Portal Berita Ekonomi Rabu, 24 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:32 WIB. JSMR - Jasa Marga mencatatkan laba bersih sebesar Rp584,83 miliar pada kuartal I 2019.
  • 06:30 WIB. KSB - Krakatau Bandar Samudera membidik tender untuk menjadi pengelola pelabuhan milik PLN.
  • 06:30 WIB. GMFI - Pendapatan GMF AeroAsia kuartal I 2019 tumbuh, tapi laba tahun berjalan turun.
  • 06:29 WIB. BTN - BTN mengkaji akuisisi Asuransi Jiwasraya.
  • 06:17 WIB. BTN - BTN akan menerbitkan MTN sebesar Rp500 miliar untuk melunasi polis JS Saving Plan yang jatuh tempo.
  • 06:16 WIB. Holding Asuransi - Diperkirakan bakal ada sembilan perusahaan asuransi yang bergabung dalam holding asuransi.
  • 06:15 WIB. Holding Asuransi - Holding asuransu diperkirakan akan mengurangi capital outflow.
  • 00:10 WIB. Blue Bird - Blue Bird beli taksi listrik Tesla di importir umum.
  • 00:09 WIB. Tesla - Taksi robot Tesla meluncur tahun depan.
  • 00:09 WIB. Twitter - Twitter sebut tak hilangkan trending topic tertentu.
  • 00:07 WIB. Go-Food - Go-Food kini punya 400 ribu mitra pedagang makanan.

Pegiat E-Commerce Wajib Tahu! Ini 4 Pilar E-Commerce 4.0

Pegiat E-Commerce Wajib Tahu! Ini 4 Pilar E-Commerce 4.0 - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

E-Commerce terus berevolusi sejak pertama kali muncul hingga kini harus berhadapan dengan revolusi industri 4.0. Untuk itu, pelaku industri itu perlu menyiapkan diri secara optimal supaya eksistensinya semakin kuat dan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia semakin besar.

Pengamat Ekonomi Yustinus Prastowo menanyakan cara para pelaku e-commerce dalam membekali diri secara optimal. Sebab, menurutnya sektor tersebut memiliki peran besar dalam urusan penanaman modal tiga sampai empat tahun terakhir.

"Kita sudah ketahui bagaimana e-commerce telah menjadi salah satu penyumbang besar dalam kinerja ekonomi di Indonesia, serta mampu mengundang investor dari dalam dan luar negeri untuk menanamkan modal dalam industri ini dalam tiga sampai empat tahun terakhir," ujarnya, Selasa (19/2/2019).

Baca Juga: Industri 4.0 Bukan Hanya Unicorn dan e-commerce

Baca Juga: Ini Dampak Perkembangan E-Commerce bagi Indonesia

Lembagai riset Ipsos di Indonesia mengadakan riset terhadap sektor e-commerce selama dua tahun terakhir. Hasilnya, ada empat rekomendasi yang mereka temukan untuk para pegiat industri e-commerce menyambut revolusi industri 4.0.

"Ada empat pilar utama yang perlu mendapat perhatian dalam mengantisipasi era E-Commerce 4.0 di Indonesia," jelas Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan.

1. Infrastruktur

Menurut Ipsos, infrastruktur dapat memudahkan pelaku industri e-commerce dalam berinovasi. Selain itu, infrastruktur yang mumpuni juga akan memperbaiki proses pengiriman barang yang dibeli secara daring lewat situs e-commerce.

Turut hadir dalam kesempatan itu, CEO Blibli.com Kusumo Martanto berkata, "Hasil pembangunan tol, port, airport, jadi waktu (pengiriman) lebih cepat, harga ya lebih rendah. Kami senang pemerintah memerhatikan hal itu."

Kusumo menambahkan, pembangunan infrastruktur juga berdampak baik untuk para penjual di platform online. Barang yang mereka kirim akan cepat sampai ke konsumen.

