Portal Berita Ekonomi Rabu, 26 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:28 WIB. Rokok - San Francisco melarang rokok elektrik (e-cigarettes).
  • 08:17 WIB. ADHI - Adhi Karya mengantongi dana segar dari penerbitan obligasi senilai Rp1,02 triliun.
  • 07:44 WIB. Perang Dagang - Micron Technology, pembuat memory chips asal AS, masih nekat mengirim barang ke Huawei.
  • 07:33 WIB. Gold - Emas naik 10% sepanjang Juni, melewati US$14.000 sejak Agustus 2013.
  • 07:24 WIB. Minyak - U.S. crude futures turun 7 sen menjadi  US$57.83 per barel.
  • 07:21 WIB. Minyak - Benchmark Brent crude futures naik 19 sen  menjadi US$65.05 per barel.
  • 06:41 WIB. PPRO - PT PP Properti masih berfokus pada proyek TOD di dekat stasiun Juanda.
  • 06:38 WIB. Energi - Adaro Power memulai pilot project PLTS di wilayah Papua.
  • 06:12 WIB. BUMN - Menteri Rini menyebutkan BUMN ekspansi ke Laos.
  • 22:58 WIB. Perang Dagang - India menawarkan diri jadi sentra industri pengganti China.
  • 22:02 WIB. China - China Mobile anggarkan US$4 miliar untuk modal pengembangan jaringan 5G.
  • 21:28 WIB. Grab - Grab investasi ke startup Inggris, Splyt.

Jangan Tentukan Produk Dulu! Temukan Ini Sebelum Dirikan Startup

Jangan Tentukan Produk Dulu! Temukan Ini Sebelum Dirikan Startup - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Setiap pelancong yang memulai perjalanan harus memutuskan jalan apa yang harus diambil. Jalan yang dilalui dengan baik sepertinya merupakan pilihan yang jelas. Hal yang sama berlaku dalam mencari kesuksesan startup.

Jalan yang dimaksud di sini adalah bagaimana cara perusahaan berkembang. Sejak abad ke-20, sejumlah pengusaha dan peneliti telah menciptakan model yang menggambarkan proses bagaimana produk atau inovasi baru diadopsi dalam suatu populasi.

Baca Juga: Ingin Masuk ke Marketplace, Facebook Akuisisi Startup Belanja Ini! Duh Siapa Ya?

Dengan menghubungkan kemajuan perusahaan dan model-model ini, para pendiri dapat mengkorelasikan pertumbuhan mereka atau belajar secara luas dengan metodologi ini. Merangkum dari Entrepreneur.com (11/2/2019), simak ulasannya:

Alasan Sebenarnya di Balik Kegagalan

Di era sekarang, startup tidak gagal karena mereka tidak memiliki produk; mereka gagal karena mereka kekurangan pelanggan. Pada fase awal startup, sebelum penjualan dapat terjadi, perusahaan harus membuktikan bahwa pasar itu ada.

Baca Juga: Ternyata Dia Artis Pertama yang Terjun ke Dunia Startup, Simak Deh Kisahnya

Anda tidak dapat membuat permintaan pasar atau pelanggan di mana tidak ada minat pelanggan di dalamnya. Oleh karena itu, wajib bagi pendiri startup untuk menguji apakah produk memenuhi kebutuhan nyata.

Namun, terlepas dari prasyarat yang jelas ini, banyak pendiri startup menjadi mangsa asumsi mereka sendiri. Alih-alih membiarkan pelanggan memberi tahu mereka apa yang diinginkannya, para pendiri cenderung memberinya "apa yang mungkin ia inginkan".

Itu adalah contoh dari pendekatan pengembangan produk di mana orang cenderung melewatkan kesesuaian solusi-masalah dan melompat langsung ke kesesuaian pasar-produk, yang mengarah pada membangun produk yang tidak diinginkan siapa pun.

Apakah Anda Mampu Menemukan Masalah Sebenarnya

Sangat jelas bahwa pendiri perlu mengidentifikasi masalah nyata, mengembangkan produk yang memecahkan masalah dan meminta pelanggan memverifikasi dengan membeli dari mereka. Tetapi, bagaimana orang melakukannya? Metode konvensional menjalankan bisnis berfokus pada pendekatan produk-sentris di mana produk diberikan prioritas pertama dan terutama.

