Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jebret! Indonesia Juara Piala AFF 2019

Jebret! Indonesia Juara Piala AFF 2019 Kredit Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Warta Ekonomi, Jakarta -

Timnas Indonesia U-22 akhirnya bisa meraih gelar juara untuk pertama kalinya di Piala AFF setelah berhasil mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja.

Tim Garuda muda ini tampil percaya diri meski baru kali tampil di event ini. Pelatih Indonesia Indra Sjafri menurunkan skuad terbaiknya di laga puncak ini.

Dua gol dari Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Ardiles Haay mengantar Indonesia mengubur keunggulan yang sempat dimiliki Thailand melalui Saringkan Promsupa.

Thailand unggul terlebih dahulu melalui Promsupa yang berhasil membawa Pasukan Gajah Putih unggul lewat tandukannya menyambut tendangan bebas pada menit ke-57.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, lantaran dalam kesempatan serangan balasan pertama Sani melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti yang sempat membentur pemain bertahan Thailand sebelum mengecoh Korraphat dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-59.

Sukses menyamakan kedudukan, Indra berusaha menambah tenaga segar dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre menggantikan Gian Zola Nasrulloh Nugraha. Momentum positif bagi Indonesia berlanjut dan Osvaldo kemudian dilanggar di sisi kanan serangan.

M. Luthfi yang menghadapi bola mengirimkan umpan lambung yang berhasil disundul Osvaldo untuk memperdaya kiper Thailand dan melesak ke sudut tiang jauh sekaligus membawa Indonesia berbalik unggul pada menit ke-64.

Indonesia sempat berada dalam posisi kurang diuntungkan ketika Bagas Adi diganjar kartu merah langsung oleh wasit lantaran melakukan jegalan dua kaki terhadap pemain lawan pada menit ke-89. Beruntung lima menit masa injury time, Indonesia berhasil mempertahankan skor unggul 2-1 dan mengangkat trofi Piala AFF U-22 untuk pertama kalinya.

Susunan Pemain

Indonesia (4-1-2-3): Awan Setho Raharjo; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah; Sani Rizki Fauzi (M. Rafi Syarahil), Gian Zola Nasrulloh Nugraha (Todd Rivaldo Ferre); Osvaldo Ardiles Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaiman (Rachmat Irianto)

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand (5-3-2): Korraphat Nareechan; Kritsada Notharat, Chatchai Saengdao, Marco Ballini, Saringkan Promsupa, Sampan Kesi (Korawich Tasa); Sakunchai Saengthopho, Tansipit Khukhalamo (Ritthidet Phensawat), Patcharapol Intanee; Jedsadakorn Kowngam, Jaroensak Wonggorn (Sinahart Suttisak)

Pelatih: Alexandre Gama  

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: