Portal Berita Ekonomi Jum'at, 19 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:05 WIB. Musk - Elon Musk bikin cip AI penghubung otak manusia dengan komputer.
  • 09:18 WIB. Kamboja - Pemerintah Kamboja telah memastikan  1.600 ton sampah plastik dari AS dan Kanada adalah ilegal.
  • 09:08 WIB. Selat Hormuz -  Trump: AL AS menembak drone Iran yang mendekati kapal perang AS.
  • 09:02 WIB. MediaTek - Sambut 5G, MediaTek rilis platform AI IoT i700, komputasi edge AI berkecepatan tinggi.
  • 08:56 WIB. IHSG - IHSG dibuka hijau 0,22% di awal sesi I.
  • 08:00 WIB. Instagram - Instagram uji fitur untuk sembunyikan jumlah likes.
  • 06:12 WIB. India - Future Group (riteler India) akan luncurkan 7-Eleven pertama di India.
  • 06:08 WIB. Tokopedia - Tokopedia buka fitur tukar tambah smartphone.

Bodoh! Bisnis Kecil Bodoh Kalau Lakukan Ini saat Branding

Bodoh! Bisnis Kecil Bodoh Kalau Lakukan Ini saat Branding - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Disaat bisnis kecil membayangkan branding sehebat Coca Cola, Nike, Adidas, rasanya jauh dari kata mungkin ya. Pasalnya, investasi yang masuk ke dalam gambar ikonik seperti itu pasti mahal cyin.

Baca Juga: Bangun Personal Branding Dulu Baru Bangun Bisnis, Simak Cara Mudahnya

Sebenarnya membangun branding bagi bisnis kecil itu enggak sulit kok. Pengusaha hanya harus kreatif dan inovatif agar branding sederhana itu bisa tampak luar biasa. Hindari kesalahan-kesalahan berikut agar brandingmu berhasil dan ciamik:

Tidak memahami kekuatan suatu merek

Dari perspektif hubungan pelanggan, memiliki merek yang kuat jelas menguntungkan. Mendefinisikan merek juga berharga dari perspektif SEO. Ini adalah rahasia umum bahwa Google suka memprioritaskan daftar merek di hasil pencarian organiknya, karena pengunjung lebih cenderung mengkliknya.

Baca Juga: 4 Tips Branding untuk Seorang Pengusaha Tanpa Anggaran

Lebih banyak klik cenderung menyamai pelanggan yang lebih bahagia, yang berarti bahwa fokus pada pembangunan merek dapat menyebabkan lalu lintas situs web dan manfaat kesadaran yang tak terduga.

Lupa membuat pedoman merek yang ditentukan

Jadi, kamu tahu bahwa perusahaanmu mungkin mengembangkan merek, tetapi apa sebenarnya artinya itu? Saat membuat identitas merek, kamu ingin membuat pedoman yang ditetapkan yang mencakup semua elemen, di antaranya logo, warna merek, tagline, jenis huruf dan tipografi, citra, maskot dan juru bicara untuk dipertimbangkan.

Kalau kamu lupa menentukan pedoman ini, bersiaplah untuk gagal dalam melakukan branding. Terlebih lagi bisnismu bukan dalam ukuran besar.

Merek terlalu rumit

Usaha kecil dapat belajar dari Coca Cola. Saat memulai proses branding, mungkin tergoda untuk menambahkan lebih banyak variabel daripada yang benar-benar kamu butuhkan.

Baca Juga: Bukan, Bukan dengan Media Sosial, Lewat Cara Ini Merek Bisnis Juga Bisa Eksis

Tetapi, ketahuilah, logo brand kamu enggak perlu ada semua warna, pilihlah unsur yang menarik dan sederhana saja lebih baik. Jangan terlalu rumit, yang penting mudah untuk dikenali dan diingat konsumen.

Meluncurkan perubahan merek dengan buruk

Enggak ada yang salah dengan rebranding, jika itu masih dalam kategori yang lebih baik. Bukan malah membuat merekmu dinilai jelek ya.

Ingatlah bahwa setiap perubahan yang kamu lakukan pada merek bisa mengurangi koneksi yang kamu buat dengan pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk hanya melakukan perubahan ketika manfaatnya benar-benar lebih besar daripada risiko kehilangan bisnis.

Kalau kamu memutuskan untuk melakukan perubahan, kamu perlu mendidik dan menginformasikan pelanggan dengan jelas tentang perubahan yang kamu lakukan itu.

Tag: pemasaran, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Marketeers.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,728.00 3,690.58
British Pound GBP 1.00 17,543.07 17,366.04
China Yuan CNY 1.00 2,037.30 2,016.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,983.00 13,843.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,884.58 9,784.23
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,789.94 1,771.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,307.39 10,202.68
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,750.45 15,588.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,403.02 3,366.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,003.81 12,872.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6403.294 8.685 652
2 Agriculture 1359.779 -0.916 21
3 Mining 1655.430 15.724 49
4 Basic Industry and Chemicals 816.021 16.130 72
5 Miscellanous Industry 1264.885 5.069 49
6 Consumer Goods 2385.818 14.333 53
7 Cons., Property & Real Estate 495.521 0.306 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1233.628 3.292 74
9 Finance 1316.824 -9.517 91
10 Trade & Service 816.856 -0.632 163
No Code Prev Close Change %
1 HRME 545 680 135 24.77
2 POLU 1,010 1,260 250 24.75
3 ARKA 830 1,035 205 24.70
4 PICO 390 486 96 24.62
5 GLOB 406 505 99 24.38
6 PAMG 362 416 54 14.92
7 SAPX 655 745 90 13.74
8 MINA 1,250 1,400 150 12.00
9 INPP 720 800 80 11.11
10 SOTS 270 300 30 11.11
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 480 372 -108 -22.50
2 BRAM 14,000 11,200 -2,800 -20.00
3 PCAR 2,430 2,010 -420 -17.28
4 TMAS 210 174 -36 -17.14
5 AKSI 338 284 -54 -15.98
6 ARTA 400 342 -58 -14.50
7 POSA 242 214 -28 -11.57
8 BTEK 83 74 -9 -10.84
9 SKBM 440 400 -40 -9.09
10 OASA 290 264 -26 -8.97
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 344 350 6 1.74
2 IPTV 244 242 -2 -0.82
3 MNCN 1,420 1,365 -55 -3.87
4 POSA 242 214 -28 -11.57
5 ANTM 900 950 50 5.56
6 BBRI 4,520 4,450 -70 -1.55
7 INKP 7,900 8,475 575 7.28
8 INCO 3,130 3,180 50 1.60
9 BKSL 134 142 8 5.97
10 INOV 422 442 20 4.74