Portal Berita Ekonomi Kamis, 22 Agustus 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:43 WIB. Israel - Korsel dan Israel sepakati perdagangan bebas untuk hadapi peningkatan proteksionisme di banyak negara
  • 23:29 WIB. James Bond - 'No Time to Die' akan jadi judul film James Bond ke-25.
  • 23:17 WIB. Hyderabad - Amazon membangun kampus terbesarnya di India.
  • 23:10 WIB. Beijing - China akan memberi sanksi bagi perusahaan yang terlibat penjualan F-16 ke Taiwan.
  • 22:12 WIB. Jakarta  - Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) ditarget selesai 2020.
  • 21:51 WIB. Gojek - Kabinet Malaysia beri lampu hijau Gojek bisa mengaspal di sana.
  • 21:28 WIB. Kabinet - Meski tak ditawari menteri, PAN janji tetap dukung Jokowi.
  • 19:03 WIB. Xiaomi - Laba Xiaomi di kuartal II 2019 anjlok 87%.
  • 18:49 WIB. China - Ritel asal AS Costco akan masuk pertama kali di China dengan buka gerai di Shanghai pada 27 Agustus 
  • 18:36 WIB. EV - Beijing Taxi Association: Beijing akan operasikan sekitar 20 ribu taksi listrik pada akhir 2020
  • 18:30 WIB. Korea - DMC Media: Konsumen online di Korsel masih melihat toko offline sebagai bagian penting dari belanja

3 Trik Taklukkan Gen Z Jadi Konsumen Tetap

3 Trik Taklukkan Gen Z Jadi Konsumen Tetap - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jika perusahaan Anda ingin meningkatkan penjualan di kalangan konsumen yang lebih muda, pertimbangkan Generasi Z sebagai grup yang terdiri dari subkelompok yang lebih kecil daripada sebagai komunitas besar.

Anda harus memahami karakter dari Gen Z itu sendiri. Kemudian, ambil langkah-langkah berikut untuk memastikan Anda membuat generasi ini mempelajari tentang penawaran merek Anda dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka:

Cari tahu di mana target konsumen Anda ingin berinteraksi

Di mana target konsumen Anda itu senang menghabiskan waktu online? Platform apa yang paling sering mereka kunjungi? Sebab, platform yang digunakan mereka itu penting untuk tempat Anda beriklan. Pentingnya setara dengan isi iklan itu sendiri.

Gen Z terkenal karena kalangan mereka yang paling gemar mengakses Youtube, Snapchat, Instagram, dll, tetapi jangan menganggap Anda dapat membuat iklan YouTube untuk menjangkau keseluruhan pemirsa Gen Z. Anda tidak boleh menyamaratakan hal tersebut. Sebab, kemungkinan dari Gen Z menggunakan platform lain itu juga ada.

Untuk mencari tahu di mana pelanggan Gen Z khusus Anda menghabiskan waktu, cari influencer dan pembuat konten yang menargetkan segmen ini. Jangan asal stereotip dan pukul rata ke mereka semua.

Otentik dan didorong oleh nilai

Merek harus terhubung dengan konsumen dan harus mampu menjadi lebih dari sekadar produk agar dapat benar-benar mengembangkan hubungan. Anggota Gen Z secara khusus mencari merek yang sesuai dengan nilai-nilai mereka dan menegaskan identitas mereka. Keterangan itu merujuk pada penelitian Google belum lama ini.

Misalnya, salah satu alasan YouTube begitu populer di kalangan remaja adalah karena janjinya untuk "memberikan suara kepada semua orang," sebuah janji yang mengatakan mampu menghubungkan dengan Gen Z yang berpikiran global. Berkat komitmen ini pada nilai-nilai yang lebih dalam, YouTube menghasilkan koneksi yang lebih dalam dengan pemirsanya, YouTube adalah salah satu dari 100 merek di dunia.

Jaga agar tetap singkat dan sederhana

Sebagai generasi yang selalu berhubungan dengan digital, Gen-Zers telah terbiasa dengan berbagai macam bentuk iklan yang tidak menarik. Mereka lebih cenderung melewati iklan dengan cepat atau bahkan menggunakan pemblokir iklan apabila itu mengganggu dan tidak berkesan.

Oleh karena itu, iklan dengan durasi yang singkat dan sederhana acapkali lebih mereka senangi. Terlebih jika isi konten iklan tersebut menarik dan mengandung unsur yang membuat mereka penasaran. Anda harus lebih pintar lagi membuat strategi.

Tag: Generasi Z, Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Michaela Rehle

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,820.93 3,782.86
British Pound GBP 1.00 17,441.04 17,266.80
China Yuan CNY 1.00 2,034.56 2,014.40
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,330.00 14,188.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,718.61 9,620.88
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,827.15 1,808.98
Dolar Singapura SGD 1.00 10,354.05 10,249.96
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,904.87 15,745.84
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,435.63 3,398.32
Yen Jepang JPY 100.00 13,462.98 13,325.82

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6252.967 -42.771 651
2 Agriculture 1352.538 3.379 21
3 Mining 1594.204 -6.101 49
4 Basic Industry and Chemicals 839.668 -9.022 72
5 Miscellanous Industry 1141.967 -9.977 49
6 Consumer Goods 2401.664 -24.300 53
7 Cons., Property & Real Estate 504.990 0.189 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1224.736 -5.147 74
9 Finance 1248.608 -11.827 91
10 Trade & Service 790.366 1.634 162
No Code Prev Close Change %
1 ARTO 665 830 165 24.81
2 KOTA 404 490 86 21.29
3 JIHD 525 630 105 20.00
4 KONI 500 595 95 19.00
5 MKNT 53 62 9 16.98
6 POLY 69 78 9 13.04
7 TFCO 620 695 75 12.10
8 ARKA 1,280 1,425 145 11.33
9 MTPS 1,500 1,655 155 10.33
10 PDES 1,000 1,100 100 10.00
No Code Prev Close Change %
1 FMII 560 424 -136 -24.29
2 PCAR 1,665 1,500 -165 -9.91
3 POLI 850 775 -75 -8.82
4 VINS 109 101 -8 -7.34
5 MEGA 6,200 5,775 -425 -6.85
6 PAMG 193 181 -12 -6.22
7 TBMS 810 760 -50 -6.17
8 ERTX 120 113 -7 -5.83
9 MTRA 350 330 -20 -5.71
10 EAST 212 200 -12 -5.66
No Code Prev Close Change %
1 KPIG 134 143 9 6.72
2 IPTV 224 224 0 0.00
3 BBRI 4,100 4,050 -50 -1.22
4 MNCN 1,260 1,295 35 2.78
5 ERAA 1,875 1,835 -40 -2.13
6 MDKA 5,975 6,100 125 2.09
7 TLKM 4,470 4,410 -60 -1.34
8 ANTM 1,050 1,070 20 1.90
9 PGAS 1,920 1,870 -50 -2.60
10 ASII 6,425 6,350 -75 -1.17