Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yeay! Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Yeay! Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Kredit Foto: Antara/Inasgoc/M Agung Rajasa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Duta Besar (Dubes) RI Bern, Muliaman D Hadad secara resmi menyerahkan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach, yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss pada 11 Februari 2019.

Sebelumnya, Presiden RI secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Thomas Bach saat kunjungannya ke Indonesia pada 2018. Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia dimaksud secara tertulis.

Salinan surat telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Pada pertemuan dengan Dubes RI Bern, Christophe Dubi selaku Executive Director IOC menyampaikan respons positif terhadap aplikasi Indonesia tersebut dan berupaya untuk bekerja sama lebih lanjut selama proses pemilihan tuan rumah Olimpiade berlangsung.

Baca Juga: Korsel-Korut Kompak Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Baca Juga: Ini Kata Presiden IOC Soal Indonesia Gelar Olimpiade 2032

"IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi pondasi yang cukup kuat," tutur Dubi dalam pernyataan resmi yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Dubes RI Bern, Muliaman menyampaikan, aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 dapat menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia, utamanya sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan anggota G-20.

"Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun lalu patut menjadi bahan pertimbangan," kata Muliaman.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024 yang akan datang. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada 2020, 2024, dan 2028.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: