Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Riset Nielsen: Indonesia Negara Paling Optimistis Ketiga di Dunia

Riset Nielsen: Indonesia Negara Paling Optimistis Ketiga di Dunia Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil riset Nielsen Global Consumer Confidence Survey di 64 negara menyebutkan bahwa Indonesia masih menduduki urutan ketiga sebagai negara paling optimis di dunia di kuartal IV 2018.

"Indonesia masih masuk dalam tiga negara yang paling optimistis di dunia. Indonesia hanya kalah dari India (133) dan Filipina ( 131)," kata Managing Director, Nielsen Indonesia Agus Nurudin dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Urutan berikutnya ada Vietnam (122), Denmark (120), Amerika Serikat (119), Malaysia (118), Pakistan (117), Thailand (113), dan China (113).

Baca Juga: Ramai-Ramai Meragukan Data Nielsen

Agus menjelaskan, skor Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada kuartal keempat tahun lalu sebesar 127 atau  meningkat satu poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang sebesar 126.

IKK sendiri dibentuk oleh tiga indikator, yaitu optimisme mengenai prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan.

Untuk Indonesia, optimisme akan prospek lapangan kerja lokal turun dari 73% di kuartal ketiga 2018 menjadi 68% di kuartal keempat 2018. Sementara itu, optimisme akan keadaan keuangan pribadi stabil di 79% pada dua kuartal terakhir tahun lalu.

Baca Juga: Pede Keuangannya Stabil, Orang Indonesia Gunakan Dana Cadangannya ke 5 Hal Ini

Kabar baiknya adalah di kuartal keempat 2018, 63% konsumen mengatakan bahwa 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik bagi mereka berbelanja untuk hal-hal yang mereka inginkan dan butuhkan. Indikator terakhir ini meningkat tajam dari 57% di kuartal ketiga 2018.

"Kepercayaan diri kemungkinan akan meningkat  di tengah pemilihan nasional yang akan datang," tambahnya.

Sementara itu meskipun kondisi ekonomi masih menempati urutan pertama dalam hal kekhawatiran konsumen, pada kuartal keempat 2018, persentasenya sedikit turun 30% dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 32%. Di kuartal tersebut, persepsi konsumen Indonesia mengenai resesi ekonomi juga lebih positif, di mana hanya 57% dari responden yang berpendapat negara sedang dalam keadaan resesi ekonomi. Angka ini turun cukup signifikan dari kuartal sebelumnya yang sebesar 61%.

"Secara umum di kuartal keempat tahun lalu konsumen merasa cukup percaya diri dengan keadaan keuangan pribadi mereka, dan juga siap untuk berbelanja. Ini sangat mungkin dipengaruhi oleh periode liburan akhir tahun, di mana sebagian besar konsumen merayakan tutup tahun. Semangat akhir tahun ini sepertinya membawa suasana positif terhadap kondisi ekonomi bagi konsumen," pungkas Agus.

Baca Juga: Bali Dukung Wacana Konser Artis Internasional di Indonesia

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: