Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Gadget, Ternyata Produk Ini yang Paling Laris di E-Commerce

Bukan Gadget, Ternyata Produk Ini yang Paling Laris di E-Commerce Kredit Foto: Unsplash/Andrew Neel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kredivo merilis data tentang Tren Belanja awal 2019 yang diambil dari 50.000 sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam tiga bulan terakhir (November 2018-Januari 2019). Data tersebut menemukan mayoritas pria atau wanita membeli produk berupa fesyen dan aksesorisnya dengan menggunakan Kredivo.

Dari total pengguna pria, 39,3% membeli produk fesyen dan aksesorisnya, disusul gawai (gadget) sekitar 36,8% dan perlengkapan rumah tangga sebesar 18%. Sedangkan dari total pengguna wanita, 55% membeli produk fesyen dan aksesorisnya, 41% produk kesehatan dan kecantikan, dan di posisi ketiga dengan persentase 26,2% adalah perlengkapan rumah tangga.

Namun, jika dilihat dari total nilai belanja, kategori gawai dan aksesoris berada di peringkat pertama mengalahkan kategori fesyen, empat kali lipat untuk pria dan hampir dua kali lipat untuk wanita. Pembelian gawai oleh pria mencapai 51% dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gawai oleh wanita mencapai 38% dari keseluruhan nilai transaksi.

Baca Juga: Kredivo: Pria Lebih Banyak “Nyicil” Dibanding Wanita

Banyaknya permintaan akan kategori-kategori tersebut seiring dengan perkembangan e-commerce yang luar biasa di Indonesia. Studi oleh McKinsey memproyeksikan bahwa nilai dari pasar e-commerce Indonesia akan meningkat delapan kali lipat antara 2017-2022. Sayangnya tidak demikian dengan laju pertumbuhan penetrasi kredit.

Menurut Head of Marketing Kredivo, Indina Andamari, Kredivo hadir untuk memenuhi kesenjangan tersebut sebagai solusi pembayaran digital yang tepat. Di Kredivo, pengguna bisa membeli barang bernilai cukup tinggi seperti gawai dan aksesoris dengan memanfaatkan fitur cicilan tanpa DP sampai 12 bulan atau menerima produk fesyen yang dipesan sebelum membayar sepeserpun.

"Kredit instan yang dapat diakses secara mudah melalui smartphone tentunya berdampak langsung pada peningkatan daya beli konsumen juga peningkatan penjualan e-commerce," tutur Indina.

Saat ini, Kredivo sudah tersedia di lebih dari 250 merchant di Indonesia termasuk Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Tiket.com. Layaknya kartu kredit, selain digunakan sebagai metode pembayaran online, limit kredit Kredivo juga dapat ditarik tunai hingga Rp30 juta dengan bunga mulai dari 2,95% per bulan.

Baca Juga: Bagi E-Commerce, Hal Ini Tak Kalah Penting dari Gelar Unicorn

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: