekacauan tata niaga impor pangan.
  • 20:08 WIB. Tol - MTI sarankan pemerintah turunkan tarif tol trans-jawa.

4 Strategi Pemasaran Online, Patut Dicoba di 2019!

Foto Berita 4 Strategi Pemasaran Online, Patut Dicoba di 2019!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pemasaran online adalah salah satu alat paling efektif untuk menumbuhkan bisnis. Namun, untuk memiliki strategi yang efisien, bisnis harus tetap mengedepankan perubahan teknologi dan tren dari setiap pengguna.

Selama bertahun-tahun, cara orang mengkonsumsi konten online telah banyak berubah. Sebuah studi terbaru oleh GlobalWebIndex, yang dikutip dari Entrepreneur.com (17/1/2019) menunjukkan bahwa 28 persen aktivitas online terjadi di media sosial. Iklan yang dibeli di platform populer seperti Facebook dan Instagram telah tumbuh secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, dengan Instagram mengalahkan Facebook sebesar 117 persen pada tahun 2018.

Jika Anda ingin memasukkan tren pemasaran terbaru dalam rencana bisnis tahun ini, berikut adalah empat strategi pemasaran online yang akan membantu bisnis Anda:

Optimalkan pencarian suara

Suatu penelitian mengatakan bahwa 40 persen orang dewasa menggunakan Google Assistant dengan memanfaatkan suara setidaknya sekali sehari, dan 20 persen menggunakan pencarian suara. Itu tandanya, dengan memanfaatkan platform tersebut, pemasaran online Anda setidaknya mampu memperoleh beberapa persen di antaranya dan menarik perhatian target pasar.

Untuk memanfaatkannya, Anda dapat menggunakan data terstruktur di situs web Anda untuk menjawab berbagai macam pertanyaan pelanggan. Setelah itu, perbarui situs web Anda dengan konten yang relevan. Jangan lupa untuk memperhatikan ulasan online dari pelanggan Anda, sebab lebih dari 67 persen konsumen mempertimbangkan ulasan tersebut.

Video vertikal

Kita hidup di dunia seluler. Itu artinya penting untuk mengembangkan konten yang masuk akal untuk konsumsi seluler.

Menurut Mobile Overview Report (MOVR), 94 persen pengguna internet menonton video secara vertikal, bahkan jika itu dimaksudkan untuk dilihat secara horizontal. Apa artinya itu bagi Anda? Jika Anda menyusun konten video untuk bisnis Anda, mulailah beralih ke video vertikal.

Tinjau aktivitas media sosial Anda

Menjadi stagnan tidak pernah merupakan hal yang baik, terutama ketika datang ke media sosial. Itulah mengapa penting untuk selalu memperbarui strategi periklanan media sosial Anda. Baik itu mengubah demografis Anda atau beralih dari iklan Instagram ke Facebook, menjaga hal-hal tetap segar membuat konsumen selalu ingin kembali.

Pikirkan tentang jalan baru yang mungkin masuk akal, seperti YouTube, yang melihat pengeluaran iklan naik 189 persen pada 2018 atau Snapchat, yang membantu merek menjangkau audiens dengan rentang usia yang lebih muda.

Mengotomatiskan hal-hal  dengan menggunakan chatbots

Didedikasikan untuk pengalaman pelanggan? Dua pelayanan pelanggan yang terbaik adalah untuk segera mengambil tindakan dan memberikan alat kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Menerapkan chatbots dapat membantu Anda mencapai keduanya.

Menurut data dari Facebook IQ, chatbots telah mengalami pertumbuhan 5,6 kali lipat dari tahun ke tahun sejak 2017, menjadi salah satu bentuk komunikasi bisnis ke konsumen yang paling populer.

Chatbots tidak hanya berhenti di layanan pelanggan. Banyak chatbots ini adalah alat pemasaran yang hebat yang membantu konsumen melalui siklus penjualan.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan ke dalam pemasaran online bisnis Anda. Pastikan merek Anda jadi lebih terlihat dan membuat Anda siap untuk raih kesuksesan di 2019.

Tag: strategi bisnis, Tips Bisnis, Tren 2019

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/John Schnobrich

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,783.30 3,744.53
British Pound GBP 1.00 18,150.85 17,967.77
China Yuan CNY 1.00 2,097.95 2,076.96
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,187.00 14,045.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,058.58 9,952.29
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.88 1,789.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.06 10,334.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,015.70 15,848.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,472.95 3,433.99
Yen Jepang JPY 100.00 12,861.03 12,731.15

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31