Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ritel Masih Bisa Kok Bersaing dengan E-Commerce, Berikut Strateginya

Ritel Masih Bisa Kok Bersaing dengan E-Commerce, Berikut Strateginya Kredit Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika pengalaman menjadi pendorong bagi pergeseran preferensi pembelanja, Melissa Ries, General Manager Tibco untuk Asia Pasifik dan Jepang, menyatakan bahwa toko fisik akan selalu dibutuhkan. Namun, untuk maju dari gelombang digital, toko ritel tradisional harus menggunakan teknologi dan inovasi digital agar dapat menciptakan produk dan layanan baru, memahami lebih banyak tentang pengalaman pelanggan, dan membangun kembali bisnis mereka.

Menurut Melissa, untuk benar-benar bersaing dengan mereka yang hanya bermain secara online, seperti Amazon, Alibaba, dan Lazada, toko ritel fisik harus berpikir lebih jauh dalam menghadirkan bentuk daring dan fisik. Mereka harus dapat menyediakan toko interaktif yang mengintegrasikan sifat-sifat dari keduanya, menggabungkan fisik dan digital untuk menawarkan pengalaman berbelanja yang baru.

Frost & Sullivan memandang model ritel yang berubah ini berkembang dari satu saluran interaksi (di dalam toko atau daring), ke omni-channel (berinteraksi di berbagai saluran), dan sangat penting dalam beradaptasi dengan lanskap konsumen yang terus berubah.

Baca Juga: 4 Faktor Ini Penyumbang E-Commerce Indonesia Tumbuh Cepat

"Toko interaktif yang sukses harus menunjukkan ia memahami pelanggan melalui beberapa titik sentuh. Jejak daring, program loyalitas, metode pembayaran pilihan, dan banyak lagi. Hal ini harus meniru pengalaman 'online' di toko, seperti info produk langsung, opsi ukuran, rekomendasi serupa, pengecekan stok, dan pengiriman langsung ke depan pintu konsumen," ujar Melissa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/2/2019).

Menurut Melissa, hampir tidak mungkin bagi perusahaan ritel mana pun untuk bertahan atau tumbuh tanpa memiliki kehadiran digital atau pemasaran digital dalam strategi bisnis mereka. Keberhasilan Amazon di dunia e-commerce berasal dari pemahaman tentang cara orang berbelanja, dan adanya gesekan di mana kegiatan berbelanja menjadi sulit.

Untuk bersaing secara efektif dan tetap relevan saat ini, toko ritel fisik dinilai harus memiliki kemauan total untuk bereksperimen dan berkomitmen pada strategi omni-channel, serta terlibat dengan konsumen untuk melihat apa yang berhasil dalam kelancaran perjalanan pengalaman berbelanja konsumen itu sendiri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: