Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jangan Abaikan Kemasan Produk! Ternyata Bisa Pengaruhi Tingkat Penjualan

Jangan Abaikan Kemasan Produk! Ternyata Bisa Pengaruhi Tingkat Penjualan Kredit Foto: Unsplash/Bernard Hermant
Warta Ekonomi, Jakarta -

Terlepas dari ukuran bisnis, satu pertanyaan yang sering ditangani oleh seorang profesional pemasaran adalah 'bagaimana saya bisa membuat target audiens saya untuk membeli produk?'

Sebenarnya, penjualan produk apa pun tergantung pada banyak faktor, seperti harga produk, rangkaian produk, dan lainnya, yang dilakukan oleh para profesional pemasaran untuk menghasilkan penjualan. Tidak hanya ini, tetapi merek sering mencoba untuk melacak ROI (Return on Investment) dari setiap kegiatan yang ditargetkan untuk menghasilkan penjualan.

Aspek yang sering diabaikan dalam mempromosikan suatu produk adalah kemasannya, tetapi itu bisa menjadi faktor yang menentukan dalam hal menjual produk atau bahkan suatu layanan. Simak baik-baik penjelasan dari hasil lansiran laman Entrepreneur.com (25/1/2019):

Kemasan yang baik lebih berfungsi dari promosi

Kegiatan promosi dengan anggaran tinggi seperti iklan dan jenis promosi lainnya adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian konsumen potensial. Namun, seperti yang disebutkan di atas, kemasan yang baik dapat memperoleh penghasilan lebih besar dari promosi jenis apapun.

Menurut penelitian, diperlukan 7 detik bagi konsumen untuk menilai produk dari sampulnya, mungkin memilih produk tersebut dan kemudian membaca lebih lanjut untuk informasi untuk membandingkan sebelum membuat keputusan. Itulah mengapa, ketika menjual produk Anda ke konsumen yang berpengetahuan di era sekarang harus memiliki kemasan promosi yang dirancang dengan baik, yang terhubung dengan konsumen di tingkat pribadi.

Jangan abaikan desain pengepakan

Sebagai konsumen, bukankah sudah umum bahwa kita membeli produk dan menyimpannya di rumah kita sebagian besar dalam kemasan aslinya dalam waktu yang lama? Bahkan, hal itu berlangsung sampai produk itu habis atau berhenti dikonsumsi. Fakta itu mengartikan bahwa identitas dan kemasan merek Anda memiliki peluang untuk hidup lebih lama dari produk itu sendiri. Sama seperti produk Anda, kemasannya adalah sesuatu yang nyata dan pribadi.

Kemasan kreatif memunculkan keingintahuan

Berbelanja adalah proses rutin dalam kehidupan sebagian besar konsumen. Proses yang rutin dijalani tentu sudah mereka hafal tanpa perlu lagi pengigat. Artinya, coba berikan konsumen Anda sedikit kejutan melalui kemasan yang kreatif dan inovatif.

Konsumen akan lebih kepo pada kemasan yang berbentuk unik, dan banyak inovasi. Rasa ingin tahu mereka secara tidak langsung akan meningkat. Dengan ketertarikan yang bertambah, pembeli cenderung rela mengeluarkan kocek untuk memuaskan rasa keingintahuannya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: