Portal Berita Ekonomi Minggu, 25 Agustus 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:08 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah mendorong kedaulatan pangan melalui ekonomi syariah.
  • 11:55 WIB. G7 - Presiden UE Tusk: Negara G7 makin sukar mencari kepentingan bersama.
  • 11:45 WIB. Cuaca - BMKG: Kemarau Agustus-September, hujan bisa awal Oktober atau pertengahan November.
  • 11:23 WIB. AS - Chief Fed Jerome Powell: Ketidakpastian kebijakan perdagangan lemahkan manufaktur dan belanja modal di AS
  • 09:41 WIB. Mesir - Ekspor Mesir ke G7 naik jadi USD3,8 M pada H1-2019 dibanding H1-2018 sebesar USD3,5 M
  • 09:13 WIB. Hong Kong - RRJ Capital (Richard Ong) akan investasi US$4 miliar di Ingram (milik HNA).
  • 08:01 WIB. Washington - General Dynamics Corp mendapatkan kontrak US$1.1 miliar  dari Pentagon untuk kapal laut.
  • 07:18 WIB. Karhutla - LAPAN mendeteksi 820 titik  di seluruh Indonesia.
  • 06:17 WIB. Papua - Amien Rais: Free West Papua Movement sudah minta diagendakan referendum di PBB.
  • 05:53 WIB. G7 - Polisi Prancis melepaskan gas air mata buat demonstran.

2019, Smesco Fokus Tingkatkan Pemasaran KUKM Lewat Sejumlah Program

2019, Smesco Fokus Tingkatkan Pemasaran KUKM Lewat Sejumlah Program - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Dirut Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi mengatakan, tahun lalu sebanyak 2.713 KUKM (meningkat 23,32%) telah memanfaatkan layanan akses pasar yang dilakukan Smesco Indonesia. Bahkan, langkah itu mampu menoreh peningkatan omzet sebesar 270,84% dari tahun sebelumnya.

Program strategis 2018 tersebut adalah fasilitas promosi dan pemasaran produk unggulan KUKM di 34 paviliun provinsi yang ada di Smesco.

"Kami bertekad akan terus menambah jumlah KUKM yang dilayani dengan berbagai cara. Di antaranya melalui program yang akan dilaksanakan di 2019, yaitu temu mitra, bimbingan teknis, dan pendampingan pemasaran, hingga keikutsertaan dalam pameran strategis di dalam maupun luar negeri, dan inkubasi bisnis," kata Emilia Suhaimi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Emilia berharap tahun ini Smesco akan lebih meningkatkan layanan informasi pasar, promosi, dan jaringan pemasaran bagi produk KUKM di seluruh Indonesia.

"Layanan tersebut merupakan tugas pokok dan fungsi Smesco, termasuk memberikan layanan konsultasi manajemen, teknik dan inkubasi pemasaran," jelas Emilia.

Baca Juga: Hadir di Smesco Indonesia, FamilyMart Turut Jajakan Produk UKM

Baca Juga: Alokasikan Rp200 Miliar untuk Kewirausahaan, Ini Program Kemenkop dan UKM

Selain itu, lanjut Emilia, di 2019 pihaknya akan terus memperkuat peran dan fungsi gerai paviliun provinsi sebagai wadah promosi produk unggulan KUKM, dan sebagai miniatur produk unggulan KUKM di bidang kerajinan, fesyen, sepatu dan alas kaki, dan makanan minuman dalam kemasan, serta kuliner melalui canvassing ke daerah-daerah untuk mencari produk unggulan dan mitra baru.

"Kami juga akan menyelengarakan event-event provinsi sebagai ekspos potensi unggulan daerah, baik produk, seni budaya, pariwisata, investasi, dan kuliner khas masing-masing provinsi," ujar Emilia.

Menurut Emilia, dengan canvassing, akan diperoleh UKM mitra binaan baru dan produk baru yang berkualitas dari seluruh provinsi di Indonesia yang belum terbuka akses pasarnya. Itu juga akan menambah koleksi atau khasanah keragaman produk unggulan di Smesco.

"Upaya ini diyakini selain menaikkelaskan UKM daerah, juga akan menjadikan Smesco tampil beda dibanding gerai-gerai sejenisnya," kata Emilia.

Sehingga, hal itu akan meningkatkan daya saing dan memberikan nilai bagi pengunjung dan konsumen dengan beragam produk lokal yang dipajang di paviliun provinsi.

"Dengan mendapatkan produk langsung dari UKM tangan pertama, maka harga jual produk di Smesco akan lebih murah dan bisa bersaing dengan barang yang sama dengan kualitas yang sama yang dijual di tempat lain," ungkap Emilia.

Tahun lalu, kata Emilia, telah dilakukan canvassing di enam provinsi, yaitu Riau, Jateng, Aceh, Jatim, Babel, dan Maluku Utara. Dalam canvassing tersebut didapatkan 72 UKM mitra binaan baru. Tahap kedua diadakan di Bengkulu, Lampung, Kalsel, NTT, DI Yogyakarta, dan Kaltim, didapatkan 120 UKM mitra binaan baru.

"Canvassing terus dilakukan di tahun ini sekaligus untuk mendapatkan UKM-UKM binaan baru yang akan difasilitasi ikut serta dalam berbagai pameran strategis di dalam dan di luar negeri," kata Emilia lagi.

Tak hanya itu, Smesco akan berpartisipasi aktif dalam Festival Sarung Indonesia 2019.

"Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini bertujuan mempromosikan sarung sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, dan mentransformasikan sarung sebagai trendsetter serta gaya hidup modern bagi generasi milenial," kata Emilia.

Festival Sarung Indonesia ini akan ikut mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya UKM perajin sarung. Festival ini merupakan gerakan nasional yang didukung sembilan kementerian/lembaga yang diselenggarakan pada 3 Maret 2019 di Gelora Bung Karno.

"Puncak acara ditandai dengan pencanangan Hari Sarung Nasional dan peresmian Rumah Sarung Indonesia atau Rusari," pungkas Emilia.

Tag: Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM), Smesco Indonesia

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rosmayanti

Foto: Kemenkop-UKM

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,818.36 3,780.40
British Pound GBP 1.00 17,524.82 17,349.62
China Yuan CNY 1.00 2,029.13 2,009.01
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,320.00 14,178.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,680.32 9,581.49
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,826.86 1,808.70
Dolar Singapura SGD 1.00 10,334.13 10,225.75
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,859.40 15,699.30
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,420.11 3,382.16
Yen Jepang JPY 100.00 13,444.75 13,307.68

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6255.597 16.352 650
2 Agriculture 1368.973 -5.285 21
3 Mining 1590.040 13.201 49
4 Basic Industry and Chemicals 841.616 6.098 72
5 Miscellanous Industry 1172.077 33.290 49
6 Consumer Goods 2403.300 9.451 53
7 Cons., Property & Real Estate 498.204 1.562 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1216.314 -8.753 74
9 Finance 1252.950 0.692 90
10 Trade & Service 785.361 -0.724 162
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 366 456 90 24.59
2 FIRE 2,100 2,440 340 16.19
3 ANDI 1,950 2,250 300 15.38
4 AKPI 412 472 60 14.56
5 POLL 3,560 4,000 440 12.36
6 KBLM 310 348 38 12.26
7 ALKA 434 486 52 11.98
8 PORT 565 630 65 11.50
9 LPLI 119 132 13 10.92
10 CCSI 292 322 30 10.27
No Code Prev Close Change %
1 AGRS 330 248 -82 -24.85
2 APEX 640 530 -110 -17.19
3 CANI 190 161 -29 -15.26
4 SSTM 500 426 -74 -14.80
5 ARTA 380 330 -50 -13.16
6 FOOD 170 151 -19 -11.18
7 NELY 155 138 -17 -10.97
8 OKAS 104 93 -11 -10.58
9 ERAA 1,655 1,480 -175 -10.57
10 GTBO 177 159 -18 -10.17
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,655 1,480 -175 -10.57
2 ADRO 1,020 1,085 65 6.37
3 BBRI 4,070 4,080 10 0.25
4 MNCN 1,260 1,255 -5 -0.40
5 ASII 6,325 6,575 250 3.95
6 UNTR 19,975 20,500 525 2.63
7 TLKM 4,450 4,380 -70 -1.57
8 MAMI 89 89 0 0.00
9 BBCA 30,000 29,975 -25 -0.08
10 PGAS 1,805 1,830 25 1.39