2. Adopsi teknologi

Soeprapto berpendapat, adopsi teknologi dari konsumen dan mitra menjadi penting. Hal itu berkaitan dengan penerimaan mereka akan inovasi berbasis teknologi yang nantinya diciptakan oleh para pelaku bisnis.

"Yang diperlukan itu penyesuaian karena e-commerce ini baru, membuat orang gugup dan gagap. Perdebatan online dan offline terjadi karena itu. Revolusi ini mengombinasikan manufaktur dan teknologi, bukan meniadakan offline, tapi memberdayakan," jelas Yustinus.

3. Inovasi berbasis riset 

Diversifikasi kategori untuk menjawab kebutuhan konsumen itu diperlukan. Karena itu, para pelaku perlu menciptakan produk dan layanan berbasis riset komprehensif.

4. Tingkatkan kreativitas pelaku bisnis 

Soeprapto mengatakan, pelaku industri perlu berkontribusi dalam mengasah kreativitas pelaku bisnis. Dengan begitu, mereka dapat memanfaatkan platform e-commerce.

"Bagaimana industri kreatif di Indonesia juga dapat memberikan kontribusinya dalam meningkatkan kreativitas para pelaku bisnis dalam memanfaatkan platform-platform yang telah tersedia," begitu ujarnya.

Beberapa pemain e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada sendiri telah melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan dan lokakarya yang ditujukan pada pelaku bisnis UMKM. Materi yang diberikan berkisar pada pengemasan barang yang akan dikirim, pemasaran digital, dan sebagainya.

Baca Juga: Ritel Masih Bisa Kok Bersaing dengan E-Commerce, Berikut Strateginya

Tag: E-commerce, Ipsos Business Consulting

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Tanayastri Dini Isna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.33 3,735.70
British Pound GBP 1.00 18,375.19 18,187.78
China Yuan CNY 1.00 2,109.36 2,088.49
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,150.00 14,010.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,087.54 9,986.33
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,803.65 1,785.69
Dolar Singapura SGD 1.00 10,436.64 10,331.86
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,920.17 15,755.65
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,426.15 3,388.15
Yen Jepang JPY 100.00 12,659.93 12,531.31

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6462.822 48.079 632
2 Agriculture 1471.418 6.415 21
3 Mining 1816.490 35.325 47
4 Basic Industry and Chemicals 835.511 4.182 71
5 Miscellanous Industry 1327.492 19.942 46
6 Consumer Goods 2506.880 31.053 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.243 -0.634 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.999 14.156 73
9 Finance 1303.709 2.892 91
10 Trade & Service 815.278 5.604 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 466 580 114 24.46
2 ABBA 147 169 22 14.97
3 LUCK 840 960 120 14.29
4 BCAP 149 170 21 14.09
5 ALMI 525 595 70 13.33
6 CNTX 505 570 65 12.87
7 GSMF 110 123 13 11.82
8 JSKY 1,080 1,200 120 11.11
9 ZINC 555 615 60 10.81
10 MYTX 75 83 8 10.67
No Code Prev Close Change %
1 TRIS 266 200 -66 -24.81
2 ARTA 535 406 -129 -24.11
3 MTPS 1,210 920 -290 -23.97
4 CPRI 168 131 -37 -22.02
5 TRIO 155 121 -34 -21.94
6 IIKP 125 99 -26 -20.80
7 MTSM 238 202 -36 -15.13
8 BBLD 565 480 -85 -15.04
9 GHON 1,500 1,275 -225 -15.00
10 MKPI 17,175 15,000 -2,175 -12.66
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 168 131 -37 -22.02
2 BGTG 82 83 1 1.22
3 TLKM 3,780 3,850 70 1.85
4 TRAM 111 112 1 0.90
5 ABBA 147 169 22 14.97
6 FREN 312 298 -14 -4.49
7 BUMI 113 125 12 10.62
8 ERAA 1,495 1,585 90 6.02
9 UNTR 26,075 27,200 1,125 4.31
10 ESTI 109 100 -9 -8.26