Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Faktor Keberhasilan Startup, Begini Kata Menkominfo

Faktor Keberhasilan Startup, Begini Kata Menkominfo Kredit Foto: FMB9
Warta Ekonomi, Jakarta -

Maraknya pembicaraan mengenai perusahaan rintisan di Indonesia tak lepas dari keberadaan pemain besar, seperti Go-Jek dan Traveloka. Inovasi dan pemanfaatan teknologi oleh perusahaan-perusahaan tersebut dianggap sebagai faktor pertumbuhannya hingga bisa memiliki valuasi mencapai Rp14 triliun.

Namun, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, bukan cuma teknologi yang bisa membuat para unicorn bertumbuh seperti saat ini. Ia menjelaskan, kehadiran mereka yang turut menyelesaikan masalah di masyarakatlah yang jadi faktor utama.

"Yang membuat perusahaan seperti Go-Jek dan Traveloka besar itu kemampuannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat, teknologi hanya sebagai enabler saja. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah itu yang penting," papar Rudiantara, Selasa (26/2/2019).

Sebenarnya, hal itu sama saja dengan menjawab kebutuhan konsumen. Maka, tak heran bila dalam menciptakan produk dan layanan, perusahaan rintisan harus melalukan berbagai riset dan penelitian untuk mengidentifikasi kebutuhan dari konsumen yang mereka targetkan.

Baca Juga: Bagi E-Commerce, Hal Ini Tak Kalah Penting dari Gelar Unicorn 

Perwakilan Asosiasi Pengusaha TIK Nasional, Franky Christian berkata, "Saat ini, memang sudah muncul startup-startup baru. Peralihan bisnis offline ke online tentunya memang untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Seperti, restoran, teknologi, dan lainnya."

Ditambah lagi, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis yang memutuskan bergerak di startup. Pertama, mengenai orisinalitas startup dan yang kedua, pelaku startup juga harus bersifat dinamis.

"Ada pula yang tak kalah penting, yakni kemampuan untuk melakukan eksekusi. Jadi, startup bukan cuma berhenti di tataran ide. Hal lain yang juga diperlukan adalah berkolaborasi," tambah Franky lagi.

Baca Juga: Terbukti! Ternyata Karyawan Magang Adalah Aset Penting Bagi Startup

Yang paling penting, para pelaku startup yang berada di early time masih membutuhkan bimbingan dan bantuan. Franky juga mengingatkan adanya peran penting pemerintah dalam hal tersebut, khususnya dalam hal pendanaan.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan