Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Trik Dapatkan Ulasan Online Positif Bagi Bisnis Kecil

5 Trik Dapatkan Ulasan Online Positif Bagi Bisnis Kecil Kredit Foto: Unsplash/Brooke Lark
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahukah Anda bahwa bisnis kecil juga membutuhkan ulasan online dari pelanggan untuk di web site mereka? Namun, itu bukanlah perkara mudah. Pelanggan lebih senang memberikan ulasan kepada bisnis yang lebih besar. Lalu, bagaimana upaya bisnis kecil untuk mendapatkan ulasan itu?

Jika profil bisnis online Anda masih terlihat sepi, dengan hanya satu atau dua ulasan, lihat lima tips ini untuk mendapatkan lebih banyak ulasan online untuk bisnis kecil Anda:

1. Buat promosi email

Salah satu cara untuk mendorong lebih banyak ulasan online untuk bisnis kecil Anda adalah dengan membuat promosi melalui email.

Jika Anda sudah memiliki daftar email pelanggan yang aktif, itu merupakan langkah awal yang baik. Kemungkinan jika Anda mengirimi mereka email, memberikan promosi yang menarik, mereka tidak segan-segan untuk pergi ke bisnis Anda.

Baiknya, pengiriman email Anda lakukan tepat setelah pembelian konsumen, sehingga kesan positif masih melekat di mereka dan mereka akan memberikan Anda ulasan yang terbaik.

2. "Tanyakan" secara langsung

Dorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan online di berbagai tempat di sekitar lokasi bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan sticky notes untuk berbagai ulasan, kartu nama, atau sticker di sekitar meja toko bisnis Anda.

3. Membalas setiap ulasan online

Berdasarkan lansiran dari Entrepreneur.com (29/1/2019), pelanggan merasa senang apabila ulasan online mereka, baik maupun buruk, mendapat respon yang menenangkan dari pihak terkait. Jadi, penting rasanya untuk Anda membalas setiap ulasan online dengan tutur kata yang baik dan sopan.

4. Bagikan ulasan yang bersinar

Cara lainnya adalah dengan membagikan ulasan cemerlang yang sudah Anda terima. Ketika orang lain melihat bahwa orang-orang memberikan ulasan yang bagus untuk Anda, mereka akan cenderung melakukannya sendiri. Bahkan, menurut Psychology Today, orang melihat apa yang dilakukan orang lain untuk mempelajari apa yang benar. Itu bukti sosial dalam aksi.

Taktik ini tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan lebih banyak ulasan online untuk bisnis Anda, tetapi juga membantu untuk mengiklankan bisnis Anda dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

5. Lakukan yang terbaik untuk pelanggan

Anda dapat menggunakan semua tips dan trik, tetapi jika bisnis Anda memberikan layanan pelanggan yang buruk, Anda tidak akan pernah mendapatkan ulasan yang baik. Cara termudah untuk bisnis kecil, yakni melampaui pelanggan Anda.

Kebanyakan orang tidak meninggalkan ulasan untuk pengalaman yang biasa-biasa saja, tetapi orang-orang akan lebih cenderung untuk meninggalkan ulasan yang bagus untuk bisnis Anda jika Anda telah memberikan mereka pengalaman yang luar biasa.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: