Portal Berita Ekonomi Kamis, 21 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:40 WIB. BUMN - BUMN membuka kesempatan bagi 9.000 mahasiswa untuk mengikuti program magang bersertifikat.
  • 22:40 WIB. Dahana - Dahana menggelar acara pengiriman pertama ekspor Cartridge Emulsion ke Australia.
  • 22:39 WIB. Pelindo IV - Pelindo IV diminta terus tingkatkan pelayanannya di Indonesia Timur.
  • 22:33 WIB. PLN - PLN Disjaya siap sediakan 52 juta VA untuk pengembangan kawasan Astra Modern Land.
  • 22:33 WIB. BTN - BTN menginisiasi sekolah properti bagi pengembang perumahan.
  • 22:33 WIB. MTF - MTF menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan Rp15 miliar dari ajang MTF Autofiesta 2019.
  • 22:32 WIB. Pelindo I - Pelindo I merencanakan belanja modal Rp8 triliun tahun ini.
  • 22:31 WIB. Pelindo I - Pelindo I tengah mencari mitra strategis untuk mengelola kawasan industri Kuala Tanjung.
  • 22:29 WIB. KAI - KAI masih memiliki tujuh lahan potensial untuk dibangun TOD.
  • 21:45 WIB. KA - Progres pengerjaan rel KA Trans Sulawesi Tahap I sudah dalam masa perampungan.
  • 21:44 WIB. Pelindo II - DPR memparpanjang kerja Pansus Pelindo II.
  • 21:43 WIB. KAEF - Kimia Farma berharap dapat menyelesaikan proses akuisisi Phapros sebelum Maret 2019.
  • 21:43 WIB. KAEF - Kimia Farma menyebutkan nilai akuisisi saham Phapros berada pada rentang Rp1 triliun-Rp1,5 triliun.
  • 21:42 WIB. BNI - BNI bidik transaksi EDC Rp107 triliun tahun ini.
  • 21:42 WIB. BNI - BNI menargetkan pertumbuhan sebesar 94,5% secara yoy transaksi mesin EDC.

Om Bob: Bisnis Itu Cuma Modal Dengkul, Kalau Enggak Punya Dengkul, Pinjam Punya Orang Lain

Om Bob: Bisnis Itu Cuma Modal Dengkul, Kalau Enggak Punya Dengkul, Pinjam Punya Orang Lain - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kali ini bukan nasihat atau petuah yang nyeleneh dari pengusaha legendaris Bambang Mustari Sadino atau yang biasa dikenal Bob Sadino. Namun, pengusaha nyentrik itu membeberkan kiat suksesnya dengan modal kecil tetapi bisa peroleh untung besar.

Bagaimana ya caranya? Simak penjabaran berikut:

1. Pilih bisnis yang kamu kuasai

Bob Sadino enggak pernah menasihati pengusaha untuk meniru bisnis orang lain. Pasalnya, setiap insan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Lantas, kenapa enggak langsung saja terjun ke dalam bisnis yang kamu kuasai? Dengan begitu, kamu enggak perlu repot-repot riset, wong kamu sudah paham. Bisa menghemat waktu.

Baca Juga: Kisah Bob Sadino, Dikira Tukang Sampah di Pelataran Kantornya Sendiri

Tanpa butuh waktu lama, kamu pasti bisa mengeksekusi bisnis ini. Dan kamu juga bisa lebih mudah dalam melakukan analisis laba rugi buat masa depan.

2. Beritahu bisnismu ke teman-teman

Langkah kedua adalah bikin bisnismu beken di kalangan teman-teman. Sebelum memperluas bisnismu ke khalayak luar, kamu bisa memulainya dulu kepada teman-teman. Siapa tahu mereka bisa menjadi calon pelanggan tetapmu dan lebih bagus lagi kalau mereka bisa jadi mitra bisnismu.

3. Jangan gunakan pihak ketiga buat promosi

Setiap bisnis pasti berkaitan erat dengan promosi. Nah, Om Bob sama sekali enggak menyarankan buat melibatkan pihak ketiga dalam strategi promosi bisnismu lho. Kenapa ya?

Ketika kamu memutuskan buat menggunakan jasa konsultan atau agency, otomatis bakal ada biaya yang kamu keluaran bukan? Semurah-murahnya jasa mereka, tentu lebih murah lagi kalau kamu sendiri yang merancang strategi promosinya.

Baca Juga: Bob Sadino: Pengusaha Kayak Gitu Mending Mati Aja Udah

4. Jaga arus kas, buatlah prioritas

Selanjutnya, kalau bisnismu menggunakan modal uang, kamu harus menjaga arus kas dengan membuat prioritas terhadap proyek-proyek apa yang bakal kamu lakukan dalam waktu dekat dan tentukan anggaran biayanya.

Tahu dampaknya kalau kamu enggak membuat prioritas? Keuangan kamu bisa berantakan. Kalau terus-terusan begitu, segala dana yang dialokasikan buat promosi enggak pernah menghasilkan returns yang signifikan. Dan sebagai pemilik bisnis, kamu malah merugi.

