Portal Berita Ekonomi Senin, 16 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 18:32 WIB. Brunei - Ekspor Brunei turun 9% (y on y) pada Juni 2019, menjadi 634,4 juta dolar Brunei
  • 16:18 WIB. Korea - Transaksi online produk kosmetik di Korsel naik 20% (y on y) periode Januari-Juli, menjadi US$5,6 M 
  • 16:14 WIB. Valas - Poundsterling melemah 0,51% terhadap dollar pada posisi 1,24 $/Pound
  • 16:13 WIB. Valas - Euro melemah 0,07% terhadap dollar pada posisi 1,11 $/Euro
  • 16:12 WIB. Valas - Yuan menguat 0,17% terhadap dollar pada posisi 7,07 Yuan/$
  • 16:11 WIB. Valas - Yen menguat 0,31% terhadap dollar pada posisi 107,76 Yen/$
  • 16:08 WIB. Bursa - Shanghai Composite Index ditutup melemah 0,02% pada posisi 3.030
  • 16:06 WIB. Valas - Rupiah ditutup melemah 0,54% terhadap dollar pada posisi Rp 14.042 
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka melemah 0,13% pada posisi 7.358
  • 16:01 WIB. IHSG - IHSG ditutup melemah 1,82% di akhir sesi II.
  • 15:53 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng hong Kong ditutup melemah 0,83% pada posisi 27.124
  • 15:44 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,64% pada posisi 2.062
  • 13:48 WIB. Serangan Aramco - SK Innovation Co Korsel: Kilang telah mendiversikasi sumber impor minyak mentah, tidak signifikan pengaruhnya
  • 13:40 WIB. Serangan Aramco - S-Oil Corp Korea: Gangguan pasokan tidak mungkin terjadi karena cadangan dari Aramco ada juga di Belanda dan Jepang
  • 13:16 WIB. China - Penjualan eceran barang konsumsi di China naik 7,5% (y on y) pada Agustus (US$479,78 M)

Contoh-Contoh Mentalitas Silo Kayak Apa Sih? Yuk Simak dan Pahami!

Contoh-Contoh Mentalitas Silo Kayak Apa Sih? Yuk Simak dan Pahami! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Setelah membahas detail tentang “Apa Itu Mentalitas Silo?” gimana nih kamu sudah paham belum tentang istilah itu? Kalau masih butuh contoh buat lebih paham lagi, tenang, yuk simak artikel ini. Redaksi Warta Ekonomi sudah merangkumnya buat kamu.

Menyerempet sedikit tentang definisi mentalitas silo lagi nih, mentalitas silo, menurut kamus bisnis merupakan sebuah kecenderungan mental ketika beberapa departemen atau sektor tertentu enggak bersedia atau cenderung tertutup buat berbagi informasi dengan departemen lain di perusahaan yang sama.

Baca Juga: Apa Itu Mentalitas Silo?

Di artikel sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa mentalitas seperti ini bisa memberikan dampak buruk bagi perusahaan karena lintas komunikasinya terganggu. Bukan hanya itu, nilai-nilai moral di dalam perusahaan juga bisa berkurang, dan berpotensi mematikan produktivitas karyawan dan bisnis secara umum lho. Bahaya banget kan dampaknya!

Supaya menambah pemahamanmu lagi nih, kami sudah mengambil contoh dari berbagai sumber, perusahaan seperti apa sih yang bisa dibilang terkena Silo di dalamnya?

Baca Juga: Apa Itu Unicorn?

Di dalam perusahaan, tentu ada berbagai departemen dan memiliki tugasnya masing-masing untuk membangun bersama perusahaan tersebut. Nah, perusahaan itu bisa dikatakan terdampak Silo apabila antardepartemennya enggan berbagi informasi. Bahkan, ada departemen yang benar-benar menutup diri karena mereka berpikir, “ah itu bukan urusan gue”, “ah itu bukan tanggung jawab gue, buat apa gue kasih tahu informasi ini, biarin aja departemen A yang cari tahu sendiri”.

Duh kacau balau! Apabila perusahaan itu masih mempertahankan budaya kayak gitu di dalamnya, pasti lama kelamaan bakalan mengganggu budaya perusahaan bahkan bisa-bisa menghancurkan lho.

