Portal Berita Ekonomi Selasa, 19 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:37 WIB. BRIS - BRI Syariah mengincar peningkatan penyaluran pembiayaan UMKM dengan menggandeng kaum milenial.
  • 21:22 WIB. Pelindo - Sub-Holding Peralatan Pelindo Incorporated kini terbentuk.
  • 22:36 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah membangun fasilitas HASANAH Spot di Pasar Modern Bintaro.
  • 22:36 WIB. PLN - PLN siap memasok kebutuhan listrik untuk mendukung pengembangan budidaya udang di dalam negeri.
  • 22:22 WIB. PHE - PHE melaksanakan penandatanganan KBH atas WK Maratua, Kaltim.
  • 22:22 WIB. WSKT - Waskita Karya berencana menerbitkan obligasi tahun ini.
  • 22:21 WIB. WSBP - Februari 2019, utang Waskita Beton Precast turun menjadi Rp4,7 triliun.
  • 22:21 WIB. Migas - Repsol membuka peluang untuk mengintegrasikan fasilitas yang ada di WK Sakakemang dan South Sakakemang.
  • 22:21 WIB. BNI - BNI meluncurkan fitur pengajuan KPR secara online yang ditujukan untuk kalangan milenial.
  • 22:20 WIB. BNI - BNI mengakui transaksi kartu kredit terdongkrak transaksi travel.
  • 22:20 WIB. PNM - PNM menargetkan laba bersih tahun ini tembus Rp126 miliar.
  • 22:17 WIB. Pertamina - Pertamina siap meladeni tantangan dari pendatang baru PT AKR Corporindo.
  • 21:46 WIB. Pertamina - Pertamina siap menyambut masuknya badan usaha ataupun swasta dalam bisnis avtur.
  • 18:50 WIB. Ikan - Dinas Kelautan Sangihe minta nelayan jaga mutu ikan.
  • 18:49 WIB. Sagu - Pemerintah perlu dorong pengembangan mesin rekayasa pengolahan sagu.

Tak Paham Sektor Kecantikan, Pengusaha Ini Sukses Bangun Brand Senilai $90 Juta

Foto Berita Tak Paham Sektor Kecantikan, Pengusaha Ini Sukses Bangun Brand Senilai $90 Juta
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pada tahun 1999, Maria Hatzistefanis tidak tahu apa-apa tentang memulai bisnis, apalagi bisnis di sektor kecantikan seperti yang ia lakoni saat ini.

Hatzistefanis mendirikan Rodial, brand kecantikan senilai $90 juta berawal dari keinginan dan idenya membuat produk perawatan kulit yang membahas masalah konsumen tertentu. Rodial berbasis di London dengan produk yang dijual telah meluas ke 35 negara.

Berawal dari ide cemerlangnya itu, Hatzistefanis bertekad untuk mendirikan brand kecantikan sendiri. Dalam waktu satu tahun, ia tekun mencari tahu dan mempelajari tentang sektor kecantikan. Lebih lengkapnya, Redaksi Warta Ekonomi telah merangkup dari Entrepreneur.com mengenai kiat Hatzistefanis sampai berani terjun di dunia bisnis yang dulu sama sekali tidak diketahuinya:

1. Lakukan kontak

Sebagai konsumen yang bersemangat dan mantan penulis kecantikan, Hatzistefanis mampu menemukan celah di pasar.

"Saya ingin membangun rangkaian perawatan kulit yang menawarkan perawatan yang ditargetkan untuk berbagai masalah kulit, seperti, katakanlah, hiper-pigmentasi," katanya. Namun, dirinya merasa bingung harus memulainya dari mana.

Untuk mempelajari apa yang dia butuhkan, dia menghadiri pameran perdagangan industri kecantikan untuk mendidik dirinya sendiri di industri dan mengenal laboratorium, perancang, dan perusahaan pengemasan yang akhirnya dia bermitra untuk menjadikan perusahaannya nyata.

"Saya pergi mungkin ke lima atau enam pameran di seluruh Eropa dalam beberapa bulan," kata Hatzistefanis, “dari sana saya mendapat kartu nama, mengatur pertemuan, dan membuat kontak awal.”

2. Temukan pasangan pertama Anda

Setelah penelitian pameran dagangnya, Hatzistefanis bertemu dengan beberapa laboratorium yang berbasis di London untuk mencari mitra yang dapat membantu menafsirkan visinya dan menciptakan produk yang sebenarnya.

"Saya tahu apa yang saya inginkan dari hasil akhirnya, tetapi saya tidak memiliki latar belakang kimia," imbuhnya.

Beberapa lab terlalu besar untuk mengerjakan pekerjaan startup-nya, dan yang lain mencoba meyakinkannya untuk hanya membuat formula yang sudah ada sebelumnya. Hatzistefanis tidak setuju dengan itu.

"Sangat penting untuk menciptakan brand milik kita sendiri, yang berbeda. Jadi butuh banyak laboratorium untuk menjajakannya,” jelasnya.