5. Jangan buru-buru minjam duit ke bank

Nah ini nih, banyak pengusaha yang kalang kabut tentang uang terus buru-buru memutuskan untuk meminjam uang ke bank. Daripada ke bank, Bob Sadino menyarankan biar kamu mengajak saudara atau teman buat berinvestasi di bisnismu. Ketika bisnis itu sudah menguntungkan, jangan lupa buat membaginya dengan mereka.

Dengan mekanisme ini, sama saja dengan memberikan mereka saham buat usahamu. Enggak menutup kemungkinan, jika sewaktu-waktu bisnismu laris, maka mereka berani berinvestasi dengan dana yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Baca Deh Petuah Bob Sadino tentang “Kepintaran” Ini, Duh Nyelekit

6. Gunakan media sosial

Peranan media sosial memang enggak bisa dipungkiri lagi. Setiap pengusaha zaman now dirasa harus punya deh yang namanya media sosial. Soalnya, media sosial ini bisa jadi senjata buat promosi bisnis. Dan beuh, kekuatannya jangan diragukan lagi deh.

Walau Bob Sadino adalah pebisnis zaman old, dia tetap setuju dengan penggunaan medsos. Bob bilang kalau medsos emang praktis banget dalam membantu kegiatan promosi.

7. Modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan

Ada rumus yang diberikan Om Bob, yakni modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan. Memang enggak gampang sih buat menerapkannya, tetapi sebagai pengusaha dengan bisnis modal kecil ya harus punya usaha yang jauh lebih keras dong kalau mau maju.

Artinya, enggak ada cara lain buat meraup keuntungan besar tanpa kerja keras.

8. Jangan bosan

Enggak ada yang instant, apalagi masalah bisnis. Semuanya butuh kesabaran dan kesetiaan. Jangan bosan dalam merintis bisnis, setiap keadaan harus dihadapi, bukan malah dihindari.

Jadi pengusaha itu enggak kenal kata menyerah kalau diterjang masalah, apalagi sampai pindah ke usaha lain. Coba buat fokus dan cari terobosan buat menghadapi masalah itu.

9. Sabar

Apapun bisnisnya, kamu harus sabar dalam menjalaninya. Apalagi kalau kamu mau bisnismu raup untung besar. Pengusaha harus menikmati prosesnya dengan kesabaran sebagai fondasinya.

“Bisnis itu cuma modal dengkul. Bahkan jika kamu enggak punya dengkul, pinjam punya orang lain.”

Kalimat itu emang kedengarannya nyeleneh, tapi ucapan Om Bob itu benar, artinya bisnis enggak perlu modal besar, yang penting mau memulai.

Tag: Bob Sadino, Inspirasi

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: MoneySmart

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,813.97 3,775.19
British Pound GBP 1.00 18,965.88 18,770.50
China Yuan CNY 1.00 2,131.41 2,110.25
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,302.00 14,160.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,112.94 10,011.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,821.93 1,803.82
Dolar Singapura SGD 1.00 10,577.62 10,471.82
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,228.48 16,065.94
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,511.42 3,473.14
Yen Jepang JPY 100.00 12,814.26 12,685.90

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6482.710 2.434 629
2 Agriculture 1498.343 -4.886 21
3 Mining 1882.238 9.191 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.733 0.232 71
5 Miscellanous Industry 1285.573 -3.740 46
6 Consumer Goods 2667.555 5.523 52
7 Cons., Property & Real Estate 460.673 -0.670 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1164.648 -9.651 72
9 Finance 1248.066 3.719 91
10 Trade & Service 828.180 -0.981 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 198 336 138 69.70
2 CAKK 160 216 56 35.00
3 JSKY 1,245 1,460 215 17.27
4 TFCO 580 680 100 17.24
5 INCI 560 640 80 14.29
6 URBN 1,795 2,030 235 13.09
7 TALF 308 340 32 10.39
8 MDIA 136 150 14 10.29
9 VIVA 153 168 15 9.80
10 DART 280 300 20 7.14
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 396 298 -98 -24.75
2 JAYA 202 165 -37 -18.32
3 TRIS 236 206 -30 -12.71
4 KPAL 312 274 -38 -12.18
5 LPLI 146 130 -16 -10.96
6 AKPI 675 605 -70 -10.37
7 HERO 990 900 -90 -9.09
8 FREN 348 324 -24 -6.90
9 ABMM 2,200 2,050 -150 -6.82
10 TCPI 4,880 4,550 -330 -6.76
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 100 101 1 1.00
2 VIVA 153 168 15 9.80
3 SIMA 396 298 -98 -24.75
4 JAYA 202 165 -37 -18.32
5 MYRX 103 104 1 0.97
6 TLKM 3,780 3,780 0 0.00
7 FREN 348 324 -24 -6.90
8 STAR 84 88 4 4.76
9 UNTR 27,500 27,825 325 1.18
10 LPPF 4,010 4,140 130 3.24