Portal Berita Ekonomi Senin, 18 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:59 WIB. Apple - Apple persiapkan jajaran produk baru untuk 2019.
  • 12:43 WIB. Twitter - Ada 1,5 juta tweet seputar Debat Pilpres 2019 semalam.
  • 12:00 WIB. IHSG - Jeda siang, IHSG ditutup hijau 1,20% ke level 6.466,04.
  • 11:53 WIB. Suspensi - BEI suspensi saham lima emiten publik karena belum lunasi pokok dan denda ALF 2019. 
  • 11:27 WIB. Australia - Australia siap buka gerbang ekspor otomotif dari Indonesia.

Hore! Saat Ini AI Sudah dalam Jangkauan Pemasaran Usaha Kecil

Foto Berita Hore! Saat Ini AI Sudah dalam Jangkauan Pemasaran Usaha Kecil
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Anggaran yang terbatas kerap membuat usaha kecil tidak beruntung ketika ingin mulai memasarkan bisnis. Berkat kehaidran alat kecerdasan buatan (AI), ketidakberuntungan itu akan berubah. AI membuka peluang baru untuk penargetan dan pengoptimalan pemasaran.

Namun, untuk startup dan usaha kecil dari mana mereka memulainya?

Penghematan biaya

Persaingan tidak pernah lebih sengit bagi usaha kecil yang ingin tetap hidup. Amazon, misalnya, ingin memiliki segalanya, mulai dari pengiriman bahan makanan lokal hingga obat-obatan dan barang-barang rumah tangga. Usaha kecil dan menengah (SMB), yang tidak bekerja dengan anggaran miliaran dolar, dapat dengan cepat dimakan dan didorong keluar, bahkan mengalami kebangkrutan.

Dalam mempertahankan pelanggan, jelas usaha kecil akan kalah, oleh sebab itu AI akan membantu menyamakan kedudukan pemasaran. Melalui penerapan alat AI yang terjangkau, pemasar dapat mengatasi ketidakpastian ini dan mendapat manfaat dari rekomendasi untuk pencarian, iklan sosial dan seluler yang sudah dioptimalkan untuk memberikan hasil terbaik dan mengarahkan ke dalam iklan yang berkinerja baik. Tidak ada lagi membuang-buang uang untuk pemasaran.

Bagaimana cara kerjanya?

Big data dan kecerdasan data telah menjadi kata kunci selama bertahun-tahun. Sampai baru-baru ini, sulit bagi perusahaan mana pun yang tidak mempekerjakan ilmuwan data atau orang yang memahami tentang itu.

Solusi AI untuk pemasar memanfaatkan big data untuk mengaudit lalu lintas saat ini dan kinerja iklan untuk membuat rekomendasi real-time tentang iklan dan strategi yang paling berharga untuk berinvestasi.

Platform AI yang cerdas akan melakukan tes prediktif—jika jumlah anggaran X masuk dalam strategi Y, berdasarkan keberhasilan historis, kami akan menghasilkan sejumlah uang Z. Pembelajaran mesin yang bekerja di belakang layar memungkinkan sistem untuk secara bersamaan memperhitungkan setiap iklan yang ditayangkan dan hasil percakapan (atau ketiadaannya) untuk mempengaruhi keputusan di masa depan tentang di mana iklan harus ditempatkan, siapa yang harus mendapatkan iklan dan apa bentuk iklannya menghasilkan sebagian besar percakapan/prospek.

ROI potensial

Menerapkan teknologi AI ke dalam proses pemasaran memang menakutkan, tetapi pada titik tertentu, itu akan menjadi usaha yang tak terhindarkan. Perusahaan yang menunggu terlalu lama untuk merangkulnya akan mendapati diri mereka tertinggal. Potensi ROI dari AI terlalu besar untuk bertahan terlalu lama.

Terutama ketika alat-alat baru menjadi semakin mudah diakses, usaha kecil akan melihat beberapa manfaat terbesar. UKM akan menghemat uang dengan menghindari biaya yang sia-sia dari upaya pemasaran yang gagal seperti iklan berkinerja buruk, personalisasi yang malas, kesalahpahaman pemirsa dan siapa yang butuh iklan dan sejenisnya.

Mereka juga akan menghemat waktu, akhirnya menemukan strategi yang efisien dan hemat biaya untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan bergerak cepat untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Sampai saat ini, banyak perusahaan besar yang telah menerapkan AI dalam pemasarannya. Namun, karena harga yang sekarang tidak terlalu tinggi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dirasa juga dapat memanfaatkannya.

Tag: Artificial Intelligence, pemasaran, Bisnis Online, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Entrepreneur.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,780.63 3,741.87
British Pound GBP 1.00 18,315.27 18,130.41
China Yuan CNY 1.00 2,095.36 2,074.37
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,177.00 14,035.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,143.64 10,040.64
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.54 1,788.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,463.50 10,352.59
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,046.95 15,884.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.02 3,440.79
Yen Jepang JPY 100.00 12,826.38 12,696.76

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31