Portal Berita Ekonomi Senin, 14 Oktober 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:51 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka negatif 0,07% pada level 8.051
  • 20:50 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka negatif 0,05% pada level 2.968
  • 20:48 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka negatif 0,19% pada level 26.764
  • 20:32 WIB. GOLD - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.490 USD/troy ounce
  • 20:31 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 59,13 USD/barel
  • 20:30 WIB. OIL- Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 53,44 USD/barel
  • 20:27 WIB. Valas - Dollar menguat 0,02% terhadap Yen pada level 108,31 Yen/USD
  • 20:26 WIB. Valas - Dollar menguat 0,77% terhadap Poundsterling pada level 1,2570 USD/Pound
  • 20:24 WIB. Valas - Dollar menguat 0,14% terhadap Euro pada level 1,1026 USD/Euro
  • 16:12 WIB. Valas - Yuan ditutup negatif 0,39% terhadap USD pada level 7,0617 Yuan/USD
  • 16:07 WIB. Valas - Rupiah ditutup positif 0,01% terhadap USD pada level Rp. 14.140/USD
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 0,81% pada level 26.521
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,37% pada level 3.125
  • 16:03 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 1,15% pada level 3.007
  • 15:53 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 1,11% pada level 2.067

Dubes Jepang: Semoga Warga Jakarta Bahagia dengan MRT

Dubes Jepang: Semoga Warga Jakarta Bahagia dengan MRT - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Tidak ada yang lebih menggelisahkan warga Jakarta saat dikejar waktu untuk menuju suatu acara atau pertemuan penting, namun terjebak macet dalam perjalanan.

Ketidakpastian akan waktu tempuh karena terpaksa terjebak kemacetan lalu lintas kemungkinan besar akan menimbulkan frustasi dan akhirnya ketidakbahagian pada sebagian besar warga Jakarta. Situasi tersebut juga dirasakan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii yang mulai bertugas sebagai kepala perwakilan negaranya sejak 2017 lalu.

Baca Juga: Menhub Ungkap Jadwal Operasional MRT Jakarta

Karena itu, dubes yang gemar mencicipi kuliner Indonesia itu menantikan Moda Raya Terpadu Jakarta (MRTJ) dapat menjadi simbol baru Ibu Kota Jakarta, yang bebas macet dan lebih ramah bagi manusia yang beraktivitas di dalamnya.

Dubes Ishii mencurahkan pandangan dan harapannya pada pemanfaatan MRT bagi pembangunan infrastruktur dan manusia Jakarta, dan rakyat Indonesia secara lebih luas.

Terlebih karena Jepang sebagai negara donor bagi pembiayaan pembangunan MRT Jakarta, Ishii mengharapkan transportasi publik terbaru tersebut dapat menjadi tanda persahabatan antara kedua negara dan masyarakat yang erat.

Baca Juga: Tarif MRT Bundaran HI-Lebak Bulus Kemahalan? Begini Kata Menhub

Ishii yang biasa menggunakan chikatetsu atau kereta bawah tanah untuk bepergian sehari-hari, termasuk perjalanan pergi dan pulang kerja saat di Tokyo, terpaksa berjibaku dengan lalu lintas Jakarta yang diwarnai macet hampir setiap hari.

Padahal, jarak dari Kedutaan Besar Jepang ke kediaman resmi dubes hanya sekitar 5 kilometer, Ishii mengatakan jika tidak macet waktu tempuhnya hanya 15 menit dengan mobil, namun bisa lebih dari dua jam kalau macet.

"Begitu MRT dibuka, Anda tahu, ada satu stasiun di dekat rumah dinas saya, dan satu stasiun ada di depan kedutaan kami, jadi saya yakin akan menggunakan MRT cukup sering karena itu akan memperpendek waktu komuter saya," kata dia.

Dubes Ishii melihat pola pikir yang sama pada akhirnya juga akan berlaku bagi semua warga Jakarta karena ketiga belas stasiun MRT diatur sedemikian rupa untuk mendekati lokasi perkantoran.

Baca Juga: Dubes Belanda Terkesan dengan MRT di Jakarta

"MRT akan mengubah pola komuter, dan saya pikir dalam jangka panjang juga akan mengubah pola hidup orang Jakarta ke arah yang positif," kata dia.

Secara garis besar, Ishii mengatakan penggunaan MRTJ berarti lalu lintas yang lebih lancar dan sedikit macet. Tanpa macet, waktu pun dapat diperkirakan dengan lebih efektif dan efisien sehingga memberikan dampak positif bagi kehidupan orang per orang maupun ekonomi secara nasional.

Salah satu contoh sederhana, Ishii menyebutkan proses rantai pasokan suatu industri yang terhambat karena truk yang membawa bahan baku terjebak macet dan tidak tahu kapan akan tiba di lokasi pabrik.

Kerugian tidak hanya akan ditanggung pabrik yang terlambat melakukan produksi, namun juga jasa logistik yang mungkin harus membayar ganti rugi untuk keterlambatan atau bahan baku yang rusak atau busuk karena lambat diterima.

"Itu hanya sebuah contoh sederhana untuk menggambarkan sistem baru kereta bawah tanah akan memberikan kontribusi besar bagi ekonomi Anda, selain itu juga akan meningkatkan kualitas hidup Anda," kata dia.

"MRTJ baik untuk Anda karena tanpa macet berarti frustasi berkurang, Anda lebih bahagia, prediktabilitas lebih memberikan waktu luang lebih untuk Anda," lanjut Ishii, Berdasarkan studi Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA), sekitar 91 persen logistik kargo dan penumpang bergantung pada kondisi lalu lintas jalan. Sementara itu, jumlah kendaraan bermotor pribadi meningkat karena pertumbuhan ekonomi yang tidak diiringi perbaikan transportasi publik.

Studi JICA menunjukkan bahwa pada 2016, jumlah kendaraan yang terdaftar di DKI Jakarta mencapai 18 juta unit, dan pada 2020, Jakarta akan macet total jika infrastruktur transportasi tidak segera dibenahi. Akibatnya, diperkirakan kerugian ekonomi karena kemacetan mencapai 1.49 miliar dolar AS atau sekitar Rp13 triliun per tahun, yang juga meliputi kerugian imaterial seperti kehilangan waktu dan dampak buruk polusi udara bagi kesehatan. Ishii kemudian mencontohkan perubahan pola pikir dan perilakunya sendiri terhadap transportasi publik di Jepang.

Sebelumnya, dia pun terbiasa memakai mobil pribadi, namun kemudian memutuskan untuk berhenti karena sarana jaringan kereta bawah tanah chikatetsu telah tersedia dan terintegrasi dengan baik.

"Saya tidak lagi pakai mobil karena memang tidak perlu, karena ada kereta," kata dia, dan menambahkan kini mobilnya hanya digunakan untuk keperluan mendesak.

Terkait keberadaan MRT Jakarta dan pembangunan manusia, Ishii mengaku setuju dengan pandangan bahwa sistem transportasi publik yang andal akan mendorong masyarakat menjadi lebih maju, baik dalam pola pikir maupun kedisiplinan.

Kembali melihat sistem chikatetsu di Jepang yang selain terintegrasi dengan moda trasnportasi lainnya, kereta bawah tanah di sana juga dioperasikan dengan frekuensi yang konstan dan hampir tidak pernah terlambat. Sistem yang andal tersebut membuat masyarakat Jepang dapat memperkirakan waktu perjalanan dengan baik dan mengalokasikan waktu selebihnya untuk melakukan kegiatan lain sehingga mereka terlatih menjadi disiplin.

Hal itulah yang kemudian menjadi pandangan jamak bahwa masyarakat Jepang bersifat disiplin terhadap waktu dan hampir tidak pernah terlambat, yang menurut Ishii, juga bermanfaat bagi pembangunan ekonomi Jepang.

"Dapat memperkirakan waktu dengan baik, menjadi insentif bagi masyarakat Jepang untuk menggunakan transportasi umum," kata dia.

Namun, terkait sistem transportasi publik, Ishii menilai bahwa ketepatan waktu bukanlah satu-satunya yang utama karena standar keselamatan dan kenyamanan juga menjadi faktor penting yang akan menarik masyarakat untuk senantiasa menggunakannya.

Ishii juga meyakini bahwa penerapan standar keselamatan dan kenyamanan pada transportasi publik bukan sesuatu yang spesial untuk Jepang, namun semua negara juga akan melakukannya untuk kebaikan rakyatnya, termasuk pada MRTJ.

Oleh karena itu, Ishii optimistis bahwa MRT Jakarta yang dirancang dan dibangun dengan teknologi Jepang berkolaborasi dengan pekerja Indonesia, juga akan dioperasikan tepat waktu serta memiliki standar keselamatan yang tinggi.

Baca Juga

Tag: PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta

Penulis: Redaksi WE Online/Ant

Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Agus Aryanto

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,785.16 3,747.30
British Pound GBP 1.00 17,882.08 17,698.52
China Yuan CNY 1.00 2,009.37 1,988.25
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,196.63 14,055.37
Dolar Australia AUD 1.00 9,628.15 9,529.54
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,809.96 1,791.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,366.29 10,259.39
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,656.04 15,498.86
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,397.95 3,361.72
Yen Jepang JPY 100.00 13,111.04 12,976.98

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6126.877 21.077 657
2 Agriculture 1348.279 -2.319 20
3 Mining 1611.864 -7.561 48
4 Basic Industry and Chemicals 863.719 15.438 74
5 Miscellanous Industry 1148.018 -6.840 50
6 Consumer Goods 2164.148 14.244 54
7 Cons., Property & Real Estate 500.309 -1.443 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1209.995 -9.069 75
9 Finance 1233.976 7.226 90
10 Trade & Service 798.984 2.223 164
No Code Prev Close Change %
1 SLIS 505 630 125 24.75
2 BMAS 240 292 52 21.67
3 TIRA 190 230 40 21.05
4 ISAT 2,680 3,040 360 13.43
5 PALM 210 238 28 13.33
6 VIVA 83 92 9 10.84
7 FITT 81 89 8 9.88
8 INTD 137 150 13 9.49
9 ASRM 2,040 2,230 190 9.31
10 HELI 151 165 14 9.27
No Code Prev Close Change %
1 FREN 220 168 -52 -23.64
2 DUTI 6,850 5,500 -1,350 -19.71
3 AKPI 470 398 -72 -15.32
4 AMAG 320 282 -38 -11.88
5 ITMA 820 725 -95 -11.59
6 TELE 338 304 -34 -10.06
7 BAJA 95 86 -9 -9.47
8 BMSR 93 85 -8 -8.60
9 KIOS 384 352 -32 -8.33
10 MDKI 248 228 -20 -8.06
No Code Prev Close Change %
1 FREN 220 168 -52 -23.64
2 LMAS 61 60 -1 -1.64
3 MAMI 212 220 8 3.77
4 KPIG 130 133 3 2.31
5 MSIN 432 454 22 5.09
6 TCPI 6,825 6,700 -125 -1.83
7 MNCN 1,310 1,310 0 0.00
8 IPTV 510 515 5 0.98
9 ABBA 161 151 -10 -6.21
10 BBRI 3,920 3,920 0 0.00