Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkop dan UKM Dukung Target Kunjungan 1 Juta Wisman ke Danau Toba

Kemenkop dan UKM Dukung Target Kunjungan 1 Juta Wisman ke Danau Toba Kredit Foto: Kemenkop dan UKM
Warta Ekonomi, Dolok Sanggul -

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) mendukung penuh upaya pemerintah dalam menggenjot dan mendorong pengembangan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata. Hal ini sejalan dengan target pemerintah agar Wisata Danau Toba mampu menarik 1 juta wisatawan mancanegara pada 2019. 

Hal itu ditegaskan oleh Deputi Bidang Pemasaran dan Produksi, Kemenkop UKM, Victoria Simanungkalit pada pembukaan kegiatan “Sinergitas Program dalam rangka Mendukung Pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba” di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (19/2/2019).

“Siapa tak kenal dengan Danau Toba yang merupakan danau terbesar se-Asia Tenggara ini? Terkait fakta ini, sungguh tepat keputusan pemerintah memprioritaskan sekaligus menjadikannya sebagai salah satu andalan tujuan atau Destinasi Utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Victoria. 

Baca Juga: Operasikan KMP Ihan Batak, ASDP Indonesia Dukung Pariwisata Danau Toba

Victoria menambahkan, konsentrasi dukungan Kemenkop dan UKM dalam pengembangan Wisata Danau Toba terutama pada segi pembangunan infrastruktur, pengembangan destinasi pendukung, penguatan kelembagaan, maupun penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Victoria mengingatkan, bahwa target pemerintah agar Wisata Danau Toba mampu menarik 1 juta wisatawan mancanegara pada 2019 pasti menjadi tantangan tersendiri bagi Provinsi Sumatera Utara.  Itu sebabnya, diperlukan kerjasama antar berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, daerah, maupun stakeholder terkait. 

“Sejumlah kementerian dan lembaga terkait dunia pariwisata harus dilibatkan buat mengoptimalkan pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba ini. Tak terkecuali, peran Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran,” tandasnya.

Baca Juga: Tingkatkan Wisman, Pemprov Sumut Pecut Pembangunan Infrastruktur Danau Toba

Dalam konteks ini, Kemenkop dan UKM berusaha membangun sinergi dan kemitraan antar stakeholder dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, antara lain dengan pihak Bappenas, Kementerian Pariwisata, ASITA, GIZ, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Desa dan PDT.

“Tidak lupa, pihak Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran juga menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berterimakasih kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasi yang sudah diberikan,” ujar Victoria.

Untuk diketahui, kegiatan “Sinergitas Program dalam rangka Mendukung Pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba” di Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, Sumut ini merupakan tindak lanjut dari Launching Pilot Project Pengembangan Homestay dan Tour Guide di  Humbang Hasundutan oleh Kemenkop dan UKM pada Tahun 2018.

Guna mendukung program tersebut maka pada 18-20 Februari 2019 diadakan kegiatan “Workshop Pengelolaan Desa Wisata oleh Koperasi” yang diikuti 40 KUKM pengelola usaha pariwisata dan pendukungnya, serta “Konsultasi Design dan Kemasan, serta Pemberkasan Pendaftaran Merek Produk KUKM” yang diikuti oleh 50 pelaku KUKM.

“Saya berharap supaya kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para pelaku Koperasi dan UKM dalam mengembangkan usahanya,melakukan diversifikasi produk, dan perluasan jaringan,” pungkasnya.

Baca Juga: Majukan Kawasan Danau Toba, Pemprov Sumut Sambut Kerja Sama dengan Tiongkok

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: