4 Strategi Pemasaran Online, Patut Dicoba di 2019!

4 Strategi Pemasaran Online, Patut Dicoba di 2019! Kredit Foto: Unsplash/John Schnobrich

Pemasaran online adalah salah satu alat paling efektif untuk menumbuhkan bisnis. Namun, untuk memiliki strategi yang efisien, bisnis harus tetap mengedepankan perubahan teknologi dan tren dari setiap pengguna.

Selama bertahun-tahun, cara orang mengkonsumsi konten online telah banyak berubah. Sebuah studi terbaru oleh GlobalWebIndex, yang dikutip dari Entrepreneur.com (17/1/2019) menunjukkan bahwa 28 persen aktivitas online terjadi di media sosial. Iklan yang dibeli di platform populer seperti Facebook dan Instagram telah tumbuh secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, dengan Instagram mengalahkan Facebook sebesar 117 persen pada tahun 2018.

Jika Anda ingin memasukkan tren pemasaran terbaru dalam rencana bisnis tahun ini, berikut adalah empat strategi pemasaran online yang akan membantu bisnis Anda:

Optimalkan pencarian suara

Suatu penelitian mengatakan bahwa 40 persen orang dewasa menggunakan Google Assistant dengan memanfaatkan suara setidaknya sekali sehari, dan 20 persen menggunakan pencarian suara. Itu tandanya, dengan memanfaatkan platform tersebut, pemasaran online Anda setidaknya mampu memperoleh beberapa persen di antaranya dan menarik perhatian target pasar.

Untuk memanfaatkannya, Anda dapat menggunakan data terstruktur di situs web Anda untuk menjawab berbagai macam pertanyaan pelanggan. Setelah itu, perbarui situs web Anda dengan konten yang relevan. Jangan lupa untuk memperhatikan ulasan online dari pelanggan Anda, sebab lebih dari 67 persen konsumen mempertimbangkan ulasan tersebut.

Video vertikal

Kita hidup di dunia seluler. Itu artinya penting untuk mengembangkan konten yang masuk akal untuk konsumsi seluler.

Menurut Mobile Overview Report (MOVR), 94 persen pengguna internet menonton video secara vertikal, bahkan jika itu dimaksudkan untuk dilihat secara horizontal. Apa artinya itu bagi Anda? Jika Anda menyusun konten video untuk bisnis Anda, mulailah beralih ke video vertikal.

Tinjau aktivitas media sosial Anda

Menjadi stagnan tidak pernah merupakan hal yang baik, terutama ketika datang ke media sosial. Itulah mengapa penting untuk selalu memperbarui strategi periklanan media sosial Anda. Baik itu mengubah demografis Anda atau beralih dari iklan Instagram ke Facebook, menjaga hal-hal tetap segar membuat konsumen selalu ingin kembali.

Pikirkan tentang jalan baru yang mungkin masuk akal, seperti YouTube, yang melihat pengeluaran iklan naik 189 persen pada 2018 atau Snapchat, yang membantu merek menjangkau audiens dengan rentang usia yang lebih muda.

Mengotomatiskan hal-hal  dengan menggunakan chatbots

Didedikasikan untuk pengalaman pelanggan? Dua pelayanan pelanggan yang terbaik adalah untuk segera mengambil tindakan dan memberikan alat kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Menerapkan chatbots dapat membantu Anda mencapai keduanya.

Menurut data dari Facebook IQ, chatbots telah mengalami pertumbuhan 5,6 kali lipat dari tahun ke tahun sejak 2017, menjadi salah satu bentuk komunikasi bisnis ke konsumen yang paling populer.

Chatbots tidak hanya berhenti di layanan pelanggan. Banyak chatbots ini adalah alat pemasaran yang hebat yang membantu konsumen melalui siklus penjualan.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan ke dalam pemasaran online bisnis Anda. Pastikan merek Anda jadi lebih terlihat dan membuat Anda siap untuk raih kesuksesan di 2019.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini