Portal Berita Ekonomi Sabtu, 16 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:15 WIB. Huawei - Huawei bikin iPhone tak berdaya di China.
  • 18:23 WIB. Samsung - Samsung mau rilis ponsel tiap bulan.
  • 18:21 WIB. WhatsApp - WhatsApp Business segera hadir di iPhone.
  • 18:20 WIB. Twitter - Fitur mirip Insta Story bakal hadir di Twitter.¬†
  • 18:19 WIB. Samsung - Samsung kenalkan Galaxy Tab paling ringan dan tipis.
  • 17:43 WIB. Suzuki - MPV 'murah' Suzuki dipermak, harga naik Rp3 juta.
  • 17:41 WIB. Bukalapak - Rating¬†Bukalapak terjun bebas di App Store.
  • 18:42 WIB. Jokowi - Usai Bukalapak, #UninstallJokowi kian menggema.

Selamat Hari Valentine! 6 Bisnis Ini Mendadak Meledak di Hari Valentine

Foto Berita Selamat Hari Valentine! 6 Bisnis Ini Mendadak Meledak di Hari Valentine
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Selamat hari kasih sayang! Berhubung hari ini (14/2/2019) dikenal sebagai hari kasih sayang atau hari valentine, sudahkah Anda menyatakan kasih dan sayang Anda kepada keluarga atau someone special? Tapi, enggak semua orang merayakan hari valentine kok. Enggak masalah kalau Anda berprinsip buat enggak merayakannya, tapi Anda bisa memanfaatkan hari ini untuk meraup keuntungan dengan berjualan lho. Tertarik?

Baca Juga: Okupansi Hotel Meningkat di Hari Valentine

Kalau Anda tertarik, Anda bisa menjajal untuk berjualan barang-barang yang biasa dijadikan hadiah nih saat Valentine. Apa saja ya? Yuk simak rangkumannya:

Cokelat

Tahukah Anda bahwa penggagas utama menyatakan kasih sayang dengan cokelat itu adalah Richard Cadbury? Mulanya tercipta tradisi itu pada tahun 1868. Makanya, sampai sekarang banyak masyarakat yang memberikan cokelat sebagai hadiah di hari kasih sayang ini.

Baca Juga: Buka 4 Ide Bisnis Pariwisata Ini, Enggak Perlu Modal Banyak Loh

Nah, bisa banget nih Anda mencoba menjual cokelat buat mereka yang mau memberikan hadiah ke pasangannya atau keluarganya. Anda bisa mengemas ulang cokelat yang dijual bebas di toko atau swalayan, sesuai dengan kreativitas Anda. Biasanya cokelat yang sudah di hias itu akan lebih menarik pembeli.

Bunga

Selain cokelat, bentuk kasih sayang juga bisa disimboliskan melalui bunga lho. Oleh karena itu, banyak banget mereka yang jadi pedagang bunga dadakan jelang valentine. Anda mau coba? Enggak perlu menjual di toko kok, di sekitar taman kota atau sepanjang jalan, dan traffic light juga bisa.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Kekinian Buat Milenial, Enggak Perlu Modal Loh

Kue atau cupcake

Buat kamu yang pandai membuat kue, wah boleh nih menjajal menjual kue atau cupcake bertemakan valentine. Menjual kue atau cupcake enggak harus punya toko kue sendiri kok, Anda bisa menitipkannya di toko atau swalayan yang ikut merayakan hari kasih sayang.

Boneka

Nah kalau yang ini sih biasanya kaum adam yang membelikannya untuk pasangan. Saat Valentine tiba, umumnya boneka lucu bakal mendadak laris manis sebagai salah satu hadiah yang dipilih. Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli boneka secara grosir kemudian mengemasnya dengan menarik dan kemudian boneka siap dijual dengan harga khusus deh.

Cincin dan Kalung

Pesanan pembuatan cincin atau kalung bertemakan hari kasih sayang atau juga yang bersifat pribadi sangat tinggi di hari Valentine. Rata-rata bentuk kalung atau cincin yang dipesan adalah yang couple yang berfungsi agar pasangan memiliki benda sama yang dikenakan atau kompak.

Kaos couple

Yang terakhir ini khusus buat yang sudah memiliki pasangan saja ya, hehe. Bisnis kaos couple juga termasuk ide usaha yang cukup menggiurkan di hari Valentine. Jelang hari kasih sayang tiba, banyak pesanan ke pelaku usaha pembuatan atau sablonan kaos. Umumnya mereka memilih desain yang simpel seperti nama, anekdot atau gambar-gambar lucu yang menandakan keserasian pasangan dalam berpakaian. Lucu ya!

Tag: Ide Bisnis, Valentine's Day

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Mel poole

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,783.30 3,744.53
British Pound GBP 1.00 18,150.85 17,967.77
China Yuan CNY 1.00 2,097.95 2,076.96
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,187.00 14,045.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,058.58 9,952.29
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.88 1,789.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.06 10,334.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,015.70 15,848.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,472.95 3,433.99
Yen Jepang JPY 100.00 12,861.03 12,731.15

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31