Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Listrik Bermasalah? Cari Aja Solusinya di Aplikasi ListriQu

Listrik Bermasalah? Cari Aja Solusinya di Aplikasi ListriQu Kredit Foto: Antara/Jojon
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mungkin belum semua orang tahu bahwa tanggung jawab PLN untuk pasokan listrik ke pelanggan itu hanya sampai ke KWh. Selebihnya untuk instalasi di dalam rumah, kantor atau bangunan apapun, itu adalah tanggung jawab pelanggan itu sendiri. Karena hal itu masyarakat sering kesulitan penanganan jika terjadi permasalahan listrik di dalam rumahnya.

Mencoba memberikan solusi itu, PT Haleyora Power meluncurkan produk layanan pelanggan yang diberi nama ListriQu, aplikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan instalasi listrik. Layaknya aplikasi pada umumnya ListriQu dapat diunduh di Playstore atau Appstrore. Selanjutnya seorang pelanggan akan diminta untuk membuat akun untuk dapat mengakses layanan berbagai macam persoalan kelistrikan.

Ahmad Taufik Haji, Direktur Utama Haleyora Power mengungkapkan, dalam pengalamannya selama 5 tahun, PT Haleyora sebagai pelaksana pekerjaan pelayanan teknik (Yantek) pada unit-unit PLN, mendapati keluhan yang masuk ke Call Centre 123 PLN, mencapai 18% adalah, atau 8 dari 48 ribu laporan, ternyata kerusakan instalasi milik pelanggan.

“Banyak pelanggan yang tidak mengerti instalasi listrik yang benar, sebab itu seharusnya ditangani oleh instalatir listrik, karena itu masyarakat membutuhkan solusi yang cepat,” ujar Ahmad.

Kemudian, terinspirasi dengan perkembangan teknologi dan aplikasi mobile saat ini, Haleyora bersama Icon+ menggabungkan sumber daya dan pengalaman masing-masing untuk mengembangkan produk pelayanan untuk penanganan gangguan instalasi milik pelanggan berbasis aplikasi mobile tersebut.

Program layanan ListriQu di dukung oleh Perusahaan Mitra dan Crew yang memiliki sertifikasi dan terdaftar dalam Asosiasi Keteknikan yang merupakan binaan Direktorat Jendral Ketenagalistrikan. Itu untuk menjamin tenaga teknik tersebut kompeten dalam melaksanaakan pekerjaan Instalasi Listrik yang sesuai dengan bidangnya.

Sinung Tri Wulandari, Direktur Operasi Haleyora Power menambahkan, ListriQu mengusung tagline, Quick and Quality Solution dengan tekad memberikan solusi yang cepat dan berkualitas terhadap kebutuhan pelanggan. Adapun value yang kami tawarkan untuk layanan ini, kecepatan respon, petugas pelayanan yang memiliki sertifikasi kompetensi kelistrikan, kualitas material yang memenuhi standar SNI, transparansi harga, dan garansi produk.

Setelah menginstal Aplikasi ListriQu, konsumen dapat menggunakan layanan ini dengan beberapa saluran melalui, Call Center 08111500887 yang bisa terhubung melalui telefon, SMS, dan messenger WA. Selain itu, pelanggan juga akan dipandu oleh aplikasi untuk mengoperasikan ataupun melakukan pengaduan, pada aplikasi pelanggan dibekali dengan feature scan QR Code milik petugas untuk membuktikan petugas tersebut adalah petugas dari ListriQu.

Sinung menambahkan, untuk saat ini cakupan Layanan Instalasi Pelanggan ListriQu tersedia di kota Jakarta dan secara bertahap akan melayani kota-kota di JABODATABEK dan Propinsi Banten hingga akhir Bulan Maret 2019. Diharapkan pada akhir 2019 Layanan ListriQu akan tersebar ke Seluruh propinsi di Pulau Jawa.

“Semoga bergulirnya layanan ListriQu ini dapat menjadi salah satu solusi untuk kebutuhan layanan instalasi listrik untuk konsumen dengan Layanan yang Cepat dan Berkualitas,” imbuh Sinung.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: