Portal Berita Ekonomi Selasa, 20 Agustus 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:23 WIB. Washington - Trump mengatakan perang dagang dengan China tidak akan menyebabkan resesi.
  • 23:09 WIB. Brexit - PM Johnson mengingatkan Jerman dan Prancis agar deal sebelum Brexit terjadi.
  • 22:58 WIB. Yogyakarta - KPK menangkap 4 orang dalam OTT, salah satunya jaksa.
  • 22:39 WIB. Huawei - AS memberi tambahan 90 hari bagi Huawei untuk membeli dari suplier AS.
  • 22:30 WIB. Kalkuta - Sekitar 12 ribu warga  menggelar aksi unjuk rasa mendukung Israel.
  • 19:18 WIB. China - Walmart diperkirakan akan tambah 100 gerai baru dalam 5 tahun ke depan di Guangdong
  • 19:13 WIB. Korsel - SK Telecom Co buka kebun binatang AR di Taman Olimpiade Seoul dan Yeouido dengan apps JUMP AR
  • 18:34 WIB. PTPP - Sepanjang semester I 2019, PT PP Tbk (PTPP)  meraup kontrak baru Rp14,8 triliun.
  • 17:50 WIB. Goola - Goola, startup besutan Gibran Rakabuming, himpun dana Rp71,2 miliar dari Alpha JWC Ventures.
  • 17:37 WIB. Sorong - Lapas kelas IIB Sorong terbakar Senin (19/8).
  • 17:33 WIB. Huawei - Huawei akan buka tiga pusat penelitian dan pengembangan (R&D) baru di Rusia.
  • 17:21 WIB. Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini minta maaf atas insiden para mahasiswa asal Papua.
  • 17:11 WIB. Beijing - China akan membuat Shenzhen "lebih baik" dari Hong Kong.

Tak Paham Sektor Kecantikan, Pengusaha Ini Sukses Bangun Brand Senilai $90 Juta

Tak Paham Sektor Kecantikan, Pengusaha Ini Sukses Bangun Brand Senilai $90 Juta - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Pada tahun 1999, Maria Hatzistefanis tidak tahu apa-apa tentang memulai bisnis, apalagi bisnis di sektor kecantikan seperti yang ia lakoni saat ini.

Hatzistefanis mendirikan Rodial, brand kecantikan senilai $90 juta berawal dari keinginan dan idenya membuat produk perawatan kulit yang membahas masalah konsumen tertentu. Rodial berbasis di London dengan produk yang dijual telah meluas ke 35 negara.

Berawal dari ide cemerlangnya itu, Hatzistefanis bertekad untuk mendirikan brand kecantikan sendiri. Dalam waktu satu tahun, ia tekun mencari tahu dan mempelajari tentang sektor kecantikan. Lebih lengkapnya, Redaksi Warta Ekonomi telah merangkup dari Entrepreneur.com mengenai kiat Hatzistefanis sampai berani terjun di dunia bisnis yang dulu sama sekali tidak diketahuinya:

1. Lakukan kontak

Sebagai konsumen yang bersemangat dan mantan penulis kecantikan, Hatzistefanis mampu menemukan celah di pasar.

"Saya ingin membangun rangkaian perawatan kulit yang menawarkan perawatan yang ditargetkan untuk berbagai masalah kulit, seperti, katakanlah, hiper-pigmentasi," katanya. Namun, dirinya merasa bingung harus memulainya dari mana.

Untuk mempelajari apa yang dia butuhkan, dia menghadiri pameran perdagangan industri kecantikan untuk mendidik dirinya sendiri di industri dan mengenal laboratorium, perancang, dan perusahaan pengemasan yang akhirnya dia bermitra untuk menjadikan perusahaannya nyata.

"Saya pergi mungkin ke lima atau enam pameran di seluruh Eropa dalam beberapa bulan," kata Hatzistefanis, “dari sana saya mendapat kartu nama, mengatur pertemuan, dan membuat kontak awal.”

2. Temukan pasangan pertama Anda

Setelah penelitian pameran dagangnya, Hatzistefanis bertemu dengan beberapa laboratorium yang berbasis di London untuk mencari mitra yang dapat membantu menafsirkan visinya dan menciptakan produk yang sebenarnya.

"Saya tahu apa yang saya inginkan dari hasil akhirnya, tetapi saya tidak memiliki latar belakang kimia," imbuhnya.

Beberapa lab terlalu besar untuk mengerjakan pekerjaan startup-nya, dan yang lain mencoba meyakinkannya untuk hanya membuat formula yang sudah ada sebelumnya. Hatzistefanis tidak setuju dengan itu.

"Sangat penting untuk menciptakan brand milik kita sendiri, yang berbeda. Jadi butuh banyak laboratorium untuk menjajakannya,” jelasnya.

Selang beberapa waktu, akhirnya, dia menemukan fasilitas produksi lokal yang memahami misinya, dan dia menghabiskan satu tahun untuk menyelesaikan formulasinya.

3. Beradaptasi

Hatzistefanis mulai mengerjakan branding Rodial segera setelah jajaran produknya dikuatkan.

"Saya mulai melakukan semua pekerjaan ini secara paralel," katanya, "sementara pengujian produk kami terjadi, saya mencari kemasan, meskipun sebagian besar perusahaan memiliki jumlah pesanan minimum yang besar, antara 5.000 dan 10.000pcs dan saya hanya menjalankan 500 pcs di awal."

Dia akhirnya harus berkompromi, menggunakan kemasan dan menyesuaikan desain label. Tetapi, bertekad untuk melangkah maju, dia memutuskan bahwa setiap kali dia menghasilkan produk baru, dia akan mengubah dan memperbarui kemasannya agar tetap dekat dengan visi aslinya.

4. Mulai menjual

Kembali pada tahun 1999, meluncurkan merek secara online bukanlah suatu pilihan saat itu.

"Saya mengirim email ke semua toko di London, menjelaskan produk," kata Hatzistefanis, "saya tidak mendapatkan banyak tanggapan, dan ada yang merespon dengan penolakan."

Namun, dia tetap bertahan, dan terus berjuang. Akhirnya, dalam tahun pertamanya, sebuah toko kecil di London berminat untuk menetapkan sejumlah ruang kecil untuk Rodial.

"Mereka memberi saya enam bulan untuk menjual semua produk kami, dan jika tidak, saya harus mengambilnya kembali dari mereka dan mengeluarkan pengembalian dana kepada toko," katanya, “jadi, kami harus menjualnya."

Sebagai pendiri solo tanpa staf, Hatzistefanis menerima semua tekanan penjualan sendirian.

"Saya menjalankan bisnis selama seminggu dan menghabiskan sepanjang hari di hari Sabtu dan Minggu untuk menjual produk," ungkapnya.

5. Lakukan perekrutan pertama Anda

Setelah berjalan sendirian, Hatzistefanis merasa membutuhkan partner kerja yang bisa membantunya menjalankan bisnis. Dirinya sadar bahwa ia bukanlah penjual yang baik, sehingga ia memutuskan untuk merekrut manajer penjualan dari Molton Brown (sebuah perusahaan perawatan pribadi kelas atas).

“Merekrut itu adalah keputusan terbaik bagi saya. Memiliki orang untuk mendorong penjualan dan mendatangkan uang adalah hal yang paling penting dalam bisnis," jelas Hatzistefanis.

Tag: Kisah Sukses, Entrepreneur, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Instagram/mrsrodial

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,805.79 3,767.53
British Pound GBP 1.00 17,341.48 17,167.55
China Yuan CNY 1.00 2,028.57 2,008.38
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,274.00 14,132.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,674.92 9,575.84
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,819.76 1,801.59
Dolar Singapura SGD 1.00 10,301.67 10,195.51
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,832.72 15,669.56
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,424.66 3,387.34
Yen Jepang JPY 100.00 13,429.30 13,293.20

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6296.715 10.058 651
2 Agriculture 1367.022 -18.342 21
3 Mining 1602.506 -9.104 49
4 Basic Industry and Chemicals 849.321 11.042 72
5 Miscellanous Industry 1152.482 -13.439 49
6 Consumer Goods 2407.438 -2.047 53
7 Cons., Property & Real Estate 504.676 3.105 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1216.912 10.006 74
9 Finance 1269.470 2.096 91
10 Trade & Service 790.421 -2.680 162
No Code Prev Close Change %
1 MCOR 129 174 45 34.88
2 FIRE 1,880 2,350 470 25.00
3 ARTO 535 665 130 24.30
4 BLUE 615 740 125 20.33
5 AGRS 260 312 52 20.00
6 TALF 350 410 60 17.14
7 BBMD 2,240 2,600 360 16.07
8 ATIC 770 860 90 11.69
9 ICON 98 108 10 10.20
10 ITIC 800 875 75 9.38
No Code Prev Close Change %
1 DAYA 360 304 -56 -15.56
2 YELO 179 152 -27 -15.08
3 SOSS 360 312 -48 -13.33
4 DKFT 296 262 -34 -11.49
5 PUDP 438 390 -48 -10.96
6 TFCO 715 640 -75 -10.49
7 CANI 210 188 -22 -10.48
8 GLOB 540 486 -54 -10.00
9 MDIA 155 140 -15 -9.68
10 OCAP 292 266 -26 -8.90
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 4,210 4,180 -30 -0.71
2 ERAA 2,000 1,930 -70 -3.50
3 ASII 6,500 6,425 -75 -1.15
4 MNCN 1,305 1,275 -30 -2.30
5 SWAT 125 129 4 3.20
6 HMSP 3,020 3,020 0 0.00
7 BTPS 3,170 3,350 180 5.68
8 TLKM 4,280 4,340 60 1.40
9 BBCA 29,800 30,075 275 0.92
10 ANTM 1,120 1,085 -35 -3.12