Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berawal dari Diet, Pria Ini Dirikan Bisnis Minuman yang Mengudara di Seluruh Penjuru Negeri

Berawal dari Diet, Pria Ini Dirikan Bisnis Minuman yang Mengudara di Seluruh Penjuru Negeri Kredit Foto: Entrepreneur.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Billy Bosch, pendiri Iconic Protein, berani memperluas bisnisnya hingga ke seluruh negeri. Pembuat minuman dan serbuk yang didirikan pada 2013 ini memiliki keberuntungan di tahap awal perusahaannya ketika ia berbasis di New Orleans, ia berhasil memenangkan sekitar $150.000 dari kompetisi lapangan.

Kemudian, dirinya bisa mendapatkan pinjaman berbunga rendah $250.000 melalui dana inovasi lokal, $100.000 lagi dari teman dan keluarganya, dan akhirnya putaran benih $1 juta dari investor New Orleans. Meski begitu, Bosch membutuhkan modal konstan untuk mendanai produksi, masuk ke pengecer dan memasarkan mereknya.

Baca Juga: Berawal dari Pinjaman Sebesar Rp260 Ribu, Kini FloWater Sukses Raih Rp214 Miliar

"New Orleans adalah tempat yang fantastis untuk memulai bisnis, tetapi ketika datang untuk meningkatkan seri A, saya tidak bisa menemukan investor di sana," kata Bosch, "itulah mengapa perburuan uang membawa saya ke Pantai Barat pada tahun 2016.”

Akhirnya ia pun berlabuh di California. Baginya, California adalah pasar yang pas untuk kesehatan dan kesejahteraan. Bosh pun terus berkelana. Keinginannya untuk memperluas bisnis pun mulai terbesit ketika ia ada di Los Angeles.

Baca Juga: Berawal dari Kertas Bekas, Bisnis Dewi Kocu Sekarang Sudah Kelas Atas

Namun, Bosch sadar, ia masih harus bergegas untuk mendapatkan uang. Dia mengatakan perlu 250 hingga 300 pertemuan untuk meyakinkan 30 investor untuk mendanai putaran seri A $8 juta pada 2017. Tetapi, upayanya itu membuahkan hasil. Minuman siap saji ikonik dan campuran protein itu kini dapat ditemukan di lebih dari 6.500 toko.

Perusahaan mengatakan rata-rata telah mengalami pertumbuhan pendapatan lebih dari 150 persen dari tahun ke tahun selama tiga tahun terakhir. Produk terlarisnya adalah Chocolate Truffle, Cafe Latte, dan minuman protein susu yang diberi makan rumput Vanilla Bean. Perusahaan ini mempekerjakan 16 orang.

Baca Juga: Tiru 11 Peraturan Perusahaan Apple Ini, Kali Aja Ketularan Suksesnya...

Mulanya, Bosch ingin membuat Iconic karena kebiasaan makannya yang tidak sehat. Sebelum menjadi pengusaha, ia adalah manajer akun perjalanan untuk Shell, dan pola makan yang ia lakoni jauh dari kata sehat setiap harinya. Lalu, seorang dokter mendiagnosis dia memiliki kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, dan menyarankannya untuk diet.

Akhirnya, Bocsh pun memutuskan untuk pergi ke ahli gizi mengonsultasikan program dietnya. Setelah konsul dengan Molly Kimball, ia diberi saran untuk memakan lebih banyak protein dalam bentuk shake.

"Aku kembali padanya dan aku membawa setiap minuman protein yang bisa kutemukan, dan menumpuknya di mejanya," kenang Bosch. Namun, Kimball mengatakan itu semua tidak sehat.

Sebab lelah dan hamper frustasi karena tidak juga menemukan minuman protein yang menyehatkan untuknya, terbesitlah harapannya kepada Sang Ahli Gizi, “kenapa kamu tidak membantuku membuat minuman itu?" Dari sanalah minuman Iconic ini tercipta.

"Bagian yang paling memuaskan dari bisnis ini adalah ketika Anda membuat produk dan kemudian Anda dihubungi oleh pelanggan yang mengatakan itu luar biasa dan mereka meminumnya setiap hari," katanya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: