7 Miliarder "Kelas Kakap" Ini Hemat Banget Kalau Belanja, Ngirit?

7 Miliarder "Kelas Kakap" Ini Hemat Banget Kalau Belanja, Ngirit? Kredit Foto: Instagram/keira_knightley_

Punya banyak uang bukan jadi ajang untuk berfoya-foya bagi mereka. Meskipun hartanya enggak terkira, miliarder kelas dunia ini malah mengaku jarang belanja barang mahal.

Baca Juga: 10 Selebriti Paling Tajir di Dunia, Hartanya Bikin 'Geleng-Geleng'

Tetap hidup sederhana itulah motto ketuju miliarder ini. Lantas, kenapa kita yang enggak sekaya mereka, harus malu pakai barang murah? Yuk simak ulasannya supaya tahu kisahnya:

1. John D. MacArthur

“Kalau saya bisa mendapatkan berlian berkualitas di tempat pegadaian, ngapain saya harus beli yang mahal seperti yang dijual di toko,” pengusaha kesohor asal Amerika Serikat itu pernah berkata demikian.

Baca Juga: Ternyata Dia Artis Pertama yang Terjun ke Dunia Startup, Simak Deh Kisahnya

MacArthur adalah pria yang sukses di dunia finansial dan pembeli Bankers Life and Casualty Company di tahun 1935. Dirinya wafat pada tahun 1978 silam, namun namanya masih dikenal dunia. Pasalnya, total kekayaannya di era Perang Dunia II sudah mencapai US$ 1 miliar.

Dengan harta yang sedemikian banyaknya, ia sama sekali enggak malu membeli barang murah. Kehidupannya pun sederhana. Dirinya enggak pernah membeli kapal pesiar dan mobil mewah dan setiap tahunnya, MacArthur hanya menganggarkan dana sebesar US$ 25 ribu saja untuk hidup.

2. Rose F. Kennedy

Perempuan ini merupakan Ibunda dari mendiang mantan Presiden John F Kennedy, yang hartanya enggak usah diragukan lagi deh. Rose ini dikategorikan sebagai orang kaya yang gaya hidupnya hemat.

Baca Juga: 5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto

Saking hematnya, ia sampai-sampai perhitungan banget kalau mau membeli pakaian. Pasalnya, saat muda dia punya kebiasaan menukar pakaian lamanya dengan pakaian temannya yang memiliki postur tubuh yang sama dengannya. Alhasil, Rose bisa dapat baju baru di lemari pakaiannya tanpa harus belanja baju baru di pusat perbelanjaan.

3. Zong Qinghou

Sebelum tajir seperti sekarang, Qinghou hanyalah seorang penjaga toko yang hidup dengan upah Rp100 ribuan sehari. Bahkan, dia sama sekali enggak pernah mengeluarkan uang lebih dari Rp50 ribu untuk membeli sepatu dan pakaian.

Baca Juga: Pemilik Usaha Kecil: Coba Terapkan 5 Aturan Keuangan Ini Biar 'Tajir Melintir'

Saat ini, namanya tercatat sebagai orang terkaya ke 18 di China versi Forbes. Dia adalah pemilik perusahaan minuman raksasa, Wahaha Group dengan total kekayaan US$8,4 miliar atau Rp117 triliun.

Meskipun sudah tajir, kebiasaannya membeli sepatu dan pakaian murah tetap enggak hilang. Ia bahkan pernah mengatakan, “enggak akan ada orang yang tahu berapa harga pakaian yang saya pakai, apakah itu US$160 atau US$16. Makanya saya enggak pernah belanja baju mahal.”

4. Ingvar Kamprad

Yang keempat ada pendiri IKEA, Ingvar Kampard. Penampilan ria asal Swedia ini mungkin enggak kelihatan kayak orang tajir pada umumnya. Pasalnya, ia tinggal di rumah kecil, dan sering mengunjungi pasar swalayan setempat di momen tertentu untuk berburu diskon.

Baca Juga: Pendiri IKEA Ini Ternyata Dulu Hanya Seorang Penjual Korek Api, Simak Kisahnya

Padahal, hartanya banyak banget, tetapi kehidupannya enggak foya-foya dan tetap sederhana.

5. Keira Knightley

Meskipun sering tampil sebagai salah satu selebriti yang sukses di dunia perfilman, perempuan yang membintangi film “Pirate of Carribean” ini justru memilih hidup sederhana.

Istri dari James Righton ini dikabarkan mengantongi kekayaan US$50 juta atau Rp679 miliar. Enggak seperti perempuan lainnya yang gemar menghabiskan banyak pundi uang untuk berbelanja, miliarder sekelas dirinya hanya membatasi maksimal US$50 ribu atau Rp679 juta saja untuk berbelanja dalam setahun.

6. Mark Zuckerberg

Kalian semua pasti sudah tahu deh, pendiri Facebook ini adalah salah satu orang terkaya di dunia yang punya kekayaan Rp1.006 miliar. Tapi, penampilannya tetap sederhana kan? Buktinya, ia senang banget pakai t-shirt di mana pun.

Baca Juga: Cihuy! Bersihkan Nama Facebook dari Skandal, Zuckerberg Keluarkan Kebijakan Ini

Zuck memang mengoleksi t-shirt abu-abu keluaran Brunello Cucinelli yang harganya US$300. Bayangkan saja dia punya t-shirt yang sama dalam jumlah yang banyak. Buat kita mungkin mahal, tapi buat Zuck tentu saja murah. Alasannya, ia enggak sempat tuh buat memikirkan koleksi pakaian mahal.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini