Portal Berita Ekonomi Senin, 19 Agustus 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:22 WIB. Argentina - Mata uang peso menjadi yang terburuk kinerjanya bulan ini.
  • 23:12 WIB. Hong Kong - Menteri perdagangan Hong Kong memperingatkan "badai ekonomi" yang mungkin muncul.
  • 22:59 WIB. China - E-commerce China menghentikan produk yang bisa dipakai demo ke Hong Kong.
  • 21:33 WIB. Hong Kong - Sekitar 10 ribu orang melakukan demo damai di tengah hujan.
  • 21:18 WIB. Startup - JK: Startup jangan hanya berfokus pada marketplace, tapi juga produksi.
  • 19:24 WIB. GBHN - JK: Ada kehawatiran kembali ke Orba, jika GBHN dihidupkan.
  • 18:04 WIB. Moscow - Rusia mengatakan tidak ada rencana memasang misil baru, kecuali AS melakukannya.
  • 17:44 WIB. Kabul - Bom bunuh diri di pesta pernikahan menewaskan 63 orang.
  • 17:33 WIB. Terorisme - Kapolri: Tersangka penyerangan di Mapolsek Wonokromo,  Surabaya, terpapar radikalisme.
  • 15:32 WIB. China - Lenovo bukukan profit sebesar USD162 juta di Q2
  • 15:24 WIB. Nuklir - Jepang siap bantu AS denuklirisasi di Korea Utara
  • 14:52 WIB. Denmark - Jyske Bank luncurkan kredit rumah 10 tahun dengan -0,5%

Hore! Saat Ini AI Sudah dalam Jangkauan Pemasaran Usaha Kecil

Hore! Saat Ini AI Sudah dalam Jangkauan Pemasaran Usaha Kecil - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Anggaran yang terbatas kerap membuat usaha kecil tidak beruntung ketika ingin mulai memasarkan bisnis. Berkat kehaidran alat kecerdasan buatan (AI), ketidakberuntungan itu akan berubah. AI membuka peluang baru untuk penargetan dan pengoptimalan pemasaran.

Namun, untuk startup dan usaha kecil dari mana mereka memulainya?

Penghematan biaya

Persaingan tidak pernah lebih sengit bagi usaha kecil yang ingin tetap hidup. Amazon, misalnya, ingin memiliki segalanya, mulai dari pengiriman bahan makanan lokal hingga obat-obatan dan barang-barang rumah tangga. Usaha kecil dan menengah (SMB), yang tidak bekerja dengan anggaran miliaran dolar, dapat dengan cepat dimakan dan didorong keluar, bahkan mengalami kebangkrutan.

Dalam mempertahankan pelanggan, jelas usaha kecil akan kalah, oleh sebab itu AI akan membantu menyamakan kedudukan pemasaran. Melalui penerapan alat AI yang terjangkau, pemasar dapat mengatasi ketidakpastian ini dan mendapat manfaat dari rekomendasi untuk pencarian, iklan sosial dan seluler yang sudah dioptimalkan untuk memberikan hasil terbaik dan mengarahkan ke dalam iklan yang berkinerja baik. Tidak ada lagi membuang-buang uang untuk pemasaran.

Bagaimana cara kerjanya?

Big data dan kecerdasan data telah menjadi kata kunci selama bertahun-tahun. Sampai baru-baru ini, sulit bagi perusahaan mana pun yang tidak mempekerjakan ilmuwan data atau orang yang memahami tentang itu.

Solusi AI untuk pemasar memanfaatkan big data untuk mengaudit lalu lintas saat ini dan kinerja iklan untuk membuat rekomendasi real-time tentang iklan dan strategi yang paling berharga untuk berinvestasi.

Platform AI yang cerdas akan melakukan tes prediktif—jika jumlah anggaran X masuk dalam strategi Y, berdasarkan keberhasilan historis, kami akan menghasilkan sejumlah uang Z. Pembelajaran mesin yang bekerja di belakang layar memungkinkan sistem untuk secara bersamaan memperhitungkan setiap iklan yang ditayangkan dan hasil percakapan (atau ketiadaannya) untuk mempengaruhi keputusan di masa depan tentang di mana iklan harus ditempatkan, siapa yang harus mendapatkan iklan dan apa bentuk iklannya menghasilkan sebagian besar percakapan/prospek.

