Portal Berita Ekonomi Kamis, 21 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:53 WIB. Ekspor - Tiga tahun terakhir penjualan CPO dan palm kernel Kapuas Hulu mencapai Rp2,49 triliun.
  • 16:52 WIB. Migas - Legislator menilai data eksplorasi migas di Indonesia masih lemah.
  • 16:51 WIB. Otomotif - Nissan Motor Indonesia kembali menyasar potensi pasar otomotif di Makassar.
  • 16:51 WIB. Inflasi - BI Maluku melakukan safari rapat dalam mengendalikan inflasi.
  • 16:50 WIB. Bisnis - Pakar ekonomi bilang dua pertiga dari kekayaan orang terkaya RI diperoleh dari bisnis kroni.
  • 16:49 WIB. Tol - Pengerjaan fisik ruas jalan tol Manado-Bitung seksi IIA mencapai 80,21 persen.
  • 16:48 WIB. BP2JK - Kementerian PUPR membentuk BP2JK di 34 provinsi menggantikan ULP.
  • 16:48 WIB. Jokowi - Presiden Jokowi membagikan 5.000 sertifikat tanah kepada warga Kota dan Kabupaten Bogor (21/3).
  • 16:46 WIB. Baja - Indonesia tingkatkan kapasitas produksi baja guna penuhi kebutuhan domestik.
  • 16:44 WIB. IKM - Menperin harapkan e-commerce menjadi gerbang transformasi digital bagi pelaku IKM dalam pemasaran.
  • 16:43 WIB. Minyak - Harga minyak AS naik di atas $60 karena pengetatan pasokan.
  • 16:42 WIB. Ekonomi - Ekonomi kreatif diproyeksikan sebagai pilar perekonomian Kalteng.
  • 16:37 WIB. Toyota - Toyota tertarik ekspor SUV dan mobil hibrida ke Australia.

Contoh-Contoh Mentalitas Silo Kayak Apa Sih? Yuk Simak dan Pahami!

Contoh-Contoh Mentalitas Silo Kayak Apa Sih? Yuk Simak dan Pahami! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Setelah membahas detail tentang “Apa Itu Mentalitas Silo?” gimana nih kamu sudah paham belum tentang istilah itu? Kalau masih butuh contoh buat lebih paham lagi, tenang, yuk simak artikel ini. Redaksi Warta Ekonomi sudah merangkumnya buat kamu.

Menyerempet sedikit tentang definisi mentalitas silo lagi nih, mentalitas silo, menurut kamus bisnis merupakan sebuah kecenderungan mental ketika beberapa departemen atau sektor tertentu enggak bersedia atau cenderung tertutup buat berbagi informasi dengan departemen lain di perusahaan yang sama.

Baca Juga: Apa Itu Mentalitas Silo?

Di artikel sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa mentalitas seperti ini bisa memberikan dampak buruk bagi perusahaan karena lintas komunikasinya terganggu. Bukan hanya itu, nilai-nilai moral di dalam perusahaan juga bisa berkurang, dan berpotensi mematikan produktivitas karyawan dan bisnis secara umum lho. Bahaya banget kan dampaknya!

Supaya menambah pemahamanmu lagi nih, kami sudah mengambil contoh dari berbagai sumber, perusahaan seperti apa sih yang bisa dibilang terkena Silo di dalamnya?

Baca Juga: Apa Itu Unicorn?

Di dalam perusahaan, tentu ada berbagai departemen dan memiliki tugasnya masing-masing untuk membangun bersama perusahaan tersebut. Nah, perusahaan itu bisa dikatakan terdampak Silo apabila antardepartemennya enggan berbagi informasi. Bahkan, ada departemen yang benar-benar menutup diri karena mereka berpikir, “ah itu bukan urusan gue”, “ah itu bukan tanggung jawab gue, buat apa gue kasih tahu informasi ini, biarin aja departemen A yang cari tahu sendiri”.

Duh kacau balau! Apabila perusahaan itu masih mempertahankan budaya kayak gitu di dalamnya, pasti lama kelamaan bakalan mengganggu budaya perusahaan bahkan bisa-bisa menghancurkan lho.

Lalu, perusahaan seperti apa yang masuk kategori bebas dari mentalitas silo?

So pasti dong, perusahaan yang antardepartemennya enggak pelit informasi dan komunikasinya lancar. Bukan hanya informasi terkait gosip di perusahaan saja ya, melainkan informasi yang menguntungkan juga.

Baca Juga: Apa Itu HGU?

Misalnya, perusahaan B sedang dilanda permasalahan di pemasaran dan sedang mengupayakan bagaimana jalan keluarnya. Di dalam perusahaan B itu, ia memiliki departemen X yang bergerak di bidang pemasaran. Salah satu karyawan di departemen Y yang bergerak di bidang desain, mendapat informasi nih dari perusahaan lain. Informasi itu terkait tentang permasalahan yang lagi dihadapi departemen X.

Apabila perusahaan itu terdampak mentalitas silo, sudah bisa dipastikan departemen Y bakalan mengunci mulut rapat-rapat dan enggak mengutarakan informasi itu yang mana tahu bisa membantu. Lain hal dengan perusahaan yang organisasinya sehat, karyawan departemen Y pasti enggak akan segan-segan buat sharing tentang informasi itu ke departemen X, atau bisa jadi ia berani tuh buka suara dan pendapat langsung ke atasan perusahaan.

Baca Juga: Apa itu R&D?

Jadi, bagaimana? Apa sampai di sini kamu sudah paham mengenai mentalitas silo dan contohnya? Kalau sudah, hindari ya. Yuk bangun perusahaan yang sehat dengan saling kerja sama antardepartemennya!

Tag: Mentalitas Silo, Istilah Bisnis, Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Adnan Abidi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,779.27 3,741.20
British Pound GBP 1.00 18,745.21 18,551.79
China Yuan CNY 1.00 2,120.12 2,098.88
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,173.00 14,031.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,153.54 10,049.00
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.03 1,787.91
Dolar Singapura SGD 1.00 10,529.72 10,420.35
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,206.83 16,037.43
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,493.47 3,455.06
Yen Jepang JPY 100.00 12,815.81 12,683.96

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6501.776 19.066 629
2 Agriculture 1481.617 -16.726 21
3 Mining 1884.733 2.495 47
4 Basic Industry and Chemicals 915.611 21.878 71
5 Miscellanous Industry 1284.362 -1.211 46
6 Consumer Goods 2659.055 -8.500 52
7 Cons., Property & Real Estate 466.708 6.035 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1164.975 0.327 72
9 Finance 1250.875 2.809 91
10 Trade & Service 827.602 -0.578 155
No Code Prev Close Change %
1 CAKK 216 270 54 25.00
2 COCO 336 420 84 25.00
3 STAR 88 106 18 20.45
4 GAMA 52 62 10 19.23
5 BACA 266 304 38 14.29
6 INPP 735 840 105 14.29
7 DART 300 336 36 12.00
8 SKBM 412 460 48 11.65
9 VRNA 125 137 12 9.60
10 YULE 183 200 17 9.29
No Code Prev Close Change %
1 ECII 1,100 825 -275 -25.00
2 SIMA 298 224 -74 -24.83
3 PNSE 760 575 -185 -24.34
4 TGKA 3,660 3,010 -650 -17.76
5 GLOB 416 352 -64 -15.38
6 PUDP 424 370 -54 -12.74
7 ITMA 765 700 -65 -8.50
8 MINA 870 800 -70 -8.05
9 BBLD 496 458 -38 -7.66
10 TFCO 680 630 -50 -7.35
No Code Prev Close Change %
1 HOME 100 102 2 2.00
2 NUSA 101 101 0 0.00
3 MNCN 825 795 -30 -3.64
4 PWON 685 705 20 2.92
5 FREN 324 308 -16 -4.94
6 STAR 88 106 18 20.45
7 CTRA 930 975 45 4.84
8 BBTN 2,390 2,520 130 5.44
9 BMRI 7,450 7,500 50 0.67
10 UNTR 27,825 27,800 -25 -0.09