Portal Berita Ekonomi Selasa, 19 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:37 WIB. BRIS - BRI Syariah mengincar peningkatan penyaluran pembiayaan UMKM dengan menggandeng kaum milenial.
  • 21:22 WIB. Pelindo - Sub-Holding Peralatan Pelindo Incorporated kini terbentuk.
  • 22:36 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah membangun fasilitas HASANAH Spot di Pasar Modern Bintaro.
  • 22:36 WIB. PLN - PLN siap memasok kebutuhan listrik untuk mendukung pengembangan budidaya udang di dalam negeri.
  • 22:22 WIB. PHE - PHE melaksanakan penandatanganan KBH atas WK Maratua, Kaltim.
  • 22:22 WIB. WSKT - Waskita Karya berencana menerbitkan obligasi tahun ini.
  • 22:21 WIB. WSBP - Februari 2019, utang Waskita Beton Precast turun menjadi Rp4,7 triliun.
  • 22:21 WIB. Migas - Repsol membuka peluang untuk mengintegrasikan fasilitas yang ada di WK Sakakemang dan South Sakakemang.
  • 22:21 WIB. BNI - BNI meluncurkan fitur pengajuan KPR secara online yang ditujukan untuk kalangan milenial.
  • 22:20 WIB. BNI - BNI mengakui transaksi kartu kredit terdongkrak transaksi travel.
  • 22:20 WIB. PNM - PNM menargetkan laba bersih tahun ini tembus Rp126 miliar.
  • 22:17 WIB. Pertamina - Pertamina siap meladeni tantangan dari pendatang baru PT AKR Corporindo.
  • 21:46 WIB. Pertamina - Pertamina siap menyambut masuknya badan usaha ataupun swasta dalam bisnis avtur.
  • 18:50 WIB. Ikan - Dinas Kelautan Sangihe minta nelayan jaga mutu ikan.
  • 18:49 WIB. Sagu - Pemerintah perlu dorong pengembangan mesin rekayasa pengolahan sagu.

E-commerce Asia Tenggara Makin Jaya: Khususnya Lazada, Shopee, dan Tokopedia

Foto Berita E-commerce Asia Tenggara Makin Jaya: Khususnya Lazada, Shopee, dan Tokopedia
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kenaikan penggunaan internet di Asia Tenggara begitu signifikan. Kenaikan ini dapat disangkutpautkan dengan pengguna internet seluler yang paling terlibat, salah satunya adalah industri e-commerce.

Data dari Entrepreneur.com menyatakan bahwa nilai kenaikan penggunaan internet di Asia Tenggara kemungkinan akan mencapai $240 miliar pada tahun 2025, atau $40 miliar lebih dari perkiraan sebelumnya.

Tetap terhubung

Gawai telah menjadi sumber informasi bagi sebagian besar orang Asia Tenggara, yang menjelaskan lonjakan jumlahnya. Mereka menggunakannya untuk mengakses peta, berita, aplikasi produktivitas pribadi seperti email dan spreadsheet, layanan transportasi, dan memesan makanan, bahkan pakaian.

Hal itu dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis e-commerce di Kawasan Asia Tenggara.

Pada Juni 2018, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam memiliki lebih dari 350 juta pengguna internet pada Juni 2018. Untuk memberikan konteks: ada 260 juta pengguna pada 2015, menurut laporan dari Entrepreneur.com (21/1/2019).

Penelitian Hootsuite juga menemukan bahwa pengguna internet di Thailand menghabiskan 4 jam dan 56 menit setiap hari menggunakan telepon—lebih banyak daripada di negara lain mana pun. Pengguna Indonesia, Filipina, dan Malaysia, yang menghabiskan sekitar 4 jam setiap hari di internet seluler, juga termasuk dalam 10 besar secara global dalam hal keterlibatan.

Sebagai perbandingan, pengguna internet di Inggris dan di AS hanya menghabiskan lebih dari 2 jam per hari di internet seluler, sedangkan pengguna di Prancis, Jerman, dan Jepang menghabiskan 1 jam 30 menit.

Mendobrak pasar

Perusahaan-perusahaan e-commerce seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia sangat memahami kebutuhan yang berkembang dari populasi di kawasan ini. Tidak heran sektor e-commerce telah tumbuh secara eksponensial selama tiga tahun terakhir.

Tiga perusahaan di wilayah ini, Lazada, Shopee, dan Tokopedia, telah memainkan peran penting dalam pengembangan sektor e-commerce. Mereka diperkirakan telah tumbuh secara kolektif lebih dari tujuh kali lipat sejak 2015, jauh di atas sektor lainnya.

"Dengan menawarkan puluhan juta produk, pengalaman pengguna ponsel kelas dunia, sering lakukan promosi kepada konsumen, dan jaringan logistik yang luas, mereka telah menjadi kekuatan utama di balik pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara," keterangan laporan Economy SEA 2018.

Seiring berjalannya tahun, laporan tersebut memperkirakan, sektor e-commerce akan matang, dan basis kompetisi dan pendorong pertumbuhan utama juga akan berkembang.

“Para pemain e-Commerce di kawasan ini akan semakin mengincar kepemimpinan di setiap pasar geografis, dengan Indonesia menjadi medan pertempuran utama bagi para pemain regional dan lokal. Mereka juga akan berkembang dari kota metro ke kota tingkat kedua dan daerah pedesaan, di mana penetrasi e-commerce lebih rendah dan prospek pertumbuhan adalah yang tertinggi," tambahnya.

Tag: E-commerce, asia tenggara, PT ECart Services Indonesia (Lazada), Shopee Indonesia, PT Tokopedia

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Lazada Indonesia

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,780.63 3,741.87
British Pound GBP 1.00 18,315.27 18,130.41
China Yuan CNY 1.00 2,095.36 2,074.37
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,177.00 14,035.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,143.64 10,040.64
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.54 1,788.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,463.50 10,352.59
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,046.95 15,884.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.02 3,440.79
Yen Jepang JPY 100.00 12,826.38 12,696.76

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6497.815 108.730 627
2 Agriculture 1603.040 10.690 21
3 Mining 1866.565 32.272 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.209 10.651 71
5 Miscellanous Industry 1368.528 38.950 46
6 Consumer Goods 2658.479 53.843 51
7 Cons., Property & Real Estate 452.148 1.591 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1214.982 29.177 71
9 Finance 1235.748 18.977 91
10 Trade & Service 820.986 9.595 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,625 2,020 395 24.31
2 KONI 398 486 88 22.11
3 PUDP 338 406 68 20.12
4 KOIN 268 318 50 18.66
5 TRUS 300 340 40 13.33
6 RDTX 6,075 6,875 800 13.17
7 FREN 264 298 34 12.88
8 PSDN 220 246 26 11.82
9 YULE 196 218 22 11.22
10 SKBM 414 460 46 11.11
No Code Prev Close Change %
1 INCF 380 306 -74 -19.47
2 PANI 135 109 -26 -19.26
3 LMAS 69 58 -11 -15.94
4 ARTA 1,100 935 -165 -15.00
5 ALKA 408 350 -58 -14.22
6 LPLI 147 129 -18 -12.24
7 RODA 430 380 -50 -11.63
8 HDTX 125 111 -14 -11.20
9 ETWA 89 81 -8 -8.99
10 JMAS 900 820 -80 -8.89
No Code Prev Close Change %
1 FREN 264 298 34 12.88
2 EXCL 2,340 2,530 190 8.12
3 TLKM 3,790 3,900 110 2.90
4 TINS 1,425 1,520 95 6.67
5 JPFA 2,700 2,500 -200 -7.41
6 ANTM 950 995 45 4.74
7 MEDC 950 1,020 70 7.37
8 BMTR 420 434 14 3.33
9 WSKT 1,765 1,750 -15 -0.85
10 ASII 7,600 7,875 275 3.62