Lalu, perusahaan seperti apa yang masuk kategori bebas dari mentalitas silo?

So pasti dong, perusahaan yang antardepartemennya enggak pelit informasi dan komunikasinya lancar. Bukan hanya informasi terkait gosip di perusahaan saja ya, melainkan informasi yang menguntungkan juga.

Baca Juga: Apa Itu HGU?

Misalnya, perusahaan B sedang dilanda permasalahan di pemasaran dan sedang mengupayakan bagaimana jalan keluarnya. Di dalam perusahaan B itu, ia memiliki departemen X yang bergerak di bidang pemasaran. Salah satu karyawan di departemen Y yang bergerak di bidang desain, mendapat informasi nih dari perusahaan lain. Informasi itu terkait tentang permasalahan yang lagi dihadapi departemen X.

Apabila perusahaan itu terdampak mentalitas silo, sudah bisa dipastikan departemen Y bakalan mengunci mulut rapat-rapat dan enggak mengutarakan informasi itu yang mana tahu bisa membantu. Lain hal dengan perusahaan yang organisasinya sehat, karyawan departemen Y pasti enggak akan segan-segan buat sharing tentang informasi itu ke departemen X, atau bisa jadi ia berani tuh buka suara dan pendapat langsung ke atasan perusahaan.

Baca Juga: Apa itu R&D?

Jadi, bagaimana? Apa sampai di sini kamu sudah paham mengenai mentalitas silo dan contohnya? Kalau sudah, hindari ya. Yuk bangun perusahaan yang sehat dengan saling kerja sama antardepartemennya!

Tag: Mentalitas Silo, Istilah Bisnis, Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Adnan Abidi

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,756.53 3,719.01
British Pound GBP 1.00 17,582.91 17,401.23
China Yuan CNY 1.00 1,994.14 1,974.33
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,090.00 13,950.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,681.24 9,582.26
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,800.39 1,782.38
Dolar Singapura SGD 1.00 10,251.00 10,145.45
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,606.08 15,449.63
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.58 3,348.54
Yen Jepang JPY 100.00 13,077.78 12,946.64

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6219.435 -115.408 652
2 Agriculture 1361.119 -4.695 21
3 Mining 1679.100 9.097 49
4 Basic Industry and Chemicals 894.538 -4.674 72
5 Miscellanous Industry 1188.637 -9.828 49
6 Consumer Goods 2222.625 -143.391 53
7 Cons., Property & Real Estate 496.194 -2.638 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1196.711 -0.304 75
9 Finance 1248.458 -20.517 90
10 Trade & Service 806.205 -6.008 162
No Code Prev Close Change %
1 SKYB 67 90 23 34.33
2 LPLI 125 158 33 26.40
3 ITIC 800 1,000 200 25.00
4 MYTX 63 77 14 22.22
5 TALF 312 360 48 15.38
6 APEX 530 580 50 9.43
7 AHAP 57 62 5 8.77
8 POLL 4,630 5,025 395 8.53
9 SHID 3,350 3,600 250 7.46
10 ARTA 364 390 26 7.14
No Code Prev Close Change %
1 GGRM 68,800 54,600 -14,200 -20.64
2 OMRE 1,740 1,400 -340 -19.54
3 HMSP 2,800 2,290 -510 -18.21
4 JAWA 150 124 -26 -17.33
5 BMSR 120 100 -20 -16.67
6 AKSI 580 486 -94 -16.21
7 BRAM 7,400 6,225 -1,175 -15.88
8 OKAS 224 193 -31 -13.84
9 BCAP 199 172 -27 -13.57
10 BAPI 150 130 -20 -13.33
No Code Prev Close Change %
1 HMSP 2,800 2,290 -510 -18.21
2 MNCN 1,305 1,285 -20 -1.53
3 GGRM 68,800 54,600 -14,200 -20.64
4 IPTV 555 540 -15 -2.70
5 BBRI 4,310 4,190 -120 -2.78
6 MAMI 129 130 1 0.78
7 BAPI 150 130 -20 -13.33
8 IATA 50 50 0 0.00
9 BMTR 376 364 -12 -3.19
10 ADRO 1,375 1,430 55 4.00