Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

6 Produk Franchise Ini Jadi Idola

6 Produk Franchise Ini Jadi Idola Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis waralaba atau franchise menjadi pilihan menarik untuk membuka usaha. Di pasaran ada banyak produk yang ditawarkan oleh franchisor, dari yang modal kecil berskala belasan juta hingga skala besar dengan modal ratusan juta. Mana yang harus dipilih? Ada banyak hal yang harus dipertimbangankan. 

Produk menjadi salah satu pertimbangan yang paling penting untuk melihat produk apa yang sedang digemari dan dibutuhkan masyarakat. Riset yang dilakukan Tras N Co Indonesia, melihat setidaknya ada empat produk yang menjadi idola saat ini. Produk itu adalah minimarket, resto kekinian, ayam geprek, jasa pengiriman, laundry, dan fried chicken

Tri Raharjo, Chairman Tras N Co Indonesia, mengungkapkan, minimarket menjadi pilihan karena pola pengelolaannya yang mudah, dapat diserahkan semuanya pada pemilik produk. Resto kekinian banyak muncul produk baru dan selalu mendapatkan respons positif dari masyarakat. Seperti ayam geprek, yang mampu tumbuh 50% karena permintaannya memang sangat tinggi. Sementara jasa pengiriman mengalami peningkatan seiring berkembangnya belanja online.  

"Kategori lain yang cenderung memiliki tingkat sustainable baik, seperti laundry masih terus tumbuh naik, fried chicken juga karena relatif yang jadi kebutuhan riil masyarakat," ungkap Tri Raharjo.

Baca Juga: 4 Daftar Franchise Kuliner yang Lagi Booming, Modalnya Enggak Bikin Kantong Kering

Pertimbangan penting lainnya dalam memilih produk franchise adalah profit. Menurut Tri Raharjo lagi, franchise dengan modal besar biasanya menawarkan profit yang besar pula. Tapi, untuk mendapatkan profit tentu ada proses. Kebanyakan franchise menjanjikan profit di bawah 2,5 tahun.

Nilai investasi yang dipilih biasanya juga akan berpengaruh pada pola pengelolaan. Investasi besar biasanya dikelola dengan lebih serius. Dan kesalahan yang paling banyak dialami seorang franchisee biasanya memilih investasi kecil karena menganggap untuk tahap belajar, namun tidak dikelola dengan serius.

"Tapi kembali ke cocoknya berapa. Kalau yang baru mulai, ya biasanya mengukur dari uang yang dimiliki," ungkap Tri Raharjo.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Makanan Bisa Jadi Pilihan Franchise Terbaik?

Selain melakukan riset, Tras N Co juga memberikan penghargaan Nomor 1 Franchise Choice Award 2019 untuk produk franchise dan The Best Franchisee Award 2019 untuk franchisee. Dari 500 produk yang disurvei, beberapa produk peraih Nomor 1 Franchise, antara lain Apotek K-24, Carvil, CFC, Depo Air Minum Biru, Oto Bento, Warung Tekko, Sabana Fried Chicken, Shop&Drive, Snapy, Ixobox, Green Nitrogen, dan Coffee Stall Good Day.

Franchisee adalah orang yang menjadi mitra franchise. Penghargaan diberikan kepada mitra-mitra terbaik yang telah berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnisnya hingga sukses dan berkembang dengan lima pendekatan, yaitu Revenue Aspect, Local Marketing Aspect, Finance Aspect, Management Aspect dan Service Aspect.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: