Portal Berita Ekonomi Minggu, 24 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:21 WIB. LinkAja - Menteri BUMN sosialisasikan LinkAja ke masyarakat Tebing Tinggi, Sumatra Utara. 
  • 18:45 WIB. Boeing - Lion Air resmi hentikan operasi Boeing 747-400. 
  • 18:35 WIB. Politik - 200 pendukung Prabowo pindah jadi dukung Jokowi. 
  • 18:24 WIB. Rupiah - BI perkirakan nilai tukar rupiah akan stabil sepanjang tahun 2019.
  • 18:23 WIB. E-Commerce - Tahun 2023, bisnis e-commerce diprediksi tembus Rp25.000 triliun.
  • 16:09 WIB. Digitalisasi - Alibaba dukung Pemerintah China digitalisasi perekonomian. 
  • 16:07 WIB. SIM - PKS kampanyekan SIM seumur hidup. 
  • 16:06 WIB. MRT - Penggratisan MRT berlaku sampai dengan 31/03/2019. 

Pengusaha Wajib Paham! Hipnotis Pelanggan Gen Z Pakai Cara Jitu Ini

Pengusaha Wajib Paham! Hipnotis Pelanggan Gen Z Pakai Cara Jitu Ini - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Gen Z, generasi yang lahir di tahun 1995 hingga 2014, sudah mulai memasuki dunia kerja. Satu persatu mereka sudah mulai menyelami dunia bekerja yang sebenarnya.

Baca Juga: 3 Trik Taklukkan Gen Z Jadi Konsumen Tetap

Bagi wirausahawan yang ingin bisnis mereka bertahan untuk jangka panjang, memahami bagaimana caranya terhubung dengan mereka tentu pilihan yang tepat. Gen Z berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Oleh sebab itu, wirausahawan harus pintar-pintar melakukan trik jitu ini buat menaklukan mereka.

Melansir dari Entrepreneur.com (19/2/2019), berikut cara sederhana yang bisa kamu terapkan:

1. Manfaatkan mikro-influencer

Pemasaran influencer telah meningkat selama beberapa tahun belakangan, sebagian besar karena preferensi Gen Z. Itu juga berlaku untuk mikro-influencer, yang mana jumlah pengikutnya di bawah 100.000 sehingga enggak sulit membangun kedekatan dengan Gen Z.

Baca Juga: Jangan Jadikan Gen Z Target Pasar, Pengusaha Harus Pintar Adu Strategi

Karena koneksi yang lebih dekat ini, mikro-influencer dipandang lebih dapat dipercaya dan dapat dihubungkan oleh Gen Z, dan pengaruh mereka secara langsung dapat memengaruhi keputusan pembelian. Kemitraan yang tepat seperti ini dapat membantu kamu dan bisnismu terlihat hebat dengan Gen Z.

2. Jangan mengabaikan toko ritel

Meskipun Gen Z semakin bersifat digital, bukan berarti mereka enggak tertarik berbelanja di toko ritel. Bahkan, beberapa survei telah menemukan bahwa sebagian besar pembeli Gen Z lebih suka mengunjungi toko fisik untuk pengalaman berbelanja utama mereka, merasa lebih mudah untuk menelusuri, menavigasi proses pengembalian, atau menghindari keterlambatan pengiriman.

3. Masalah pemasaran berbasis nilai

Gen Z sangat sadar secara sosial, dan ini juga berperan dalam keputusan pembelian mereka, lebih dari 50 persen dari kelompok ini mengetahui suatu merek secara sadar sosial mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Gen Z ingin terlibat dengan merek yang selaras dengan nilai-nilainya, dan mereka menghargai olahpesan berbasis nilai. Mereka ingin melihat merek yang menghargai keberagaman, inklusi, dan kemajuan sosial.

Tag: Generasi Z, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,794.23 3,755.47
British Pound GBP 1.00 18,692.75 18,500.55
China Yuan CNY 1.00 2,125.36 2,104.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,228.00 14,086.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,103.30 10,001.06
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,813.38 1,795.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,546.29 10,439.49
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.93 16,018.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,506.16 3,466.90
Yen Jepang JPY 100.00 12,850.43 12,718.74

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6525.274 23.498 629
2 Agriculture 1490.781 9.164 21
3 Mining 1887.862 3.129 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.367 -5.244 71
5 Miscellanous Industry 1284.891 0.529 46
6 Consumer Goods 2663.462 4.407 52
7 Cons., Property & Real Estate 465.570 -1.138 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1170.915 5.940 72
9 Finance 1263.236 12.361 91
10 Trade & Service 828.467 0.865 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 420 525 105 25.00
2 GLOB 352 440 88 25.00
3 CAKK 270 326 56 20.74
4 ECII 825 990 165 20.00
5 SMMA 7,700 9,000 1,300 16.88
6 TGKA 3,010 3,500 490 16.28
7 ANDI 1,605 1,805 200 12.46
8 FISH 3,400 3,760 360 10.59
9 LPLI 135 149 14 10.37
10 BKSW 175 193 18 10.29
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 224 168 -56 -25.00
2 KICI 310 260 -50 -16.13
3 IDPR 735 640 -95 -12.93
4 PYFA 198 177 -21 -10.61
5 ATIC 990 895 -95 -9.60
6 JMAS 895 810 -85 -9.50
7 LAND 1,085 1,010 -75 -6.91
8 MTSM 240 224 -16 -6.67
9 UNIT 242 226 -16 -6.61
10 AKSI 400 374 -26 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 101 97 -4 -3.96
2 HOME 102 102 0 0.00
3 GGRM 88,000 85,900 -2,100 -2.39
4 BBRI 3,980 4,060 80 2.01
5 TLKM 3,800 3,820 20 0.53
6 INKP 10,200 9,800 -400 -3.92
7 FREN 308 328 20 6.49
8 CTRA 975 1,030 55 5.64
9 UNTR 27,800 28,000 200 0.72
10 GIAA 555 555 0 0.00