Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTN Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

BTN Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 Kredit Foto: BTN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 atas prestasi yang diperolehnya dalam pengendalian layanan nasabah. Sertifikasi itu diterima perseroan dari British Standard Institute (BSI), lembaga sertifikasi yang merupakan bagian dari national standards body United Kingdom yang telah tersertifikasi secara international.

BTN dinilai oleh BSI, yang juga anggota dari International Acreditation Forum (IAF), layak menerima sertifikat ISO 9001:2015 karena telah memenuhi tuntutan tujuh prinsip Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015.

"Dalam penilaian BSI, BTN telah memenuhi customer focus, leadership, proses approach, engagement of people, improvement, evidence based decision making, dan relationship management. Hasil inilah yang mengantarkan BTN menerima sertifikasi ISO 9001:2015 dari BSI," jelas Direktur BTN Dasuki Amsir saat menerima sertifikasi tersebut di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Menurut Dasuki, sertifikasi tersebut adalah buah dari komitmen perseroan sebagai salah satu bank BUMN yang memberikan layanan prima untuk meningkatkan kepuasan nasabah dengan tanggap terhadap pengaduan dan memberikan jawaban yang akurat serta memberikan pelayanan yang tepat waktu sesuai dengan SLA dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Sedih Banget, Tunjangan Guru Non-PNS Raib di Bank BTN

Baca Juga: Program Sejuta Rumah Jadikan BTN Bank Terbesar Kelima

Dengan penerapan tujuh prinsip SMM ISO 9001:2015 di BTN, Dasuki meyakini layanan pengaduan nasabah BTN dapat memenuhi kepuasan seluruh nasabah secara konsisten dan memenuhi standar. Di samping itu, implementasi standardisasi ISO 9001:2015 yang diterima BTN diharapkan akan dapat meningkatkan loyalitas nasabah kepada BTN.

Ada satu tantangan untuk BTN agar perolehan sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan menjadikan BTN lebih baik dalam menangani keluhan atau komplain nasabah dan berlaku standar di seluruh kantor cabang BTN.

"Kami memberikan komitmen itu untuk dapat dilaksanakan secara nasional di seluruh kantor layanan BTN, sehingga seluruh nasabah perseroan akan terlayani dengan baik," tegas Dasuki.

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen mutu produk atau jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mutu mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Rangkaian proses sertifikasi yang dilaksanakan PT BSI melalui lima tahapan, yaitu Gap Assessment; Requirement Training Course; Implementation, Documentation and Workshop; Internal Auditor Training Course and Live Audit; dan Document Review, dan keseluruhan rangkaian tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh BTN.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: