Portal Berita Ekonomi Selasa, 26 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:41 WIB. Smartfren - Smartfren targetkan raih 4 juta pelanggan BosKu dalam sembilan bulan.
  • 20:41 WIB. Lazada - Lazada rayakan ultah ke-7 dengan merilis fitur gim dan streaming video di aplikasi. 
  • 20:38 WIB. Smartfren - Smartfren rilis kartu perdana BosKu, bonus kuotanya hingga 360 GB.
  • 20:35 WIB. Pemilu - Kemenkominfo tak akan tutup medsos saat masa tenang Pemilu 2019. 
  • 20:33 WIB. Toyota - Toyota bakal produksi mobil hibrida di Indonesia.
  • 20:32 WIB. Honda - Honda Indonesia ekspor Brio ke Filipina dan Vietnam.
  • 20:31 WIB. Pemilu - Kemenkominfo akan blokir iklan politik saat masa tenang pemilu.
  • 20:30 WIB. Boeing - Boeing telah perbarui sistem anti-stall pesawat 737 Max untuk cegah tragedi lain seperti di Indonesia dan Etiopia.
  • 19:13 WIB. Apple - Apple luncurkan kartu kredit miliknya, Apple Card.
  • 19:06 WIB. Startup - Startup Kargo Technologies berhasil galang dana awal sebesar US$7,6 juta.
  • 19:04 WIB. LG - Jaringan televisi AI LG siap serbu Indonesia.
  • 19:02 WIB. Telegram - Telegram rilis fitur hapus pesan tanpa batas.
  • 19:01 WIB. Lenovo - Lenovo banderol laptop gaming Legion Y740 di Indonesia seharga Rp28,5 juta.
  • 19:00 WIB. Apple - Apple resmi rilis update software iOS 12.2 untuk sejumlah iPhone dan iPad.
  • 18:58 WIB. Oppo - Oppo punya fitur buat cegah kebablasan main PUBG cs.

Generasi Milenial: Investasi Belum Jadi Prioritas, Asal Gaya Hidup Berkualitas

Generasi Milenial: Investasi Belum Jadi Prioritas, Asal Gaya Hidup Berkualitas - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Pada 2018, generasi milenial diharapkan sudah memasuki usia produktif dan telah independen dari segi finansial. Seiring dengan independensi finansial yang telah diraih itu, generasi milenial memiliki caranya sendiri untuk mengatur kebutuhan finansial mereka. Investasi jadi salah satu opsi mereka untuk mengelola keuangan sekaligus menerima keuntungan.

Sesuai data survei dari JakPat kepada dua ribu responden, tercatat sebanyak 1.776 (88,2%) di antaranya memiliki produk investasi. Sementara, 224 responden (11,8%) belum mempunyai produk investasi.

"Adapun, produk investasi yang dimiliki oleh 88,2% responden itu, yakni tabungan (64,7%); emas (50,8%); deposito (25,7%); properti (22,3%); dan reksadana (15,9%)," tulis JakPat dalam laporan survei yang dikutip di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Baca Laporan Lengkap: Indonesian Millennials Investment Trend 2018 -Survey Report

Tren investasi di Indonesia sendiri masih konsisten dalam bentuk tabungan dan deposito sebagai produk terlaris, dari tahun ke tahun. Namun, generasi milenial memiliki perilaku berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Karena itulah, produk investasi yang mereka beli pun berbeda.

Laporan survei itu menuliskan, "reksadana dan saham adalah produk investasi yang jadi tren di kalangan milenial saat ini."

Hal itu terbukti dengan kepemilikan reksadana dari orang yang belum menikah, jauh lebih tinggi dibanding yang sudah menikah. Sementara, mereka yang telah menikah lebih memilih untuk berinvestasi di bidang properti.

Baca Juga: Hei Milenial, Yuk Investasi Biar Masa Depan Tidak Suram!

"Reksa dana umumnya dibeli oleh penanam modal yang belum menikah (18,5%), sedangkan hanya ada sekitar 14% investor reksadana yang sudah menikah," begitulah bunyi laporan dari survei yang dilakukan pada 7-8 Oktober 2018 itu.

Bagi pekerja milenial, investasi belum menjadi prioritas. Bahkan, generasi milenial yang telah menanamkan uang di beberapa produk investasi mengakui kebutuhan berjalan-jalan dan belanja masih jadi alokasi dari pendapatan bulanan mereka. Sementara, yang belum beriinvestasi lebih memprioritaskan gaji untuk kebutuhan sehari-hari, seperti transportasi, sewa rumah, dan kesehatan (BPJS).

Alasan para milenial belum memutuskan untuk menyisihkan uang dalam investasi itu beragam. Namun, secara garis besar, belum adanya alokasi investasi dalam pendapatan menjadi salah satu faktor utamanya.

Tercatat, 58,4% perempuan dan 52% laki-laki mengaku pendapatan bulanannya sudah habis lebih dulu untuk bayar kebutuhan sehari-hari. Karena itulah, proses alokasi anggaran sangat penting untuk memulai proses investasi.

Yang baru dalam dunia investasi adalah kehadiran platform e-commerce yang menyajikan produk investasi dengan cara yang lebih mudah. Pada 2018, ketika survei ini dilangsungkan, investor yang berusia di kisaran 20-35 tahun mulai menjadikan e-commerce sebagai alternatif membeli produk investasi.

Tak salah bila platform e-commerce dijadikan opsi oleh para investor perempuan yang menyukai kemudahan untuk menanamkan uangnya. Sementara itu, laki-laki cenderung mempertimbangkan dari sisi risiko dan keuntungan.

Tag: Generasi Milenial, Investasi, Jakpat

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Unsplash/Ricardo Aguilera

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,798.07 3,759.30
British Pound GBP 1.00 18,799.44 18,610.59
China Yuan CNY 1.00 2,124.34 2,103.16
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,242.00 14,100.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,138.88 10,036.38
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,814.57 1,796.41
Dolar Singapura SGD 1.00 10,551.97 10,445.22
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,116.25 15,951.33
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,503.57 3,464.37
Yen Jepang JPY 100.00 12,937.86 12,806.54

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6469.999 58.748 629
2 Agriculture 1472.483 4.802 21
3 Mining 1871.699 9.211 47
4 Basic Industry and Chemicals 917.870 16.359 71
5 Miscellanous Industry 1265.698 12.397 46
6 Consumer Goods 2620.836 31.158 52
7 Cons., Property & Real Estate 461.834 4.427 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1158.995 6.223 72
9 Finance 1255.430 11.016 91
10 Trade & Service 819.330 1.821 155
No Code Prev Close Change %
1 BTEK 132 176 44 33.33
2 COCO 650 810 160 24.62
3 MDKI 246 288 42 17.07
4 KPAS 181 206 25 13.81
5 NOBU 900 1,000 100 11.11
6 DART 292 324 32 10.96
7 MABA 56 62 6 10.71
8 BBMD 1,375 1,520 145 10.55
9 BPTR 76 84 8 10.53
10 DNAR 240 262 22 9.17
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 130 97 -33 -25.38
2 IDPR 640 482 -158 -24.69
3 GAMA 70 57 -13 -18.57
4 GIAA 535 462 -73 -13.64
5 STAR 120 104 -16 -13.33
6 BKDP 74 65 -9 -12.16
7 ARTO 165 145 -20 -12.12
8 BEEF 240 214 -26 -10.83
9 JAYA 164 147 -17 -10.37
10 BUVA 156 140 -16 -10.26
No Code Prev Close Change %
1 ISSP 100 104 4 4.00
2 GIAA 535 462 -73 -13.64
3 PWON 675 710 35 5.19
4 FILM 805 875 70 8.70
5 BNLI 905 985 80 8.84
6 SIMA 130 97 -33 -25.38
7 KPAS 181 206 25 13.81
8 BEEF 240 214 -26 -10.83
9 LPPF 4,000 3,930 -70 -1.75
10 JAYA 164 147 -17 -10.37