Portal Berita Ekonomi Minggu, 22 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:56 WIB. China - Wearable device yang dikirim China naik 34,3% pada kuartal 2 atau 23,07 juta unit
  • 09:34 WIB. Serangan Aramco - PBB sambut baik rencana pemberontak Houthi akhiri semua serang ke Arab Saudi
  • 09:04 WIB. AS - Barron Hilton meninggal dalam usia 91 tahun di kediaman Los Angeles
  • 08:56 WIB. AS - Twitter menangguhkan ribuan akun yang memiliki hubungan dengan pemerintah di Timteng
  • 04:14 WIB. India - AS dan India akan bahas penurunan tarif pada beberapa produksi AS dan perlakuan khusus ekspor India ke AS
  • 04:01 WIB. Turki - Pengadilan Turki hukum penjara 14 orang karena terhubung dengan IS ekstrimis
  • 03:56 WIB. Irak - DK PBB perpanjang mandat tim untuk selidiki kejahatan IS di Irak
  • 03:45 WIB. Thailand - Pemerintah Thailand peringatkan semua provinsi perbatasan waspada karena demam babi ditemukan di negara tetangga

Kabarnya, Konsumen Online di Negara Ini Bakal Tembus $2 Triliun pada 2019

Kabarnya, Konsumen Online di Negara Ini Bakal Tembus $2 Triliun pada 2019 - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Setahun yang lalu, lebih dari 500 juta pembeli online di China menghabiskan $1 triliun untuk pembelian. Berkat pertumbuhan aplikasi seluler dan peningkatan jaringan logistik, yang telah membantu perusahaan e-commerce menjangkau pelanggan baru di kota-kota kecil, China dikabarkan sedang dalam perjalanan untuk mencapai tonggak $2 triliun tahun ini.

Menurut perusahaan riset pasar eMarketer (31/1/2019) mengenai perkiraan ritel dan e-commerce di seluruh dunia, China siap untuk menjadi pasar ritel top dunia pada akhir tahun ini, menggantikan AS. Penjualan ritel China tahun ini akan melampaui penjualan AS lebih dari $100 miliar.

Baca Juga: Berminat Bangun Mitra Bisnis dengan China? Ini 5 Kuncinya!

Laporan tersebut mendasar pada analisis data kuantitatif dan kualitatif dari perusahaan riset, agen pemerintah, perusahaan media, dan perusahaan publik, ditambah wawancara dengan para eksekutif di penerbit, pembeli iklan, dan agensi.

Tahun lalu, sebuah laporan oleh Forrester mengatakan bahwa perusahaan riset pasar lain, seperempat dari seluruh penjualan ritel di kawasan Asia-Pasifik akan muncul secara online pada tahun 2022, dipimpin oleh China dan Korea Selatan.

Kekuatan pembelanjaan

Total penjualan ritel di China akan tumbuh 7,5 persen hingga mencapai $5,636 triliun, sementara di AS penjualan ritel akan tumbuh 3,3 persen hingga mencapai $5,529 triliun. Tingkat pertumbuhan melambat untuk kedua negara tersebut tetapi tingkat pertumbuhan China akan melebihi Amerika Serikat hingga 2022.

"Dalam beberapa tahun terakhir, konsumen di China telah mengalami peningkatan pendapatan, melontarkan jutaan ke kelas menengah baru," kata Monica Peart, direktur senior di eMarketer, melansir dari Entrepreneur.com (31/1/2019), "hasilnya ditandai dengan peningkatan daya beli dan pengeluaran rata-rata per orang.”

Pertumbuhan ekonomi ritel

E-commerce adalah salah satu pendorong utama ekonomi ritel China, dengan penjualan tumbuh di atas 30 persen tahun ini mencapai $1,989 triliun. Ini menyiratkan bahwa 35,3 persen dari penjualan ritel di China terbuka di Internet dan itu merupakan tingkat tertinggi di dunia sampai sekarang. AS tertinggal jauh di belakang.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa menjelang akhir tahun ini China akan memiliki 55,8 persen dari semua penjualan ritel online secara global, dengan angka itu diperkirakan akan melampaui 63 persen pada tahun 2022. Sementara itu, pangsa pasar e-commerce global AS diperkirakan akan turun menjadi 15 persen pada tahun 2022.

Dengan begitu, memiliki pangsa pasar lebih dari 53 persen, Alibaba dikabarkan akan memimpin penjualan e-commerce di China. Peart mengatakan, saham raksasa yang didirikan Jack Ma itu telah terus menurun selama beberapa tahun terakhir karena meningkatnya pemain yang lebih kecil. Platform perdagangan sosial Pinduoduo, misalnya, telah mengalami pertumbuhan tiga digit sejak 2016, meskipun bagiannya tetap kecil.

"Pendatang baru dan pengecer multichannel terus mengambil bagian dari raksasa Alibaba dan JD.com," kata Peart, “para pemain dewasa mengarahkan pandangan mereka pada ekspansi internasional lebih lanjut. Pemain lokal yang lebih kecil menemukan ceruk mereka di pasar e-commerce China dengan mengintegrasikan WeChat dan menggunakan data online-ke-offline untuk menargetkan konsumen yang lebih baik.”

Tag: E-commerce, China (Tiongkok), Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Aly Song

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.96 3,736.24
British Pound GBP 1.00 17,748.95 17,572.01
China Yuan CNY 1.00 2,001.27 1,981.48
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,155.00 14,015.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,608.41 9,511.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.08 1,789.13
Dolar Singapura SGD 1.00 10,276.61 10,169.80
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,648.35 15,492.18
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.74 3,348.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,113.77 12,980.46

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6231.473 -12.997 654
2 Agriculture 1373.405 5.845 21
3 Mining 1665.437 14.211 49
4 Basic Industry and Chemicals 880.940 -6.688 73
5 Miscellanous Industry 1168.551 -4.934 49
6 Consumer Goods 2224.357 -12.734 53
7 Cons., Property & Real Estate 500.602 -0.838 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1228.506 14.718 75
9 Finance 1256.024 -5.058 90
10 Trade & Service 796.555 -5.213 163
No Code Prev Close Change %
1 AHAP 56 75 19 33.93
2 KPAL 560 680 120 21.43
3 TIRA 244 286 42 17.21
4 SAPX 870 1,000 130 14.94
5 POLI 1,165 1,335 170 14.59
6 SMMA 10,000 11,000 1,000 10.00
7 POWR 1,010 1,100 90 8.91
8 HOTL 155 168 13 8.39
9 ABMM 1,805 1,950 145 8.03
10 SSTM 454 490 36 7.93
No Code Prev Close Change %
1 HOME 113 84 -29 -25.66
2 KRAH 1,500 1,135 -365 -24.33
3 VINS 136 103 -33 -24.26
4 OKAS 258 216 -42 -16.28
5 APEX 550 462 -88 -16.00
6 JKON 500 428 -72 -14.40
7 ALKA 488 420 -68 -13.93
8 FILM 480 416 -64 -13.33
9 TRIM 170 150 -20 -11.76
10 GGRP 945 855 -90 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,270 1,250 -20 -1.57
2 HOME 113 84 -29 -25.66
3 MAMI 140 147 7 5.00
4 FREN 163 166 3 1.84
5 YELO 176 176 0 0.00
6 BBRI 4,220 4,160 -60 -1.42
7 IPTV 530 520 -10 -1.89
8 TLKM 4,210 4,290 80 1.90
9 KPAL 560 680 120 21.43
10 SWAT 118 120 2 1.69