Portal Berita Ekonomi Kamis, 17 Oktober 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:45 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka melemah 0,23% pada level 8.130
  • 21:43 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka melemah 0,15% pada level 2.991
  • 21:41 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka melemah 0,08% pada level 27.003
  • 20:16 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 58,75 USD/barel
  • 20:15 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 52,82 USD/barel
  • 20:14 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.488 USD/troy ounce
  • 20:13 WIB. Valas - Dollar melemah 0,19% terhadap Yen pada level 108,65 Yen/USD
  • 20:10 WIB. Valas - Dollar menguat 0,06% terhadap Poundsterling pada level 1,2781 USD/Pound
  • 20:08 WIB. Valas - Dollar melemah 0,08% terhadap Euro pada level 1,1042 USD/Euro
  • 16:13 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 0,61% pada level 26.664
  • 16:12 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,65% pada level 3.136
  • 16:11 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup negatif 0,41% pada level 2.978
  • 16:06 WIB. Valas - Yuan ditutup positif 0,30% terhadap USD pada level 7,1028 Yuan/USD
  • 16:01 WIB. Valas - Rupiah ditutup positif 0,05% terhadap USD pada level Rp. 14.173/USD
  • 14:19 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 1,20% pada level 22.472

Ah, Influencer untuk Bisnis Restoran Enggak Melulu Menjanjikan, Ini Buktinya!

Ah, Influencer untuk Bisnis Restoran Enggak Melulu Menjanjikan, Ini Buktinya! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Akhir-akhir ini, konsep pemasaran influencer restoran telah muncul sebagai cara yang lebih mudah untuk menarik dan terlibat dengan pelanggan. Jika otoritas tepercaya mengatakan hal-hal baik tentang restoran Anda, yang didasarkan pada pengalaman mereka sendiri, maka pengikut mereka lebih cenderung mempercayainya.

Baca Juga: 5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer

Ini adalah alasan utama mengapa restoran mulai aktif terlibat dengan influencer mikro seperti blogger makanan dan pengulas restoran. Jenis pemasaran seperti ini masih relatif murah jika dibandingkan dengan sistem pemasaran yang lain, namun jika pilihan influencer Anda tepat.

Sementara manfaat dari berkolaborasi dengan blogger makanan dan pengulas sebagai strategi pemasaran konkret tidak dapat diabaikan, juga tidak dapat dipungkiri bahwa praktik ini sedang banyak disalahgunakan.

Manfaat Pemasaran Influencer Mikro

Bentuk tradisional dari pemasaran influencer adalah melibatkan influencer industri terkemuka atau selebritas sebagai duta merek dan menjalankan iklan siaran di televisi dan radio. Untuk satu restoran yang berfokus pada audiens lokal, pemasaran influencer mikro adalah cara yang harus dilakukan.

Baca Juga: Peran Penting Mikro Influencer dalam Pemasaran Produk

Influencer mikro ini memiliki ceruk pengikut yang biasanya khusus untuk wilayah tertentu. Misalnya, blogger makanan Delhi akan memiliki mayoritas pengikut mereka dari Delhi. Jika Anda berkolaborasi dengan influencer restoran seperti itu, mereka akan berbicara tentang restoran Anda, memposting gambar, video, dan memasang ulasan di media sosial dan situs ulasan restoran, dan itu akan membantu Anda meningkatkan visibilitas, dan mendapatkan kredibilitas untuk restoran dan merek Anda.

Sisi Gelap

Meskipun pemasaran influencer restoran tampaknya merupakan cara yang tepat, masih ada beberapa hal yang perlu dijaga sebelum terlibat di dalamnya. Jika tidak dilakukan dengan benar, kolaborasi aktif dengan blogger makanan dan pengulas restoran berpotensi dapat membahayakan bisnis Anda.

Masalah terbesar dengan terlalu banyak terlibat dalam pemasaran influencer restoran adalah hal itu mengarah pada dampak langsung pada bisnis Anda.