Selang beberapa waktu, akhirnya, dia menemukan fasilitas produksi lokal yang memahami misinya, dan dia menghabiskan satu tahun untuk menyelesaikan formulasinya.

3. Beradaptasi

Hatzistefanis mulai mengerjakan branding Rodial segera setelah jajaran produknya dikuatkan.

"Saya mulai melakukan semua pekerjaan ini secara paralel," katanya, "sementara pengujian produk kami terjadi, saya mencari kemasan, meskipun sebagian besar perusahaan memiliki jumlah pesanan minimum yang besar, antara 5.000 dan 10.000pcs dan saya hanya menjalankan 500 pcs di awal."

Dia akhirnya harus berkompromi, menggunakan kemasan dan menyesuaikan desain label. Tetapi, bertekad untuk melangkah maju, dia memutuskan bahwa setiap kali dia menghasilkan produk baru, dia akan mengubah dan memperbarui kemasannya agar tetap dekat dengan visi aslinya.

4. Mulai menjual

Kembali pada tahun 1999, meluncurkan merek secara online bukanlah suatu pilihan saat itu.

"Saya mengirim email ke semua toko di London, menjelaskan produk," kata Hatzistefanis, "saya tidak mendapatkan banyak tanggapan, dan ada yang merespon dengan penolakan."

Namun, dia tetap bertahan, dan terus berjuang. Akhirnya, dalam tahun pertamanya, sebuah toko kecil di London berminat untuk menetapkan sejumlah ruang kecil untuk Rodial.

"Mereka memberi saya enam bulan untuk menjual semua produk kami, dan jika tidak, saya harus mengambilnya kembali dari mereka dan mengeluarkan pengembalian dana kepada toko," katanya, “jadi, kami harus menjualnya."

Sebagai pendiri solo tanpa staf, Hatzistefanis menerima semua tekanan penjualan sendirian.

"Saya menjalankan bisnis selama seminggu dan menghabiskan sepanjang hari di hari Sabtu dan Minggu untuk menjual produk," ungkapnya.

5. Lakukan perekrutan pertama Anda

Setelah berjalan sendirian, Hatzistefanis merasa membutuhkan partner kerja yang bisa membantunya menjalankan bisnis. Dirinya sadar bahwa ia bukanlah penjual yang baik, sehingga ia memutuskan untuk merekrut manajer penjualan dari Molton Brown (sebuah perusahaan perawatan pribadi kelas atas).

“Merekrut itu adalah keputusan terbaik bagi saya. Memiliki orang untuk mendorong penjualan dan mendatangkan uang adalah hal yang paling penting dalam bisnis," jelas Hatzistefanis.

Tag: Kisah Sukses, Entrepreneur, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Instagram/mrsrodial

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,780.63 3,741.87
British Pound GBP 1.00 18,315.27 18,130.41
China Yuan CNY 1.00 2,095.36 2,074.37
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,177.00 14,035.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,143.64 10,040.64
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.54 1,788.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,463.50 10,352.59
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,046.95 15,884.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.02 3,440.79
Yen Jepang JPY 100.00 12,826.38 12,696.76

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6497.815 108.730 627
2 Agriculture 1603.040 10.690 21
3 Mining 1866.565 32.272 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.209 10.651 71
5 Miscellanous Industry 1368.528 38.950 46
6 Consumer Goods 2658.479 53.843 51
7 Cons., Property & Real Estate 452.148 1.591 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1214.982 29.177 71
9 Finance 1235.748 18.977 91
10 Trade & Service 820.986 9.595 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,625 2,020 395 24.31
2 KONI 398 486 88 22.11
3 PUDP 338 406 68 20.12
4 KOIN 268 318 50 18.66
5 TRUS 300 340 40 13.33
6 RDTX 6,075 6,875 800 13.17
7 FREN 264 298 34 12.88
8 PSDN 220 246 26 11.82
9 YULE 196 218 22 11.22
10 SKBM 414 460 46 11.11
No Code Prev Close Change %
1 INCF 380 306 -74 -19.47
2 PANI 135 109 -26 -19.26
3 LMAS 69 58 -11 -15.94
4 ARTA 1,100 935 -165 -15.00
5 ALKA 408 350 -58 -14.22
6 LPLI 147 129 -18 -12.24
7 RODA 430 380 -50 -11.63
8 HDTX 125 111 -14 -11.20
9 ETWA 89 81 -8 -8.99
10 JMAS 900 820 -80 -8.89
No Code Prev Close Change %
1 FREN 264 298 34 12.88
2 EXCL 2,340 2,530 190 8.12
3 TLKM 3,790 3,900 110 2.90
4 TINS 1,425 1,520 95 6.67
5 JPFA 2,700 2,500 -200 -7.41
6 ANTM 950 995 45 4.74
7 MEDC 950 1,020 70 7.37
8 BMTR 420 434 14 3.33
9 WSKT 1,765 1,750 -15 -0.85
10 ASII 7,600 7,875 275 3.62