Baca Juga: Anda Ingin Dirikan Startup? Perhatikan 3 Poin Penting dari CEO Kredivo Ini!

Meskipun banyak startup yang menerapkan taktik yang sama untuk memasuki pasar, metodologi ini bukanlah peta jalan yang berhasil di ekosistem saat ini. Mendekati pasar berdasarkan angka-angka kuantitatif adalah bencana.

Pendekatan pengembangan produk mungkin berhasil ketika produk baru diperkenalkan ke pasar yang sudah ada dengan parameter dan dinamika yang diketahui. Tapi, hal itu dapat menjadi bencana ketika datang untuk membawa produk baru ke pasar baru atau membawa produk baru ke bagian baru dari pasar yang ada.

Pendekatan yang Tepat

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk meluncurkan produk dari startup, Anda harus memverifikasi terlebih dahulu asumsi Anda dengan interaksi pelanggan kualitatif. Hal ini tidak hanya membantu perusahaan mengidentifikasi kebutuhan nyata, tetapi juga meringankan mereka dari tingkat menghambur-hamburkan uang hanya untuk menemukan kecocokan produk.

Baca Juga: Mati-Matian Selama 17 Tahun, Akhirnya Startup Teknologi Ini Berhasil Kumpulkan $22,5 Juta

Setelah perusahaan memahami masalah sebenarnya, tahap selanjutnya akan terbuka untuk penemuan. Setelah pemahaman dasar tentang pelanggan ini, cara terbaik untuk melangkah lebih jauh bukan dengan membangun ledakan produk, melainkan untuk memahami apakah produk yang diusulkan akan mencapai kesukaan pengguna awal.

Untuk itu, cara terbaik adalah membuat demo fitur paling penting yang diperlukan dan kembali ke konsumen untuk mengetahui reaksinya. Ibaratnya, dengan cara ini perusahaan menguji proposal nilainya bahkan sebelum berinvestasi dalam pengembangan produk inti.

Tag: Startup, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,788.76 3,750.60
British Pound GBP 1.00 18,120.74 17,938.24
China Yuan CNY 1.00 2,071.89 2,051.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,209.00 14,067.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,897.99 9,796.26
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,820.08 1,801.82
Dolar Singapura SGD 1.00 10,505.73 10,399.20
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,209.63 16,042.01
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,430.47 3,393.73
Yen Jepang JPY 100.00 13,264.56 13,128.32

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6320.445 31.980 636
2 Agriculture 1462.734 12.139 21
3 Mining 1729.467 84.267 46
4 Basic Industry and Chemicals 773.084 8.727 71
5 Miscellanous Industry 1274.058 -1.017 47
6 Consumer Goods 2405.119 3.777 52
7 Cons., Property & Real Estate 486.531 -1.769 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1191.003 6.146 74
9 Finance 1291.358 1.492 90
10 Trade & Service 802.181 3.053 159
No Code Prev Close Change %
1 INDY 1,335 1,675 340 25.47
2 POSA 360 450 90 25.00
3 SMBR 875 1,090 215 24.57
4 ALKA 360 438 78 21.67
5 KONI 376 448 72 19.15
6 INPP 760 880 120 15.79
7 KIOS 635 735 100 15.75
8 KICI 268 310 42 15.67
9 GOLD 438 500 62 14.16
10 HRUM 1,395 1,590 195 13.98
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 468 352 -116 -24.79
2 HDFA 168 136 -32 -19.05
3 BRAM 10,000 8,100 -1,900 -19.00
4 YULE 181 161 -20 -11.05
5 ARTA 460 410 -50 -10.87
6 PGLI 476 430 -46 -9.66
7 PYFA 188 170 -18 -9.57
8 NICK 270 246 -24 -8.89
9 WIIM 252 230 -22 -8.73
10 MAYA 7,000 6,425 -575 -8.21
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,615 1,835 220 13.62
2 INDY 1,335 1,675 340 25.47
3 ANTM 795 845 50 6.29
4 PTBA 2,880 3,060 180 6.25
5 MNCN 1,000 985 -15 -1.50
6 SMBR 875 1,090 215 24.57
7 BBRI 4,310 4,330 20 0.46
8 TAMU 500 520 20 4.00
9 JPFA 1,495 1,520 25 1.67
10 ADRO 1,245 1,330 85 6.83