ROI potensial

Menerapkan teknologi AI ke dalam proses pemasaran memang menakutkan, tetapi pada titik tertentu, itu akan menjadi usaha yang tak terhindarkan. Perusahaan yang menunggu terlalu lama untuk merangkulnya akan mendapati diri mereka tertinggal. Potensi ROI dari AI terlalu besar untuk bertahan terlalu lama.

Terutama ketika alat-alat baru menjadi semakin mudah diakses, usaha kecil akan melihat beberapa manfaat terbesar. UKM akan menghemat uang dengan menghindari biaya yang sia-sia dari upaya pemasaran yang gagal seperti iklan berkinerja buruk, personalisasi yang malas, kesalahpahaman pemirsa dan siapa yang butuh iklan dan sejenisnya.

Mereka juga akan menghemat waktu, akhirnya menemukan strategi yang efisien dan hemat biaya untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan bergerak cepat untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Sampai saat ini, banyak perusahaan besar yang telah menerapkan AI dalam pemasarannya. Namun, karena harga yang sekarang tidak terlalu tinggi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dirasa juga dapat memanfaatkannya.

Tag: Artificial Intelligence, pemasaran, Bisnis Online, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Entrepreneur.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,820.46 3,782.19
British Pound GBP 1.00 17,316.60 17,143.57
China Yuan CNY 1.00 2,037.92 2,017.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,329.00 14,187.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,717.93 9,618.79
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,827.35 1,809.22
Dolar Singapura SGD 1.00 10,319.77 10,216.03
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,903.76 15,740.48
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,423.08 3,385.92
Yen Jepang JPY 100.00 13,486.12 13,351.21

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6286.657 29.071 651
2 Agriculture 1385.364 -19.733 21
3 Mining 1611.610 6.842 49
4 Basic Industry and Chemicals 838.279 -1.826 72
5 Miscellanous Industry 1165.921 -4.171 49
6 Consumer Goods 2409.485 55.365 53
7 Cons., Property & Real Estate 501.571 9.118 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1206.906 0.985 74
9 Finance 1267.374 -1.714 91
10 Trade & Service 793.101 -1.849 162
No Code Prev Close Change %
1 NAGA 176 236 60 34.09
2 GLOB 432 540 108 25.00
3 POLL 3,870 4,820 950 24.55
4 ARTO 430 535 105 24.42
5 DAYA 290 360 70 24.14
6 BPFI 930 1,115 185 19.89
7 PUDP 370 438 68 18.38
8 SMMA 8,000 9,200 1,200 15.00
9 SFAN 900 1,035 135 15.00
10 ETWA 60 69 9 15.00
No Code Prev Close Change %
1 INPP 900 745 -155 -17.22
2 YPAS 384 346 -38 -9.90
3 MTPS 1,580 1,435 -145 -9.18
4 TPMA 284 258 -26 -9.15
5 KPIG 157 144 -13 -8.28
6 TIFA 176 162 -14 -7.95
7 RODA 256 236 -20 -7.81
8 PCAR 1,800 1,660 -140 -7.78
9 INKP 8,100 7,525 -575 -7.10
10 SMDM 142 132 -10 -7.04
No Code Prev Close Change %
1 KPIG 157 144 -13 -8.28
2 INKP 8,100 7,525 -575 -7.10
3 MNCN 1,315 1,305 -10 -0.76
4 FREN 166 171 5 3.01
5 ADRO 1,025 1,030 5 0.49
6 ERAA 2,130 2,000 -130 -6.10
7 BBRI 4,250 4,210 -40 -0.94
8 HMSP 2,850 3,020 170 5.96
9 UNTR 20,750 20,500 -250 -1.20
10 TARA 700 755 55 7.86