Portal Berita Ekonomi Senin, 09 Desember 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:03 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.462 USD/troy ounce.
  • 16:02 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 64,00 USD/barel.
  • 16:02 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 58,78 USD/barel.
  • 16:01 WIB. IHSG - IHSG menguat 0,11% di akhir sesi II.
  • 16:01 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,17% terhadap Poundsterling pada level 1,3162 USD/GBP.
  • 16:00 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,04% terhadap Euro pada level 1,1064 USD/EUR.
  • 15:59 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,08% terhadap Yen pada level 108,49 JPY/USD.
  • 15:58 WIB. Valas - Yuan ditutup positif 0,12% terhadap Dollar AS pada level 7,04 CNY/USD.
  • 15:57 WIB. Valas - Rupiah ditutup negatif 0,20% terhadap Dollar AS pada level Rp.14.010/USD.
  • 15:56 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup negatif 0,37% pada level 3.182.
  • 15:55 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 0,08% pada level 2.914.
  • 15:54 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup negatif 0,01% pada level 26.494.
  • 15:33 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka negatif 0,20% pada level 7.225.
  • 13:59 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,33% pada level 23.430.
  • 13:58 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 0,33% pada level 2.088.

Om Bob: Bisnis Itu Cuma Modal Dengkul, Kalau Enggak Punya Dengkul, Pinjam Punya Orang Lain

Om Bob: Bisnis Itu Cuma Modal Dengkul, Kalau Enggak Punya Dengkul, Pinjam Punya Orang Lain - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kali ini bukan nasihat atau petuah yang nyeleneh dari pengusaha legendaris Bambang Mustari Sadino atau yang biasa dikenal Bob Sadino. Namun, pengusaha nyentrik itu membeberkan kiat suksesnya dengan modal kecil tetapi bisa peroleh untung besar.

Bagaimana ya caranya? Simak penjabaran berikut:

1. Pilih bisnis yang kamu kuasai

Bob Sadino enggak pernah menasihati pengusaha untuk meniru bisnis orang lain. Pasalnya, setiap insan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Lantas, kenapa enggak langsung saja terjun ke dalam bisnis yang kamu kuasai? Dengan begitu, kamu enggak perlu repot-repot riset, wong kamu sudah paham. Bisa menghemat waktu.

Baca Juga: Kisah Bob Sadino, Dikira Tukang Sampah di Pelataran Kantornya Sendiri

Tanpa butuh waktu lama, kamu pasti bisa mengeksekusi bisnis ini. Dan kamu juga bisa lebih mudah dalam melakukan analisis laba rugi buat masa depan.

2. Beritahu bisnismu ke teman-teman

Langkah kedua adalah bikin bisnismu beken di kalangan teman-teman. Sebelum memperluas bisnismu ke khalayak luar, kamu bisa memulainya dulu kepada teman-teman. Siapa tahu mereka bisa menjadi calon pelanggan tetapmu dan lebih bagus lagi kalau mereka bisa jadi mitra bisnismu.

3. Jangan gunakan pihak ketiga buat promosi

Setiap bisnis pasti berkaitan erat dengan promosi. Nah, Om Bob sama sekali enggak menyarankan buat melibatkan pihak ketiga dalam strategi promosi bisnismu lho. Kenapa ya?

Ketika kamu memutuskan buat menggunakan jasa konsultan atau agency, otomatis bakal ada biaya yang kamu keluaran bukan? Semurah-murahnya jasa mereka, tentu lebih murah lagi kalau kamu sendiri yang merancang strategi promosinya.

Baca Juga: Bob Sadino: Pengusaha Kayak Gitu Mending Mati Aja Udah

4. Jaga arus kas, buatlah prioritas

Selanjutnya, kalau bisnismu menggunakan modal uang, kamu harus menjaga arus kas dengan membuat prioritas terhadap proyek-proyek apa yang bakal kamu lakukan dalam waktu dekat dan tentukan anggaran biayanya.

Tahu dampaknya kalau kamu enggak membuat prioritas? Keuangan kamu bisa berantakan. Kalau terus-terusan begitu, segala dana yang dialokasikan buat promosi enggak pernah menghasilkan returns yang signifikan. Dan sebagai pemilik bisnis, kamu malah merugi.

5. Jangan buru-buru minjam duit ke bank

Nah ini nih, banyak pengusaha yang kalang kabut tentang uang terus buru-buru memutuskan untuk meminjam uang ke bank. Daripada ke bank, Bob Sadino menyarankan biar kamu mengajak saudara atau teman buat berinvestasi di bisnismu. Ketika bisnis itu sudah menguntungkan, jangan lupa buat membaginya dengan mereka.

Dengan mekanisme ini, sama saja dengan memberikan mereka saham buat usahamu. Enggak menutup kemungkinan, jika sewaktu-waktu bisnismu laris, maka mereka berani berinvestasi dengan dana yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Baca Deh Petuah Bob Sadino tentang “Kepintaran” Ini, Duh Nyelekit

6. Gunakan media sosial

Peranan media sosial memang enggak bisa dipungkiri lagi. Setiap pengusaha zaman now dirasa harus punya deh yang namanya media sosial. Soalnya, media sosial ini bisa jadi senjata buat promosi bisnis. Dan beuh, kekuatannya jangan diragukan lagi deh.

Walau Bob Sadino adalah pebisnis zaman old, dia tetap setuju dengan penggunaan medsos. Bob bilang kalau medsos emang praktis banget dalam membantu kegiatan promosi.

7. Modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan

Ada rumus yang diberikan Om Bob, yakni modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan. Memang enggak gampang sih buat menerapkannya, tetapi sebagai pengusaha dengan bisnis modal kecil ya harus punya usaha yang jauh lebih keras dong kalau mau maju.

Artinya, enggak ada cara lain buat meraup keuntungan besar tanpa kerja keras.

8. Jangan bosan

Enggak ada yang instant, apalagi masalah bisnis. Semuanya butuh kesabaran dan kesetiaan. Jangan bosan dalam merintis bisnis, setiap keadaan harus dihadapi, bukan malah dihindari.

Jadi pengusaha itu enggak kenal kata menyerah kalau diterjang masalah, apalagi sampai pindah ke usaha lain. Coba buat fokus dan cari terobosan buat menghadapi masalah itu.

9. Sabar

Apapun bisnisnya, kamu harus sabar dalam menjalaninya. Apalagi kalau kamu mau bisnismu raup untung besar. Pengusaha harus menikmati prosesnya dengan kesabaran sebagai fondasinya.

“Bisnis itu cuma modal dengkul. Bahkan jika kamu enggak punya dengkul, pinjam punya orang lain.”

Kalimat itu emang kedengarannya nyeleneh, tapi ucapan Om Bob itu benar, artinya bisnis enggak perlu modal besar, yang penting mau memulai.

Baca Juga

Tag: Bob Sadino, Inspirasi

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: MoneySmart

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,757.83 3,720.04
British Pound GBP 1.00 18,524.17 18,338.46
China Yuan CNY 1.00 2,004.08 1,983.30
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,091.11 13,950.90
Dolar Australia AUD 1.00 9,631.27 9,528.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,799.88 1,781.93
Dolar Singapura SGD 1.00 10,358.83 10,255.00
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,580.54 15,421.32
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.85 3,349.56
Yen Jepang JPY 100.00 12,976.43 12,843.77

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6193.791 6.923 667
2 Agriculture 1443.038 8.692 20
3 Mining 1476.026 1.626 50
4 Basic Industry and Chemicals 977.472 -2.356 76
5 Miscellanous Industry 1189.164 -11.910 50
6 Consumer Goods 2061.454 6.260 56
7 Cons., Property & Real Estate 518.354 8.147 83
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1126.422 -11.329 76
9 Finance 1301.830 3.637 90
10 Trade & Service 768.878 2.683 166
No Code Prev Close Change %
1 REAL 170 228 58 34.12
2 MSKY 1,250 1,560 310 24.80
3 PICO 3,500 4,310 810 23.14
4 PDES 615 735 120 19.51
5 ARKA 1,785 2,060 275 15.41
6 PCAR 1,995 2,290 295 14.79
7 POLY 60 68 8 13.33
8 BKSW 135 151 16 11.85
9 BKSL 68 76 8 11.76
10 TALF 262 292 30 11.45
No Code Prev Close Change %
1 TGRA 160 120 -40 -25.00
2 MAMI 246 185 -61 -24.80
3 DEAL 210 158 -52 -24.76
4 BIPP 65 50 -15 -23.08
5 PAMG 62 50 -12 -19.35
6 KARW 79 64 -15 -18.99
7 FORZ 59 50 -9 -15.25
8 SHID 2,950 2,500 -450 -15.25
9 NIKL 428 364 -64 -14.95
10 ESIP 370 318 -52 -14.05
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,395 1,505 110 7.89
2 IPTV 525 525 0 0.00
3 TOWR 745 735 -10 -1.34
4 TCPI 5,700 5,500 -200 -3.51
5 BKSL 68 76 8 11.76
6 WSKT 1,420 1,470 50 3.52
7 TLKM 4,100 4,070 -30 -0.73
8 PSAB 240 220 -20 -8.33
9 PPRO 67 74 7 10.45
10 ESIP 370 318 -52 -14.05