Portal Berita Ekonomi Selasa, 19 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:01 WIB. IHSG - Selasa sore, IHSG ditutup melemah 0,05% ke level 6.494,67. 
  • 15:00 WIB. KPK - KPK geledah rumah mantan Direktur Waskita Karya, Desi Arryani. 
  • 15:00 WIB. BTPN - Aset BTPN sampai dengan Desember 2018 mencapai Rp101,9 triliun. 
  • 14:59 WIB. Dividen - BTPN sepakt tak bagikan dividen kepada para pemegang saham.
  • 14:58 WIB. BNI - BNI mempertimbangkan untuk mengakuisisi perusahaan modal ventura.
  • 14:58 WIB. BNI - BNI memiliki wacana untuk mendirikan perusahaan teknologi berbasis fintech.
  • 14:58 WIB. PGN - PGN menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan Santos Pty Ltd.
  • 14:57 WIB. PGN - PGN mendapat pasokan gas dari Santos 20,3 BBTUD sampai 2023.
  • 14:57 WIB. Laba - Elnusa bukukan laba tahun 2018 sebesar Rp276 miliar. 
  • 14:56 WIB. Elnusa - Di tahun 2018, Elnusa bukukan pendapatan naik 33%. 
  • 14:55 WIB. Jaringan Gas - Hingga tahun 2025, pemerintah targetkan bangun 4,7 juta sambungan jaringan gas rumah tangga. 
  • 14:54 WIB. Investasi - PGN siapkan dana investasi sebesar Rp12 triliun untuk bangun 1,2 juta jaringan gas rumah tangga. 
  • 14:53 WIB. Phapros - Pascaakuisisi, tidak ada perubahan pengendali dalam Phapros.
  • 14:51 WIB. Akuisisi - Proses akuisisi Phapros oleh Kimia Farma diproyeksikan selesai pada 15 Maret 2019. 
  • 14:51 WIB. Akuisisi - Proses akuisisi Phapros oleh Kimia Farma diproyeksikan selesai pada 15 Maret 2019. 

Jangan Abaikan Kemasan Produk! Ternyata Bisa Pengaruhi Tingkat Penjualan

Foto Berita Jangan Abaikan Kemasan Produk! Ternyata Bisa Pengaruhi Tingkat Penjualan
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Terlepas dari ukuran bisnis, satu pertanyaan yang sering ditangani oleh seorang profesional pemasaran adalah 'bagaimana saya bisa membuat target audiens saya untuk membeli produk?'

Sebenarnya, penjualan produk apa pun tergantung pada banyak faktor, seperti harga produk, rangkaian produk, dan lainnya, yang dilakukan oleh para profesional pemasaran untuk menghasilkan penjualan. Tidak hanya ini, tetapi merek sering mencoba untuk melacak ROI (Return on Investment) dari setiap kegiatan yang ditargetkan untuk menghasilkan penjualan.

Aspek yang sering diabaikan dalam mempromosikan suatu produk adalah kemasannya, tetapi itu bisa menjadi faktor yang menentukan dalam hal menjual produk atau bahkan suatu layanan. Simak baik-baik penjelasan dari hasil lansiran laman Entrepreneur.com (25/1/2019):

Kemasan yang baik lebih berfungsi dari promosi

Kegiatan promosi dengan anggaran tinggi seperti iklan dan jenis promosi lainnya adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian konsumen potensial. Namun, seperti yang disebutkan di atas, kemasan yang baik dapat memperoleh penghasilan lebih besar dari promosi jenis apapun.

Menurut penelitian, diperlukan 7 detik bagi konsumen untuk menilai produk dari sampulnya, mungkin memilih produk tersebut dan kemudian membaca lebih lanjut untuk informasi untuk membandingkan sebelum membuat keputusan. Itulah mengapa, ketika menjual produk Anda ke konsumen yang berpengetahuan di era sekarang harus memiliki kemasan promosi yang dirancang dengan baik, yang terhubung dengan konsumen di tingkat pribadi.

Jangan abaikan desain pengepakan

Sebagai konsumen, bukankah sudah umum bahwa kita membeli produk dan menyimpannya di rumah kita sebagian besar dalam kemasan aslinya dalam waktu yang lama? Bahkan, hal itu berlangsung sampai produk itu habis atau berhenti dikonsumsi. Fakta itu mengartikan bahwa identitas dan kemasan merek Anda memiliki peluang untuk hidup lebih lama dari produk itu sendiri. Sama seperti produk Anda, kemasannya adalah sesuatu yang nyata dan pribadi.

Kemasan kreatif memunculkan keingintahuan

Berbelanja adalah proses rutin dalam kehidupan sebagian besar konsumen. Proses yang rutin dijalani tentu sudah mereka hafal tanpa perlu lagi pengigat. Artinya, coba berikan konsumen Anda sedikit kejutan melalui kemasan yang kreatif dan inovatif.

Konsumen akan lebih kepo pada kemasan yang berbentuk unik, dan banyak inovasi. Rasa ingin tahu mereka secara tidak langsung akan meningkat. Dengan ketertarikan yang bertambah, pembeli cenderung rela mengeluarkan kocek untuk memuaskan rasa keingintahuannya.

Tag: kemasan, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Bernard Hermant

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,784.10 3,745.33
British Pound GBP 1.00 18,313.61 18,124.73
China Yuan CNY 1.00 2,097.81 2,076.82
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,190.00 14,048.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,108.96 10,004.99
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,808.13 1,789.92
Dolar Singapura SGD 1.00 10,455.35 10,349.20
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,041.80 15,878.45
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,471.98 3,433.88
Yen Jepang JPY 100.00 12,841.63 12,709.67

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6497.815 108.730 627
2 Agriculture 1603.040 10.690 21
3 Mining 1866.565 32.272 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.209 10.651 71
5 Miscellanous Industry 1368.528 38.950 46
6 Consumer Goods 2658.479 53.843 51
7 Cons., Property & Real Estate 452.148 1.591 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1214.982 29.177 71
9 Finance 1235.748 18.977 91
10 Trade & Service 820.986 9.595 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,625 2,020 395 24.31
2 KONI 398 486 88 22.11
3 PUDP 338 406 68 20.12
4 KOIN 268 318 50 18.66
5 TRUS 300 340 40 13.33
6 RDTX 6,075 6,875 800 13.17
7 FREN 264 298 34 12.88
8 PSDN 220 246 26 11.82
9 YULE 196 218 22 11.22
10 SKBM 414 460 46 11.11
No Code Prev Close Change %
1 INCF 380 306 -74 -19.47
2 PANI 135 109 -26 -19.26
3 LMAS 69 58 -11 -15.94
4 ARTA 1,100 935 -165 -15.00
5 ALKA 408 350 -58 -14.22
6 LPLI 147 129 -18 -12.24
7 RODA 430 380 -50 -11.63
8 HDTX 125 111 -14 -11.20
9 ETWA 89 81 -8 -8.99
10 JMAS 900 820 -80 -8.89
No Code Prev Close Change %
1 FREN 264 298 34 12.88
2 EXCL 2,340 2,530 190 8.12
3 TLKM 3,790 3,900 110 2.90
4 TINS 1,425 1,520 95 6.67
5 JPFA 2,700 2,500 -200 -7.41
6 ANTM 950 995 45 4.74
7 MEDC 950 1,020 70 7.37
8 BMTR 420 434 14 3.33
9 WSKT 1,765 1,750 -15 -0.85
10 ASII 7,600 7,875 275 3.62