Baca Juga: Digital Influencer Miliki Pengaruh Kuat terhadap Bisnis, Coba Terapkan Metode Ini

Ulasan yang meningkat dapat mengakibatkan peningkatan ekspektasi yang tidak masuk akal di antara calon pelanggan Anda. Setelah Anda berkolaborasi dengan influencer, dan Anda menjadi terlihat oleh berbagai pelanggan, dan ketika mereka melihat hal-hal baik yang ditulis tentang restoran Anda di seluruh media sosial, Anda secara otomatis meningkatkan harapan sebagian besar dari mereka.

Terlepas dari ini, Anda juga perlu mengambil langkah mundur dan mempertimbangkan apakah Anda benar-benar siap untuk memenuhi pemasaran influencer bisnis restoran yang tiba-tiba akan menghasilkan.

Lantas, Solusinya?

Meminta ulasan yang tulus dari pelanggan dan kemudian mempromosikannya untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas merek restoran sebagai alternatif dari keseluruhan konsep pemasaran influencer bisa menjadi salah satu solusi. Namun, influencer masih dan akan terus mendominasi kancah pemasaran restoran.

Baca Juga: Konsumen Makin Cerdas, Influencer Marketing Bisa Jadi Pilihan Tepat Promosi Merek Anda

Dengan demikian, tanggung jawab sosial dari restoran yang terlibat dalam pemasaran influencer tersebut untuk menjaga sistem tetap bersih dan tanpa insentif berbayar. Mengundang blogger makanan dan mendorong mereka untuk menulis tentang pengalaman mereka adalah satu hal yang lebih baik daripada sekadar membayar mereka dengan imbalan ulasan positif.

Baca Juga

Tag: Influencer, Restoran, Bisnis Makanan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Eaters

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,801.71 3,763.08
British Pound GBP 1.00 18,180.29 17,996.58
China Yuan CNY 1.00 2,009.72 1,989.64
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,257.93 14,116.07
Dolar Australia AUD 1.00 9,604.14 9,505.76
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,817.73 1,799.53
Dolar Singapura SGD 1.00 10,394.35 10,289.43
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,722.22 15,564.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,402.04 3,365.78
Yen Jepang JPY 100.00 13,120.39 12,988.65

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6169.592 11.426 658
2 Agriculture 1338.501 -6.170 20
3 Mining 1597.382 -11.011 48
4 Basic Industry and Chemicals 890.797 2.829 74
5 Miscellanous Industry 1143.334 -2.361 50
6 Consumer Goods 2176.766 2.655 54
7 Cons., Property & Real Estate 504.293 2.836 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1207.767 -5.181 75
9 Finance 1245.416 7.684 90
10 Trade & Service 801.521 -0.469 165
No Code Prev Close Change %
1 SLIS 785 980 195 24.84
2 YPAS 420 500 80 19.05
3 PURE 535 625 90 16.82
4 POOL 1,735 2,000 265 15.27
5 BBLD 434 496 62 14.29
6 CCSI 282 318 36 12.77
7 CMNP 1,930 2,130 200 10.36
8 DEAL 1,635 1,790 155 9.48
9 FILM 238 260 22 9.24
10 IMAS 1,455 1,580 125 8.59
No Code Prev Close Change %
1 KRAH 1,495 1,125 -370 -24.75
2 SSTM 530 402 -128 -24.15
3 PBSA 360 306 -54 -15.00
4 FREN 180 159 -21 -11.67
5 BLUE 545 490 -55 -10.09
6 KONI 720 655 -65 -9.03
7 IRRA 560 510 -50 -8.93
8 MREI 4,550 4,190 -360 -7.91
9 HRME 1,080 995 -85 -7.87
10 TIRA 250 232 -18 -7.20
No Code Prev Close Change %
1 FREN 180 159 -21 -11.67
2 ESTI 98 100 2 2.04
3 TCPI 6,400 6,175 -225 -3.52
4 MAMI 216 220 4 1.85
5 PURE 535 625 90 16.82
6 BHIT 72 74 2 2.78
7 KPIG 138 139 1 0.72
8 INKP 7,000 6,975 -25 -0.36
9 MNCN 1,310 1,320 10 0.76
10 IPTV 515 510 -5 -0.97