Portal Berita Ekonomi Selasa, 25 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:08 WIB. Instagram - Instagram kembali uji fitur Stop Motion di Stories.
  • 22:58 WIB. Xiaomi - Xiaomi luncurkan Mi CC, brand smartphone baru yang fokus di fotografi.
  • 22:46 WIB. Huawei - Bos Huawei janji Mate X meluncur September dan pakai Android.
  • 22:30 WIB. Facebook - Facebook kenalkan Laboratorium Inovatif atau LInov, tempat kopdar komunitas dan developer Indonesia.
  • 22:19 WIB. UrbanAce - UrbanAce buka pendanaan Seri A untuk ekspansi ke berbagai kota di Indonesia.
  • 22:11 WIB. Grab - Grab tegaskan denda pembatalan order diberikan kepada pengemudi.
  • 22:06 WIB. Xiaomi - Xiaomi siapkan ponsel kamera 64 megapixel.
  • 21:55 WIB. Microsoft - MIcrosoft akan luncurkan perangkat lipat dengan Android OS.
  • 21:06 WIB. AS - AS akan wajibkan peralatan 5G dibuat di luar China.
  • 20:19 WIB. Samsung - Samsung sedang siapkan Galaxy A10s.
  • 20:00 WIB. PayPal - PayPal kini bisa dipakai dengan Google Pay.
  • 19:17 WIB. FedEx - FedEx minta maaf tolak kirim paket Huawei.
  • 19:41 WIB. Kabul - AS dan Taliban membicarakan jadwal mundur pasukan AS dari Afganistan.
  • 19:01 WIB. Hong Kong - Lebih dari 100 orang menghalangi gedung pemerintah, tetap protes RUU ekstradisi.
  • 18:47 WIB. Cyber attack - Iran mengatakan bahwa serangan siber AS terhadap sistem militer Iran gagal.

Perspektif Humas: Apakah Peran Media Masih Dibutuhkan di Era 4.0?

Perspektif Humas: Apakah Peran Media Masih Dibutuhkan di Era 4.0? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Frankfurt, Juni 1963. Presiden Amerika Serikat John F Kennedy (JFK) dalam pidatonya berkata, "change is the law of life. And those who look only to the past or present are certain to miss the future."

JFK sudah menerawang jauh ke depan mengantisipasi cepatnya perubahan. Era Industri 4.0 dan transformasi digital telah mengubah tataran bisnis. Kita telah merasakan inovasi digital, teknologi baru, perubahan budaya, dan bisnis model yang saling berkompetisi. Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Uber, Airbnb, Netflix, Amazon mengubah industri secara digital. Selebihnya adalah kisah sejarah sukses bisnis!

Era 4.0 pun mengubah dunia media dan kehumasan. Jika dulu media menjadi pilar keempat demokrasi, kini, media sosial mengubah arus informasi menjadi satu pilar lain dalam kebebasan berpendapat.

Secara esensi, di era 4.0, kita semua bisa menjadi "jurnalis". Melempar isu via akun media sosial, berharap ada yang like dan share sehingga menjadi viral di antara netizen.

Buktinya, ada 6.000 tweet per detik yang ditulis orang. YouTube mencatat ada satu miliar video views per harinya. Ada empat juta foto per jam yang diunggah di Instagram. Facebook menyebutkan setidaknya ada tiga miliar likes & comment yang mereka dapatkan setiap harinya dan 15 juta foto yang di-upload per jam. Arus informasi mengalir sangat deras. Sekarang, publik adalah media! Dan kita adalah jurnalis.

Riset Visa bertajuk Consumer Payment Attitudes Study menyebutkan, orang Indonesia menghabiskan 6,4 jam sehari di smartphone atau 25%-an dalam keseharian mereka. Sekitar tiga jam hanya untuk urusan media sosial. Bisa diartikan, masyarakat kita  lebih sibuk dengan akun media sosial ketimbang menaruh perhatian pada media mainstream yang menawarkan trust dan kredibilitas.

Tidak salah jika saat ini sebagaimana Richard Edelman, CEO Edelman, menjelaskan bahwa every organization is a media organization! Era digital membuat semua bisa memiliki media sendiri, termasuk perusahaan. Cukup membuat website, mempekerjakan 3-4 orang, membuat konten, dan mempublikasikannya. Bahkan, search engines dan social network bisa menjangkau audiens secara langsung. Sesuai target readers-nya.

Namun, kondisi ini sontak berubah ketika humas harus berurusan dengan media konvensional. Prinsip humas seperti Jean-Louis Gassée, Founder BeOS mengatakan bahwa: "advertising is saying you’re good. PR is getting someone else to say you’re good" adalah mantra! Artinya, humas perlu media yang kredibel untuk memberikan ulasan positif tentang organisasi dan brand mereka.

Sementara data Dewan Pers menunjukkan ada 47.000 media di Indonesia saat ini.  Itu adalah jumlah media terbanyak di dunia! Humas harus memilah dan memilih. Tentunya, tidak semua media memiliki profil pembaca yang sesuai dengan target perusahaan.

Pertanyannya, apakah peran media masih dibutuhkan di Era 4.0? Jawabannya tentu saja. Humas tetap membutuhkan trust dan kredibilitas media. Sekalipun di era digital mampu membuat konten sendiri, humas tetap membutuhkan endorsement pihak ketiga, yaitu media. Dengan catatan, tentunya media yang menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Bukan media yang asyik menyebarkan fake news atau hoax.

Harus kita camkan, banyaknya klik, views, dan endorsement dari influencers bukan berarti berita kita dipercayai (trust). Sama saja dengan viralnya kampanye marketing di media sosial yang tidak otomatis berdampak pada revenue. Begitu pula dengan dunia humas. Tidak ada gunanya membanjiri jutaan konten, mendapatkan jutaan klik, tapi tidak bisa mengubah imej dan persepsi publik terhadap reputasi perusahaan.

Artinya, humas masih butuh peran kredibel media. Ketika sebuah media yang dipercaya mau melakukan follow-up dari konten positif yang Anda tulis dan publish di media yang bersangkutan, maka trust pun diraih.

Meskipun transformasi digital telah mengubah dunia dan membuka kesempatan siapa saja menjadi media, bukan berarti love-hate relationship praktisi humas dan media berakhir. Kedua industri ini harus beradaptasi! Hubungan profesional humas dan media di era 4.0 haruslah berbasis mutual respect dan common goals. Artinya, mereka harus saling melengkapi, bersinergi, dan berkolaborasi.

Perspektif saya, tidaklah tepat jika banyak pihak yang berspekulasi bisnis media telah memasuki masa senja. Sebab, humas dan masyarakat Indonesia tetap membutuhkan peran strategis media yang menjunjung tinggi dua hal yaitu trust dan integritas.  Selama ini bisa dipertahankan dan dijaga, niscaya peran media sebagai pilar keempat demokrasi tidak akan tergantikan oleh siapa pun.

Selamat Hari Pers Nasional bagi seluruh media di Indonesia!

Tag: Hari Pers Nasional (HPN), Industri 4.0, Humas 4.0, Agung Laksamana

Penulis: Agung Laksamana, Ketua Umum BPP Perhumas Indonesia

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Perhumas

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,796.17 3,758.20
British Pound GBP 1.00 18,146.63 17,964.21
China Yuan CNY 1.00 2,078.16 2,057.43
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,236.00 14,094.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,896.87 9,796.74
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,821.60 1,803.32
Dolar Singapura SGD 1.00 10,510.93 10,402.24
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,201.99 16,034.74
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,436.16 3,399.42
Yen Jepang JPY 100.00 13,261.29 13,125.35

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6288.465 -26.971 636
2 Agriculture 1450.595 31.302 21
3 Mining 1645.200 2.303 46
4 Basic Industry and Chemicals 764.357 -8.064 71
5 Miscellanous Industry 1275.075 -11.372 47
6 Consumer Goods 2401.342 -18.022 52
7 Cons., Property & Real Estate 488.300 -4.324 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1184.857 -9.303 74
9 Finance 1289.866 -1.565 90
10 Trade & Service 799.128 -0.102 159
No Code Prev Close Change %
1 POSA 288 360 72 25.00
2 SFAN 494 615 121 24.49
3 YPAS 382 468 86 22.51
4 ERAA 1,355 1,615 260 19.19
5 SMAR 4,600 5,450 850 18.48
6 WIIM 216 252 36 16.67
7 PTSN 1,235 1,425 190 15.38
8 KIOS 555 635 80 14.41
9 NICK 236 270 34 14.41
10 PGLI 430 476 46 10.70
No Code Prev Close Change %
1 YULE 204 181 -23 -11.27
2 TARA 825 740 -85 -10.30
3 TRIM 168 152 -16 -9.52
4 RDTX 8,800 8,000 -800 -9.09
5 BIKA 222 204 -18 -8.11
6 FIRE 4,940 4,590 -350 -7.09
7 BSSR 1,900 1,770 -130 -6.84
8 SKBM 466 436 -30 -6.44
9 AMIN 380 356 -24 -6.32
10 MMLP 400 376 -24 -6.00
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,355 1,615 260 19.19
2 MNCN 995 1,000 5 0.50
3 TLKM 4,040 3,980 -60 -1.49
4 INKP 9,975 9,450 -525 -5.26
5 APLN 246 260 14 5.69
6 BBRI 4,360 4,310 -50 -1.15
7 MAMI 101 100 -1 -0.99
8 HMSP 3,250 3,200 -50 -1.54
9 BTPS 3,020 3,140 120 3.97
10 SWAT 119 120 1 0.84