Apa Itu Mentalitas Silo?

Apa Itu Mentalitas Silo? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Mendalami dunia bisnis, tahukah kamu tentang Mentalitas Silo? Itu lho, istilah bisnis yang sering diperbincangkan oleh pelaku bisnis selama 30 tahun terakhir. Wah, lama juga ya. Berbeda dari istilah bisnis lainnya, Silo memang salah satu masalah yang belum juga hilang setelah bertahun-tahun. Hmm, apa sih penjelasannya?

Baca Juga: 15 Istilah Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Redaksi Warta Ekonomi telah mengutip dari Investopedia (20/2/2019), di sana dijelaskan bahwa mentalitas silo ialah sikap yang kerap ditemukan di beberapa organisasi atau perusahaan. Sikap yang seperti apa? Silo itu merupakan sikap di dalam departemen perusahaan yang enggan berbagi informasi atau pengetahuan dengan individu lain dalam organisasi yang sama. Loh kok gitu ya?

Ternyata, mentalitas silo ini memang bisa saja terjadi dengan mudahnya. Salah satu faktonya adalah kurangnya komunikasi lintas departemen yang bisa berdampak negatif terhadap alur kerja. Silo bisa dengan mudahnya bertumbuh subur di dalam perusahaan karena berbagai informasi enggak lewat secara bebas di seluruh bagian. Wah bahaya nih.

Baca Juga: Apa itu R&D?

Mentalitas silo ini berbahaya banget, bahkan bisa mengurangi efisiensi organisasi dan dapat berkontribusi pada budaya perusahaan yang gagal lho kalau lama kelamaan Silo enggak dimusnahkan.

Lalu, bagaimana ya cara memusnahkan atau menghindarinya?

Pertama, bisa melalui para pemimpin dan eksekutif bisnis nih yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pembentukan mentalitas silo dalam perusahaan mereka. Mereka bisa menetapkan irama dan mengatur nilai-nilai sebagai budaya bisnis.

Selanjutnya, dari manajemen perilaku masing-masing. Sebagai karyawan, ada baiknya jangan hanya memperdulikan pekerjaannya saja, dan menganggap yang lainnya itu bukan pekerjaannya. Enggak ada salahnya kan buat saling membantu antardepartemen? Jangan berpikir bahwa segala hal yang enggak berkaitan dengan departemenmu itu bukan tanggung jawabmu ya!

Baca Juga: Apa Itu Unicorn?

Kemudian, membenahinya melalui struktur organisasi. Hubungan karyawan satu dengan yang lainnya juga bisa menumbuhkan mentalitas silo lho ternyata. Jadi, pertemuan rutin, sesi pelatihan, sesi perencanaan kebijakan bersama, dan mempertemukan semua departemen dalam satu meja itu bisa membuka pikiran mereka dan enggak ada tuh mentalitas silo. Singkatnya, sering-sering mengadakan duduk bareng gitu lho.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini