Portal Berita Ekonomi Minggu, 24 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:21 WIB. LinkAja - Menteri BUMN sosialisasikan LinkAja ke masyarakat Tebing Tinggi, Sumatra Utara. 
  • 18:45 WIB. Boeing - Lion Air resmi hentikan operasi Boeing 747-400. 
  • 18:35 WIB. Politik - 200 pendukung Prabowo pindah jadi dukung Jokowi. 
  • 18:24 WIB. Rupiah - BI perkirakan nilai tukar rupiah akan stabil sepanjang tahun 2019.
  • 18:23 WIB. E-Commerce - Tahun 2023, bisnis e-commerce diprediksi tembus Rp25.000 triliun.
  • 16:09 WIB. Digitalisasi - Alibaba dukung Pemerintah China digitalisasi perekonomian. 
  • 16:07 WIB. SIM - PKS kampanyekan SIM seumur hidup. 
  • 16:06 WIB. MRT - Penggratisan MRT berlaku sampai dengan 31/03/2019. 
  • 16:05 WIB. Hidroponik - WOM Finance resmikan rumah hidropinik dalam rangka perayaan HUT ke-37 tahun. 
  • 16:04 WIB. Pemilu Damai - 321 komunitas otomotif Jawa Barat gelar deklarasi pemilu damai 2019. 
  • 16:02 WIB. Startup - Telkomsel dukung startup ciptakan dampak sosial.

Jitu, 5 Trik Ini Jitu Buat Pemasar B2B Digital, Cobain Deh!

Jitu, 5 Trik Ini Jitu Buat Pemasar B2B Digital, Cobain Deh! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Merencanakan kampanye pemasaran dan iklan selama 12 bulan bisa menjadi tugas yang berat. Dan untuk pemasar B2B (Business to Business), bahkan pemasaran digital itu lebih penting lagi untuk mejadi efektif. Namun, gimana caranya?

Baca Juga: 5 Peluang untuk Tingkatkan Penjualan B2B di 2019

Baca Juga: 3 Tips Praktis untuk Pengusaha Layanan B2B

Melansir dari Entrepreneur.com (18/2/2019), inilah beberapa poin teratas yang dapat diingat oleh pemasar B2B saat merencanakan kampanye digital mereka:

Punya Visi

Bisnis harus memiliki visi jangka panjang yang jelas, tetapi dengan tujuan jangka pendek yang dapat dieksekusi. Realisasi tujuan jangka pendek ini berfungsi sebagai titik bukti untuk memvalidasi visi jangka panjang organisasi.

Data adalah Kuncinya

Tegaskan semuanya dengan data dan wawasan. Tautkan set data Anda, penjualan, CRM, ERP (Entreprise Resource Planning), media, dan analitik. Data harus mencerminkan perjalanan pembelian atau pengalaman pelanggan, kemanjuran laporan, bahkan memungkinkan otomatisasi dan skala.

Petakan Saluran Pemasaran Anda

Untuk membuat solusi penjualan untuk bisnis Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami saluran pemasaran Anda. Siapa konsumen Anda? Di mana konsumen Anda? Bagaimana Anda akan menjangkau konsumen Anda? Bagaimana Anda melibatkan mereka? Dan yang terakhir, bagaimana Anda akan mengubahnya?

Jika Anda memahami hal ini, Anda mungkin juga akan menemukan bahwa bukan satu solusi, melainkan memerlukan beberapa solusi untuk menyelesaikan tantangan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus memahami platform apa yang digunakan juga.

Eksperimen, Belajar, Iterasi, dan Ulangi

Jadilah cerdas. "Definisi kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda." Belajarlah dari kesalahan. Tidak ada cara yang benar atau salah, hanya ada cara yang Anda pilih, setiap bisnis berbeda dan pasar dinamis. Serta, jangan takut gagal.

Menjadi manusia

Pemasaran B2B masih mengharuskan Anda untuk menjadi manusia dan terhubung secara emosional dengan pengguna akhir. Saat membuat komunikasi, kita masih perlu memahami kebutuhan untuk semua orang yang akan menggunakan produk.

Dalam beberapa penjualan solusi B2B yang lebih besar, kita mungkin perlu mengarahkan komunikasi kita pada tingkat yang berbeda dalam bisnis. Pengguna akhir, Influencer, dan pembeli, semuanya mungkin memiliki cara kemudi yang sangat berbeda yang akan membuat mereka mengadopsi produk.

Tag: Tips Bisnis, pemasaran

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Brooke Lark

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,794.23 3,755.47
British Pound GBP 1.00 18,692.75 18,500.55
China Yuan CNY 1.00 2,125.36 2,104.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,228.00 14,086.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,103.30 10,001.06
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,813.38 1,795.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,546.29 10,439.49
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.93 16,018.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,506.16 3,466.90
Yen Jepang JPY 100.00 12,850.43 12,718.74

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6525.274 23.498 629
2 Agriculture 1490.781 9.164 21
3 Mining 1887.862 3.129 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.367 -5.244 71
5 Miscellanous Industry 1284.891 0.529 46
6 Consumer Goods 2663.462 4.407 52
7 Cons., Property & Real Estate 465.570 -1.138 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1170.915 5.940 72
9 Finance 1263.236 12.361 91
10 Trade & Service 828.467 0.865 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 420 525 105 25.00
2 GLOB 352 440 88 25.00
3 CAKK 270 326 56 20.74
4 ECII 825 990 165 20.00
5 SMMA 7,700 9,000 1,300 16.88
6 TGKA 3,010 3,500 490 16.28
7 ANDI 1,605 1,805 200 12.46
8 FISH 3,400 3,760 360 10.59
9 LPLI 135 149 14 10.37
10 BKSW 175 193 18 10.29
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 224 168 -56 -25.00
2 KICI 310 260 -50 -16.13
3 IDPR 735 640 -95 -12.93
4 PYFA 198 177 -21 -10.61
5 ATIC 990 895 -95 -9.60
6 JMAS 895 810 -85 -9.50
7 LAND 1,085 1,010 -75 -6.91
8 MTSM 240 224 -16 -6.67
9 UNIT 242 226 -16 -6.61
10 AKSI 400 374 -26 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 101 97 -4 -3.96
2 HOME 102 102 0 0.00
3 GGRM 88,000 85,900 -2,100 -2.39
4 BBRI 3,980 4,060 80 2.01
5 TLKM 3,800 3,820 20 0.53
6 INKP 10,200 9,800 -400 -3.92
7 FREN 308 328 20 6.49
8 CTRA 975 1,030 55 5.64
9 UNTR 27,800 28,000 200 0.72
10 GIAA 555 555 0 0.00