Portal Berita Ekonomi Minggu, 15 Desember 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:08 WIB. Peringkat Kemudahan Berbisnis - Singapura (2), Malaysia (12), Thailand (21), China (31), India (63), Vietnam (70), Indonesia (73), Filipina (95)
  • 08:55 WIB. Peringkat Anti Korupsi - Singapura (3), Malaysia (61), India (78), China (87), Indonesia (89), Filipina (99), Thailand (99), Vietnam (117)

Pendekatan Customer Focused di Era Digital

Pendekatan Customer Focused di Era Digital - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Fokus pada pelanggan atau customer menjadi perhatian khusus dikalangan pelaku bisnis, terutama bisnis digital.

Menurut Gartner, 42% Tech CEO percaya peningkatan layanan customer experience adalah faktor terbesar keberhasilan bisnis.

Dengan pendekatan customer-focused pada bisnis menurut Marketing Insider Group, customer yang puas akan menjadi promoter terbaik bagi sebuah bisnis. Sebab di tengah kemudahan komunikasi dan berbagi informasi, tentunya customer menceritakan pengalaman terbaiknya kepada lingkungan baik lewat beragam platform komunikasi dan informasi.

Baca Juga: 3 CEO Ini Berbagi Trik Jitu untuk Pahami Kemauan Customer

Lantas bagaimana menghadirkan pengalaman terbaik untuk customer. Menurut ebook, 6 Telco API Trend to Know in 2019, setidaknya ada tiga tren seputar telekomunikasi dan customer-focused yang di bahas.

1. Customer-focused with personalized communication

Kehadiran beragam alat komunikasi baru dan kemudahan akses informasi membuat pelaku bisnis yang menerapkan strategi komunikasi yang tepat, baik untuk pemasaran, penjualan dan customer support. Karena itu bagaimana tahun ini akan menjadi ajang untuk para pelaku bisnis untuk semakin me-manusia-kan diri dan menerapkan strategi yang efektif.

Kehadiran chatbot dan AI adalah tanda dimana pelaku bisnis semakin fokus menjalin komunikasi yang apik dengan customer. Komunikasi dengan response time baik, mudah dijangkau dan langsung adalah catatan untuk pelaku bisnis. Memenuhi 3 hal ini adalah cara bagaimana berfokus pada customer.

2. Digital payment

Digital payment: "everything and everywhere payment method". Beberapa tahun belakang, metode dan alat pembayaran digital bermunculan dan diterapkan oleh pelaku bisnis yang berbasis digital maupun toko fisik. Hal ini menandakan bagaimana customer-focused mulai diterapkan di alat pembayaran. Sehingga tahun ini akan menjadi ajang digital payment untuk mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Baca Juga: Indonesia Siap Menyusul dalam Revolusi Digital Payment

Berdasarkan survei yang dilakukan dailysocial dengan jakpat di tahun 2017, 56,80% pengguna baru menggunakan uang elektronik dalam kurun waktu kurang dari setahun. Hal ini menunjukan bahwa tahun 2017 menjadi awal kesadaran akan uang elektronik meningkat dengan tingginya pengguna yang baru menggunakan kurang dari setahun.

3.Treat your customer

Di tahun 2018, 50% perusahaan melakukan perubahan dalam proses bisnis untuk meningkatkan customer experience. Mengapa hal ini terjadi? Transformasi digital telah mengubah customer, di mana akses informasi yang mudah dan cara komunikasi yang semakin variatif menjadi tantangan baru kepada perusahaan.

Baca Juga

Tag: Customer Focused, Digital Business

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Kumairoh

Foto: Sufri Yuliardi

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,747.08 3,709.59
British Pound GBP 1.00 18,951.81 18,757.67
China Yuan CNY 1.00 2,014.21 1,993.88
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,051.91 13,912.09
Dolar Australia AUD 1.00 9,726.73 9,622.99
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,800.56 1,782.46
Dolar Singapura SGD 1.00 10,394.96 10,285.44
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,708.63 15,550.93
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,395.00 3,357.16
Yen Jepang JPY 100.00 12,830.45 12,701.63

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6197.318 57.921 668
2 Agriculture 1424.860 10.203 20
3 Mining 1528.809 26.762 50
4 Basic Industry and Chemicals 976.378 16.198 77
5 Miscellanous Industry 1215.025 42.951 50
6 Consumer Goods 2023.673 9.223 56
7 Cons., Property & Real Estate 506.323 -1.997 83
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1122.442 14.680 76
9 Finance 1313.749 10.641 90
10 Trade & Service 768.113 0.709 166
No Code Prev Close Change %
1 ZBRA 72 97 25 34.72
2 IFII 300 374 74 24.67
3 TAMU 260 324 64 24.62
4 DWGL 180 218 38 21.11
5 UNIT 153 182 29 18.95
6 TIRA 214 252 38 17.76
7 MEGA 5,750 6,750 1,000 17.39
8 BIRD 2,470 2,890 420 17.00
9 NICK 260 300 40 15.38
10 SINI 1,200 1,350 150 12.50
No Code Prev Close Change %
1 MAMI 79 52 -27 -34.18
2 IBFN 318 246 -72 -22.64
3 YULE 199 154 -45 -22.61
4 AMAG 302 234 -68 -22.52
5 LMSH 398 310 -88 -22.11
6 BIKA 197 160 -37 -18.78
7 BVIC 119 98 -21 -17.65
8 BKSW 172 142 -30 -17.44
9 PEGE 230 190 -40 -17.39
10 HERO 875 725 -150 -17.14
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,485 1,590 105 7.07
2 IPTV 505 510 5 0.99
3 TLKM 3,950 3,990 40 1.01
4 BNLI 1,310 1,275 -35 -2.67
5 TCPI 6,175 6,200 25 0.40
6 REAL 266 298 32 12.03
7 ADRO 1,475 1,590 115 7.80
8 BBRI 4,250 4,280 30 0.71
9 ASII 6,550 6,850 300 4.58
10 ACES 1,590 1,550 -40 -2.52