Portal Berita Ekonomi Kamis, 24 Oktober 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:55 WIB. IHSG - IHSG dibuka menguat 0,22% di awal sesi I.
  • 08:10 WIB. Valas - Rupiah dibuka menguat 0,24% terhadap Dollar AS pada level Rp 13.998 per US$
  • 08:08 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 60,83 US$/barel
  • 08:07 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 55,59 US$/barel
  • 08:06 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.492 US$/troy ounce
  • 08:06 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,07% terhadap Yen pada level 108,61 Yen/US$
  • 08:05 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,03% terhadap Poundsterling pada level 1,2916 US$/Pound
  • 08:03 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,03% terhadap Euro pada level 1,1134 US$/Euro
  • 07:55 WIB. Bursa - Indeks Nikkei dibuka positif 0,54% pada level 22.760
  • 07:54 WIB. Bursa - Indeks KOSPI dibuka negatif 0,14% pada level 2.077
  • 07:53 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 ditutup positif 0,28% pada level 3.004
  • 07:52 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones ditutup positif 0,17% pada level 26.833
  • 07:51 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq ditutup positif 0,19% pada level 8.119

Cosmobeaute Indonesia, Ajang Pertemuan Pelaku Bisnis Private Label

Cosmobeaute Indonesia, Ajang Pertemuan Pelaku Bisnis Private Label - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jika dicermati, beberapa merek kosmetik terkenal di dunia maupun Indonesia berasal dari nama pemiliknya. Yang sedang ngetren adalah merek-merek kosmetik baru dengan nama artis. Di dunia, ada merek Gal Gadot, Kylie Jenner, dan Jennifer Aniston. Di dalam negeri sendiri ada belasan kosmetik dengan merek nama artis seperti Krisdayanti, Ashanty, Cathy Sharon, dan Inul Daratista.

Melihat tren ini ternyata bisnis kosmetik dengan nama sendiri menjadi peluang yang menjanjikan. Beberapa merek artis Hollywood misalnya, terkenal hingga ke berbagai negara. Meskipun produk domestik, kualitas kosmetik artis dalam negeri sendiri tak kalah bagus dari merek luar.

Dalam dunia bisnis, model bisnis seperti ini dinamakan private label, yakni produk yang ditawarkan tanpa merek, sehingga dapat diberikan merek sesuai yang diinginkan.

Baca Juga: Delapan Kebiasaan Buruk Pengusaha dalam Manajemen Arus Kas yang Merusak Bisnis

Cosmobeauté Indonesia yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) 17-19 Oktober 2019 merupakan pameran business-to-busoness (B2B), salah satu ajang pertemuan antara pemilik produk dengan pelaku bisnis privat label. Pameran itu menghubungkan produsen, eksportir, distributor, dan agen dari berbagai produk dan layanan terkait industri kecantikan dari seluruh dunia, ke pasar Indonesia yang tengah mengalami perkembangan pesat.

Juanita Soerakoesoemah, Direktur PT Pamerindo Indonesia sebagai penyelenggara pameran mengatakan, tahun ini, Cosmobeauté Indonesia memperkenalkan supply chain area, segmen pameran baru yang khusus didedikasikan untuk meningkatkan tumbuhnya merek kecantikan skala kecil dan menengah. Area ini memamerkan segala hal, mulai dari bahan baku hingga pengembangan produk dan pengemasan hingga private label.

Peserta Cosmobeaute Indonesia terdiri dari manufaktur, ekportir, distributor tunggal, agen, penyuplai dan penyedia jasa di bidang kosmetik, kecantikan, produk higienis, kesehatan alami, makanan dan minuman kesehatan, suplemen diet, perawatan profesional, peralatan dan perlengkapan untuk salon kecantikan, salon furnishing spa & wellness facilities, peralatan pengemasan dan pemrosesan, contract manufacturing & private labeling (OEM/ODM), bahan baku, produk dan peralatan estetika medis, serta pengembangan dan desain produk.

Di sini pengunjung dapat menemukan bahan-bahan inovatif, komponen canggih, kemajuan teknologi, pemasaran kreatif, dan banyak lagi untuk membantu mereka mewujudkan produk kecantikannya. Baik pengunjung yang merupakan pemilik salon yang ingin mengembangkan atau produsen yang mencari alternatif pengemasan inovatif, supply chain area akan membantu pemilik bisnis, mulai konsep hingga produk tercipta.

Baca Juga: Halo Milenial, Yuk Bangun Sukses Lewat Bisnis Kreatif dengan Cara Ini

Selama pameran berlangsung, juga ada banyak kegiatan, pertemuan bisnis, acara, workshop, dan seminar yang diselenggarakan Cosmobeauté Indonesia bekerja sama dengan berbagai asosiasi pendukung dan peserta pameran. Rangkaian acara tersebut menyediakan banyak platform bagi peserta pameran dari luar negeri untuk berjejaring dengan distributor Indonesia, begitu pun bagi perusahaan dalam negeri untuk memamerkan produk dan jasa mereka.

"Cosmobeaute Indonesia 2019 adalah acara yang wajib dikunjungi bagi yang ingin memperluas wawasan ilmu, wawasan bisnis, dan menjalin kerja sama bisnis. Kami menggelar roadshow ke beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, dan Jabodetabek untuk mensosialisasikan Cosmobeaute Indonesia 2019 kepada kalangan pebisnis kecantikan Indonesia," jelas Juanita.

Baca Juga

Tag: Pameran Industri, industri kosmetik nasional

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Agus Aryanto

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,765.06 3,727.40
British Pound GBP 1.00 18,152.87 17,970.86
China Yuan CNY 1.00 1,993.57 1,972.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,121.25 13,980.75
Dolar Australia AUD 1.00 9,663.17 9,560.04
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,800.81 1,782.71
Dolar Singapura SGD 1.00 10,352.82 10,246.06
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,705.65 15,545.20
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,369.82 3,333.91
Yen Jepang JPY 100.00 13,035.40 12,904.51

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6257.806 32.309 659
2 Agriculture 1350.830 17.939 20
3 Mining 1608.809 18.668 48
4 Basic Industry and Chemicals 936.650 11.345 74
5 Miscellanous Industry 1204.625 1.298 50
6 Consumer Goods 2095.162 -5.964 54
7 Cons., Property & Real Estate 514.979 5.407 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1218.866 3.964 75
9 Finance 1282.423 11.762 90
10 Trade & Service 804.793 -4.564 166
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 71 84 13 18.31
2 YPAS 424 500 76 17.92
3 MPRO 870 1,000 130 14.94
4 PURE 680 775 95 13.97
5 TFCO 450 510 60 13.33
6 SONA 5,000 5,625 625 12.50
7 TRAM 111 123 12 10.81
8 FITT 86 95 9 10.47
9 MREI 4,120 4,480 360 8.74
10 BALI 1,280 1,390 110 8.59
No Code Prev Close Change %
1 FMII 730 550 -180 -24.66
2 TALF 360 278 -82 -22.78
3 NZIA 1,290 1,055 -235 -18.22
4 ABBA 214 178 -36 -16.82
5 KBLV 420 370 -50 -11.90
6 MDKI 232 206 -26 -11.21
7 APEX 505 450 -55 -10.89
8 YULE 149 133 -16 -10.74
9 PDES 950 850 -100 -10.53
10 SRAJ 268 242 -26 -9.70
No Code Prev Close Change %
1 MAMI 236 244 8 3.39
2 MKNT 59 57 -2 -3.39
3 ABBA 214 178 -36 -16.82
4 TCPI 6,125 6,075 -50 -0.82
5 HMSP 2,120 2,060 -60 -2.83
6 FREN 157 150 -7 -4.46
7 JPFA 1,655 1,745 90 5.44
8 BTPS 3,550 3,810 260 7.32
9 PGAS 2,240 2,330 90 4.02
10 PURE 680 775 95 13.97