Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

4 Tren dalam Industri Agritech di 2019

4 Tren dalam Industri Agritech di 2019 Kredit Foto: Unsplash/Ravi Roshan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun 2018 penuh dengan inovasi dan pertumbuhan eksponensial untuk sektor agritech, dan 2019 akan melihat fokus pada kolaborasi yang lebih baik dari pengusaha di zaman baru dengan petani dan pemerintah untuk pengembangan yang lebih baik di sektor ini.

Asia Pasifik sangat besar secara geografis dan beragam dalam produksi pangan dan pertanian, dan para ahli bidang teknologi pangan pertanian beberapa yang akan menerima peningkatan fokus dari investor pada tahun 2019.

Berdasarkan lansiran dari Entrepreneur.com (18/1/2019), Michael Dean, LLM, Mitra Pendiri AgFunder dan Krishan Kumar selaku CEO dan salah satu pendiri CropIn Technology, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis SaaS untuk agribisnis global, membuka beberapa tren yang harus diperhatikan pada tahun 2019, berikut ulasannya:

Inovasi Teknologi

Teknologi pertanian memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap pertanian dengan merampingkan operasi pertanian para pemilik lahan kecil. Startup di industri agritech sedang membangun teknologi yang terjangkau dan scalable yang akan mempercepat Agriculture 4.0.

Tentu, hal itu akan meningkatkan adopsi solusi teknologi hingga tiga kali lipat, bahkan di sektor UMKM. AI, blockchain, robotika, dll., Selanjutnya akan menciptakan lebih banyak peluang kerja dan menghilangkan tantangan untuk mendorong inovasi rantai pasokan.

Fintech di Agritech

Lebih banyak solusi fintech akan dirancang dan dibangun untuk ekosistem pertanian yang akan fokus pada peningkatan proses agrilending dan agri-asuransi. Akan ada dukungan dan upaya signifikan dari para pemangku kepentingan seperti pemerintah dan pemain swasta lainnya untuk mewujudkan hal ini.

Otomatisasi

Otomasi akan menjadi fokus investasi di pasar maju, di mana tingkat upah yang relatif tinggi untuk pekerja dan variabilitas produksi akan berarti produsen dan prosesor akan terus melihat ke robotika dan otomatisasi untuk efisiensi pertanian, pengepakan, dan pemrosesan yang lebih baik.

IoT dan Blokchain

Penginderaan jauh dan IOT (Internet of Things) akan terus menarik dolar usaha mengingat dampaknya tepat di seluruh sistem pangan. Ada beberapa teknologi yang sangat menarik yang menggunakan DNA untuk menerapkan penanda atau untuk mengambil sidik jari lokasi pada titik asal sehingga pemangku agritech dapat memverifikasi asal komoditas fisik.

Protokol sensor jarak jauh berdaya rendah ketika digabungkan dengan teknologi, seperti satelit mikro orbit rendah bumi akan menyatukan semua ini sehingga kita dapat memantau lokasi dan tingkat kesegaran lahan saat melewati rantai pasokan. Ketika digunakan dalam kaitannya dengan teknologi blockchain, Anda akan dapat memastikan transaksi yang aman dan juga memantau dan melacak komoditas fisik untuk memerangi penipuan dan pemborosan makanan.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: