Portal Berita Ekonomi Sabtu, 16 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:43 WIB. Suzuki - MPV 'murah' Suzuki dipermak, harga naik Rp3 juta.
  • 17:41 WIB. Bukalapak - RatingĀ Bukalapak terjun bebas di App Store.
  • 18:42 WIB. Jokowi - Usai Bukalapak, #UninstallJokowi kian menggema.

3 Trik Taklukkan Gen Z Jadi Konsumen Tetap

Foto Berita 3 Trik Taklukkan Gen Z Jadi Konsumen Tetap
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jika perusahaan Anda ingin meningkatkan penjualan di kalangan konsumen yang lebih muda, pertimbangkan Generasi Z sebagai grup yang terdiri dari subkelompok yang lebih kecil daripada sebagai komunitas besar.

Anda harus memahami karakter dari Gen Z itu sendiri. Kemudian, ambil langkah-langkah berikut untuk memastikan Anda membuat generasi ini mempelajari tentang penawaran merek Anda dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka:

Cari tahu di mana target konsumen Anda ingin berinteraksi

Di mana target konsumen Anda itu senang menghabiskan waktu online? Platform apa yang paling sering mereka kunjungi? Sebab, platform yang digunakan mereka itu penting untuk tempat Anda beriklan. Pentingnya setara dengan isi iklan itu sendiri.

Gen Z terkenal karena kalangan mereka yang paling gemar mengakses Youtube, Snapchat, Instagram, dll, tetapi jangan menganggap Anda dapat membuat iklan YouTube untuk menjangkau keseluruhan pemirsa Gen Z. Anda tidak boleh menyamaratakan hal tersebut. Sebab, kemungkinan dari Gen Z menggunakan platform lain itu juga ada.

Untuk mencari tahu di mana pelanggan Gen Z khusus Anda menghabiskan waktu, cari influencer dan pembuat konten yang menargetkan segmen ini. Jangan asal stereotip dan pukul rata ke mereka semua.

Otentik dan didorong oleh nilai

Merek harus terhubung dengan konsumen dan harus mampu menjadi lebih dari sekadar produk agar dapat benar-benar mengembangkan hubungan. Anggota Gen Z secara khusus mencari merek yang sesuai dengan nilai-nilai mereka dan menegaskan identitas mereka. Keterangan itu merujuk pada penelitian Google belum lama ini.

Misalnya, salah satu alasan YouTube begitu populer di kalangan remaja adalah karena janjinya untuk "memberikan suara kepada semua orang," sebuah janji yang mengatakan mampu menghubungkan dengan Gen Z yang berpikiran global. Berkat komitmen ini pada nilai-nilai yang lebih dalam, YouTube menghasilkan koneksi yang lebih dalam dengan pemirsanya, YouTube adalah salah satu dari 100 merek di dunia.

Jaga agar tetap singkat dan sederhana

Sebagai generasi yang selalu berhubungan dengan digital, Gen-Zers telah terbiasa dengan berbagai macam bentuk iklan yang tidak menarik. Mereka lebih cenderung melewati iklan dengan cepat atau bahkan menggunakan pemblokir iklan apabila itu mengganggu dan tidak berkesan.

Oleh karena itu, iklan dengan durasi yang singkat dan sederhana acapkali lebih mereka senangi. Terlebih jika isi konten iklan tersebut menarik dan mengandung unsur yang membuat mereka penasaran. Anda harus lebih pintar lagi membuat strategi.

Tag: Generasi Z, Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Michaela Rehle

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,783.30 3,744.53
British Pound GBP 1.00 18,150.85 17,967.77
China Yuan CNY 1.00 2,097.95 2,076.96
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,187.00 14,045.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,058.58 9,952.29
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.88 1,789.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.06 10,334.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,015.70 15,848.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,472.95 3,433.99
Yen Jepang JPY 100.00 12,861.03 12,731.15

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31