Portal Berita Ekonomi Senin, 18 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 18:50 WIB. Ikan - Dinas Kelautan Sangihe minta nelayan jaga mutu ikan.
  • 18:49 WIB. Sagu - Pemerintah perlu dorong pengembangan mesin rekayasa pengolahan sagu.
  • 18:48 WIB. Ekspor - Bupati Rejang Lebong mengatakan daerah itu berencana ekspor sayuran ke Malaysia.
  • 18:47 WIB. Ekspor - BPS: ekspor Sumbar sepanjang 2018 capai US$1,5 miliar.
  • 18:47 WIB. Energi - RUU energi terbarukan upaya atasi kekosongan regulasi.
  • 18:46 WIB. Ekspor - Jokowi lepas kontainer ekspor kopi ke-250.000 dari Tangerang.
  • 18:45 WIB. Industri - Pemprov Jabar arahkan industri ke wilayah timur.
  • 18:44 WIB. Debat - Debat Capres belum perlihatkan strategi jitu hadapi impor.
  • 18:44 WIB. Industri - Qatar Petroleum tanda tangani kesepakatan awal tingkatkan industri energi lokal.
  • 18:42 WIB. Perikanan - DPR: optimalisasi budi daya perikanan beri nilai tambah.
  • 18:41 WIB. Impor - Jokowi: impor beras sangat diperlukan.
  • 18:41 WIB. Otomotif - Industri kaca dalam negeri pasok 90% produk otomotif.
  • 18:39 WIB. Rendang - Payakumbuh ekspor rendang ke Arab Saudi.
  • 18:39 WIB. Parepare - Pemprov Sulsel kucurkan Rp75 miliar bantu pembangunan Parepare.
  • 18:38 WIB. APDESI - APDESI inginkan pelestarian alam dikelola bersama Pemerintah Desa.

5 Cara Sukses Ekspansi Bisnis Internasional

Foto Berita 5 Cara Sukses Ekspansi Bisnis Internasional
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Saat ini akses cepat ke internet telah membuka banyak peluang pasar internasional untuk bisnis dari semua ukuran. Teknologi memungkinkan perusahaan di seluruh penjuru berpikiran untuk mengembangkan bisnisnya secara internasional.

Namun, banyak bisnis gagal saat memasuki tahap ini karena mereka akhirnya memperlakukan geografi yang berbeda sebagai pasar terstandarisasi, yang mengabaikan realitas sosial, ekonomi, dan politik mereka yang sangat berbeda.

Ekspansi bisnis internasional adalah proses pembelajaran yang menuntut fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan ketangkasan. Pengalaman dan perkembangan baru perlu diambil dengan langkah cepat dan penuh percaya diri, untuk mencapai kesuksesan dalam skala apa pun.

Melansir dari Entreprenenur.com (30/1/2019), berikut adalah lima strategi utama yang dapat membantu bisnis sukses berkembang secara internasional:

Memperoleh Pengetahuan Pasar

Untuk berhasil dalam geografi baru, bisnis harus melakukan uji tuntas untuk mengembangkan wawasan pasar. Bagaimanapun, model satu ukuran untuk semua tidak berfungsi dengan baik untuk perusahaan global yang bercita-cita tinggi.

Memahami nuansa bahasa lokal, persyaratan dan preferensi pelanggan, perbedaan budaya, kerangka kerja peraturan, dan operasi industri dapat membantu Anda menyusun strategi terbaik untuk keberhasilan, pertumbuhan, dan skala bisnis jangka panjang di pasar baru.

Memetakan Ukuran Pasar, Segmentasi Produk dan Analisis Peluang

Setelah Anda memperoleh pengetahuan tentang pasar yang dipilih, langkah selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik untuk berhasil memecahkannya. Menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya di masa depan, dan menganalisis persaingan harus menjadi prioritas utama, karena wawasan ini dapat membantu Anda mengukur berapa banyak waktu dan sumber daya yang perlu Anda investasikan untuk mendorong nilai optimal.

Penting juga untuk mengidentifikasi dan memisahkan tantangan pasar yang ada, dan memikirkan bagaimana caranya mengubah itu menjadi peluang. Analisis mendalam semacam itu memungkinkan Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang sangat disesuaikan untuk menjangkau setiap demografi konsumen sasaran, sehingga memaksimalkan peluang pendapatan Anda.

Dampak Peraturan Resmi dan Hukum terhadap Bisnis

Tergantung pada industri Anda, Anda mungkin harus menghadapi tantangan peraturan dan hukum yang unik ketika berekspansi ke negara lain.

Semua ini tidak dapat diabaikan, karena bisnis Anda harus beroperasi dalam kerangka kerja peraturan dan hukum dari target pasar. Anda harus menangani aspek-aspek seperti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku, prosedur investasi dan bisnis, praktik organisasi perusahaan, penyelesaian sengketa, persyaratan merek dagang, undang-undang bea cukai, dan persyaratan peraturan dan masih banyak lagi.

Meskipun memenuhi semua keperluan ini sebelum secara resmi meluncurkan bisnis Anda di negara baru dapat menjadi proses yang kompleks, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda memahaminya.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mencari panduan hukum yang berpengalaman untuk praktik bisnis asing untuk mengidentifikasi ancaman dan risiko yang dapat bertindak sebagai penghalang bagi bisnis Anda.

Mengidentifikasi Mitra yang Tepat

Ketika berencana untuk memasuki negara baru, Anda mungkin perlu membuat tim terpisah untuk mengelola operasi regional dalam hal distribusi, logistik, penyelesaian sengketa, tata kelola, perpajakan, dan keuangan. Melakukannya dengan kecepatan dan skala kompetitif akan membutuhkan Anda untuk mengandalkan bisnis lokal dengan keahlian dalam fungsi-fungsi penting ini.

Anda mungkin juga perlu menjelajahi aliansi dan kemitraan lokal dengan bergabung bersama perusahaan lain, dengan ukuran dan kehadiran pasar yang sama, yang terletak di wilayah yang Anda masukkan.

Kemitraan semacam itu akan memungkinkan Anda untuk menguji sambil meminimalkan paparan risiko Anda, serta untuk mendapatkan akses ke keahlian lokal, jaringan bisnis, dan rantai pasokan yang ada, menjadikannya salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda di pasar yang lebih baru.

Membangun Strategi Go-to-market (GTM) yang Kokoh

Strategi go-to-market (GTM) dibuat untuk fokus secara khusus pada pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan akhir. Untuk membuat strategi GTM yang unggul, Anda harus terlebih dahulu menetapkan target pasar, diikuti oleh penelitian sekunder tentang ukuran pasar, potensi pertumbuhannya, dan dinamika internal.

Setelah target pasar diuraikan, Anda harus menganalisis pelanggan potensial dan berbagai persyaratan mereka untuk mengidentifikasi bagaimana organisasi Anda dapat melayani mereka dengan baik. Dengan demikian, strategi penentuan posisi yang kuat dapat dirancang untuk menyoroti USP bisnis Anda dan membangun merek kepada target Anda.

Tidak ada keraguan bahwa ekspansi internasional melibatkan banyak seluk-beluk dan risiko. Tetapi, perencanaan yang cermat, alokasi sumber daya yang dioptimalkan, dan penetapan harapan yang realistis dapat membantu memaksimalkan peluang Anda untuk mendirikan bisnis global yang sukses.

Tag: ekspansi bisnis, Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Kaleidico

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,780.63 3,741.87
British Pound GBP 1.00 18,315.27 18,130.41
China Yuan CNY 1.00 2,095.36 2,074.37
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,177.00 14,035.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,143.64 10,040.64
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.54 1,788.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,463.50 10,352.59
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,046.95 15,884.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.02 3,440.79
Yen Jepang JPY 100.00 12,826.38 12,696.76

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6497.815 108.730 627
2 Agriculture 1603.040 10.690 21
3 Mining 1866.565 32.272 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.209 10.651 71
5 Miscellanous Industry 1368.528 38.950 46
6 Consumer Goods 2658.479 53.843 51
7 Cons., Property & Real Estate 452.148 1.591 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1214.982 29.177 71
9 Finance 1235.748 18.977 91
10 Trade & Service 820.986 9.595 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,625 2,020 395 24.31
2 KONI 398 486 88 22.11
3 PUDP 338 406 68 20.12
4 KOIN 268 318 50 18.66
5 TRUS 300 340 40 13.33
6 RDTX 6,075 6,875 800 13.17
7 FREN 264 298 34 12.88
8 PSDN 220 246 26 11.82
9 YULE 196 218 22 11.22
10 SKBM 414 460 46 11.11
No Code Prev Close Change %
1 INCF 380 306 -74 -19.47
2 PANI 135 109 -26 -19.26
3 LMAS 69 58 -11 -15.94
4 ARTA 1,100 935 -165 -15.00
5 ALKA 408 350 -58 -14.22
6 LPLI 147 129 -18 -12.24
7 RODA 430 380 -50 -11.63
8 HDTX 125 111 -14 -11.20
9 ETWA 89 81 -8 -8.99
10 JMAS 900 820 -80 -8.89
No Code Prev Close Change %
1 FREN 264 298 34 12.88
2 EXCL 2,340 2,530 190 8.12
3 TLKM 3,790 3,900 110 2.90
4 TINS 1,425 1,520 95 6.67
5 JPFA 2,700 2,500 -200 -7.41
6 ANTM 950 995 45 4.74
7 MEDC 950 1,020 70 7.37
8 BMTR 420 434 14 3.33
9 WSKT 1,765 1,750 -15 -0.85
10 ASII 7,600 7,875 275 3.62